Brilio.net - Sungai memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Ada banyak sekali manfaat yang sungai berikan. Seperti yang sudah dipelajari di sekolah, sungai bermanfaat sebagai ekosistem, menampung air hujan hingga menjadi sumber makanan untuk manusia.

Namun walaupun semua sungai memberikan manfaat, ternyata di balik manfaat tersebut beberapa sungai juga membawa bahaya yang mengancam. Sungai-sungai ini membawa ancaman bahaya bermacam-macam, ada yang menyimpan hewan buas di dalamnya dan ada juga yang memiliki arus bawah yang mematikan.

Oleh karena terkenal berbahaya, maka sungai ini memang jarang didatangi oleh pengunjung. Hanya peneliti dan traveler ekstrem yang benar-benar berani untuk mengunjungi sungai ini. Kamu berani?

Berikut ini deretan sungai paling berbahaya di dunia, seperti dilansir brilio.net dari listamaze, Rabu (28/3).


1. Sungai Nil.

5 sungai paling berbahaya © listamaze.com

foto: listamaze.com


Sungai Nil merupakan satu dari dua sungai terpanjang di bumi. Jangan harap bisa berenang di sungai ini karena di dalamnya terdapat banyak buaya.

Selain itu hewan-hewan di sekitarnya pun dikenal sangat berbisa dan beracun. Ada beberapa bagian sungai di mana arusnya cenderung sangat kuat. Perenang terbaik pun tak dapat melawan arus dari sungai yang terletak di Afrika ini.


2. Sungai Mississippi.

5 sungai paling berbahaya © listamaze.com

foto: wikipedia.org


Terletak di Amerika Serikat, sungai ini merupakan terpanjang kedua di dunia. Sungai Mississippi dikenal berkontribusi besar terhadap drainase di negara tersebut.

Oleh karena itu, di balik airnya yang tenang ternyata sungai ini memiliki arus bawah yang sangat kuat. Selain itu polusi air di Sungai Mississippi ini juga berbahaya bagi tubuh manusia.


3. Sungai Niger.

5 sungai paling berbahaya © listamaze.com

foto: listamaze.com


Sungai terpanjang ketiga di Afrika ini bisa menyebabkan banjir yang benar-benar mengerikan. Sungai Niger pernah menyapu 20.000 warga Afrika Barat serta 30.000 hewan akibat banjir tersebut.


4. Sungai Kongo.

5 sungai paling berbahaya © listamaze.com

foto: listamaze.com


Sungai Kongo juga dikenal sebagai 'Jantung Kegelapan' yang ada di Afrika. Daerah hutan sekitar dan di dalam sungai terdapat hewan buas dan berbisa seperti ular dan buaya.

Selain itu, aliran sungai yang membentuk labirin membuat orang yang nekat memasuki sungai akan terbawa arus acak, sehingga tak dapat diketahui ke arah mana aliran tersebut menuju.


5. Sungai Amazon.

5 sungai paling berbahaya © listamaze.com

foto: listamaze.com


Siapa yang tidak tahu Sungai Amazon, sungai ini terkenal paling berbahaya di dunia. Terletak di Amerika Selatan, sungai ini dipenuhi hewan-hewan air yang belum teridentifikasi.

Yang paling berbahaya adalah adanya banyak ikan piranha yang siap menggerogoti tubuh siapa saja yang masuk ke dalam air Amazon.