Brilio.net - Setiap penciptaan benda se-sepele apapun pasti ada tujuannya. Hanya saja tak semua orang menyadari apa makna di balik kreasi tersebut. Berikut ini brilio.net rangkum dari Brightside, Senin (12/6) 5 penciptaan sepele yang ternyata punya arti di baliknya, kamu mungkin nggak menyangka sebelumnya apa fungsinya.

 

1. Lubang kancing paling atas biasanya selalu horisontal sedangkan yang lain vertikal.

sepele tapi guna sepele tapi guna
foto: pinstripesandtweed.com


Inilah salah satu misteri dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin tak kamu sadari, mengapa lubang kancing untuk lubang paling atas dan paling bawah bentuknya selalu horizontal, sementara yang lainnya vertikal? Ternyata ini berawal dari kenyataan bahwa lubang di dua posisi ini lebih sering untuk dilepas. Sebuah lubang lubang horizontal menjadikan pelepasannya lebih mudah dibandingkan dengan yang vertikal.

 

2. Lubang tambahan pada atas sepatu.

sepele tapi guna sepele tapi guna
foto: nike-airmax.ru


Hanya sedikit orang yang memperhatikan lubang tambahan di bagian atas sepatu lari mereka. Sebenarnya lubang ini dirancang dengan tujuan yang sangat berguna: Lubang ini dimaksudkan untuk memperbaiki sepatu di kaki kamu dan mencegah gesekkan pergelangan kaki saat berolahraga. Simak saja videonya di bawah ini:

 

3. Lubang tambahan di samping bawah sepatu.

sepele tapi guna sepele tapi guna
foto: thesun.co


Ini memiliki fungsi yang berbeda dengan lubang tali yang ada di atas. Lubang ini rupanya diciptakan hanya untuk melancarkan sirkulasi udara dalam sepatu. Karena biasanya anak muda yang memakai sepatu ini enggan merasa panas saat memakainnya. Lancarnya sirkulasi udara juga mengurangi tumbuhnya bau pada kaki dan sepatu.

 

4. Lubang dalam centong spaghetti.

sepele tapi guna sepele tapi guna
foto: popsugar.com


Lubang di spaghetti spoon dirancang untuk memungkinkan kamu mengukur jumlah pasta yang benar yang diperlukan untuk porsi standar. Memang beberapa orang mungkin makan lebih banyak dan yang lainnya sedikit, tapi lubang di sendok itu sangat cocok untuk mendapatkan jumlah spaghetti rata-rata yang kemungkinan besar menjadi porsi standar setiap orang.

 

5. Potongan dari bahan pada baju baru.

sepele tapi guna sepele tapi guna
foto: read-mania.com


Potongan-potongan bahan ini sebenarnya tidak dimaksudkan untuk digunakan sebagai bahan menjahit tambalan saat bolong. Mereka sebenarnya dimaksudkan untuk sampel cuci dengan detergen atau pemutih. Hal ini memungkinkan kamu memeriksa bagaimana pakaian baru bereaksi terhadap jenis pencucian / bahan kimia tertentu. Sehingga kemungkinan luntur warna atau efek lain bisa dihindari.