Brilio.net - Sebuah perusahaan di Jepang mengumumkan rencana untuk membangun gedung kayu tertinggi di dunia. Gedung yang direncanakan setinggi 350 meter tersebut mayoritas bahan dasarnya ialah kayu. Proyek pembangunan ini pun dinamai W350 Project.

Dilansir brilio.net dari telegraph.co.uk, Kamis (22/2), adalah perusahaan Sumitomo Forestry Co. Ltd yang merencanakan pembangunan tersebut. Mereka memprediksi gedung kayu itu selesai dibuat pada tahun 2041, tepat di hari ulang tahun perusahaan tersebut yang ke-350.

Tujuan utama pembangunan gedung ini untuk menciptakan kota yang ramah lingkunan. Dengan kata lain mengubah kota menjadi gugusan gedung kayu yang mirip hutan.

Perusahaan ini akan mengombinasikan material baja dan kayu untuk membuat gedung ini. Sekitar 90% bahan pembuat gedung dari kayu. Total biaya yang dibutuhkan untuk membuat gedung ini yakni Rp 70 triliun.

Rancangan gedung ini dibuat oleh arsitek Nikken Sekkei. Dipastikan gedung ini dapat bertahan dari angin kencang dan guncangan gempa bumi.

Loading...

Nah penasaran bagaimana penampakan gedung dari kayu tersebut? Yuk simak fotonya berikut ini dilansir brilio.net dari inhabitat.com, Kamis (22/2).

1. Kayu menjadi bahan dasar bangunan yang cocok untuk iklim Jepang. Pasalnya di Jepang sering terjadi getaran seismik.

gedung kayu tertinggi © inhabitat.com

2. Gedung setinggi 350 meter tersebut akan digunakan sebagai pertokoan, hotel, dan hunian.

gedung kayu tertinggi © inhabitat.com

3. Konsep pembangunan gedung ini digambar dan diteliti di laboratoriom penelitian Tsukuba.

gedung kayu tertinggi © inhabitat.com

4. Balkon gedung ini akan dihiasi dengan taman serta tumbuhan hijau.

gedung kayu tertinggi © inhabitat.com

5. W350 Project akan menjadi gedung paling menjulang seantero Tokyo.

gedung kayu tertinggi © inhabitat.com