Brilio.net - Perubahan cuaca semakin tidak menentu. Pagi bisa panas sekali dan siangnya langsung hujan deras. Salah satu sebab dari perubahan iklim ini adalah penggunaan AC yang masih memakai freon. Oleh karena itu, banyak peneliti yang mengambil inspirasi dari hewan untuk membuat alat pendingin ruangan yang ramah lingkungan. Dilansir dari National Geographic, Selasa (10/10) ini lima hewan yang menjadi inspirasi sebagai alat pendingin.

1. Sarang rayap jadi desain gedung di Zimbabwe.

hewan AC alami © 2017 brilio.net

foto: Inhabitat.com

Sarang rayap di Afrika ini ternyata tahan panas walaupun sekelilingnya penuh api. Arsitek Mick Pearce mengambil inspirasi dari ini dan membangun gedung bernama Eastgate Centre. Gedung ini berisi perkantoran dan pusat pembelanjaan. Pendinginan gedung ini memakai prinsip yang sama dengan sarang rayap. Gedung ini hanya memakai 10 persen energi dari AC biasa.

2. Kaki bebek dan pinguin jadi inspirasi pengelolaan panas untuk industri.

hewan AC alami © 2017 brilio.net

foto: Pixabay, Researchgate.net

Bebek dan pinguin yang hidup di iklim dingin harus beradaptasi untuk bertahan hidup. Adaptasi ini termasuk pembuluh darah vena dan arteri yang memiliki konfigurasi arus balik yang menghangatkan bagian penting dari tubuh hewan tersebut. Desain dari pipa pertukaran panas yang digunakan industri juga menggunakan prinsip sama dengan kaki burung ini.

3. Penyerapan kelembapan oleh kutu.

hewan AC alami © 2017 brilio.net



foto: National Geographic

Binatang kecil ini ternyata juga menjadi inspirasi dari alat pendingin. Kutu mampu menarik air dari udara dengan campuran garam cair melalui tubuhnya. Campuran ini menjadi inspirasi untuk menghilangkan kelembapan di ruangan. Model baru AC yang mengandalkan kelembapan ini dinamai swamp cooler.

4. Kipas pendingin efisien terinspirasi dari ikan paus.

hewan AC alami © 2017 brilio.net

foto: National Geographic

Sirip ikan paus ternyata menjadi inspirasi dari desain kipas yang efisin. Sirip ikan paus ini mampu menggerakkan udara lebih efisien daripada desain konvensional lainnya. WhalePower, perusahaan  yang bergerak di bidang ini mengatakan bahwa efisiensi desain ini mencapai 25% dibanding kipas biasa.

5. Desain gedung dari rumah siput.

hewan AC alami © 2017 brilio.net

foto: kcet.org, fastcodesign

Siput selalu membawa rumahnya kemana-mana. Oleh karena itu, rumah ini harus melindunginya dari panas dan dingin dari alam. Ketahanan rumah siput ini menjadi inspirasi arsitek Hesam Andalib dalam mendesain gedung.