Brilio.net - Membaca buku yang bermanfaat memanglah sangat berguna bagi semua umat manusia yang ada di dunia ini. Oleh Karena itu, buku sering juga disebut sebagai teman yang baik atau guru yang paling sabar dalam mencari ilmu.

Beberapa buku menjadi terkenal bukan saja karena isinya yang menarik namun karena keunikannya, seperti buku yang bisa dimasak. Penasaran ? berikut 5 buku unik yang brilio.net himpun dari berbagai sumber.

1. Buku yang berjudul 'Des destinees de l'ame' (Takdir Jiwa).

WOW - 5 buku unik ini benar-benar ada di dunia lho © 2016 brilio.net

Loading...

Ilmuwan Harvard University menyatakan sebuah risalah Prancis dari abad ke-19 di perpustakaan kampus tersebut bersampul kulit manusia. Harvard mengonfirmasi penggunaan kulit manusia itu setelah melakukan serangkaian pengujian ilmiah. Harvard sudah menyimpan buku terbitan tahun 1880-an tersebut sejak tahun 1930.

Buku berjilid kulit manusia tersebut berjudul Des destinees de I'ame (Pada Takdir Jiwa) karya Arsene Houssaye, yang menjadi koleksi dari Perpustakaan Houghton, perpustakaan yang khusus menangani karya langka dan antik di kampus tersebut.

2. The real cookbook adalah buku resep masakan yang dapat dimasak.

WOW - 5 buku unik ini benar-benar ada di dunia lho © 2016 brilio.net

Agensi desain Korefe dari Jerman menciptakan sebuah buku masak pertama yang bisa kamu baca, masak, dan makan. Buku masak fenomenal ini disebut The Cookbook Real. Buku masak unik ini terbuat dari pasta segar 100% dan Anda bisa membaca resep tentang cara membuat lasagna klasik.

Selain terdapat instruksi masak, buku masak ini merupakan bahan utama dari resep pasta lasagna ini. Setiap halaman digunakan sebagai lembaran di setiap lapisan lasagna. Setelah dipanggang, buku masak ini siap Anda hidangkan sebagai menu lasagna yang lezat. Cukup mudah dan praktis.

3. Buku “The Crosseyed Lefthander from Tula and The Steel Flea”.

WOW - 5 buku unik ini benar-benar ada di dunia lho © 2016 brilio.net

Buku ini berkisah tentang seorang pengrajin senjata kidal yang menciptakan sepatu kuda untuk orang Inggris. Buku ini berukuran 88 kali lebih kecil daripada buku termini di dunia versi Guiness Book of Records sebelumnya. Saking kecilnya, buku tersebut sampai muat di atas biji bunga poppy yang dibelah.

Setiap halaman dari buku ini terbuat dari film polyester yang ekstra tipis sehingga sangat rapuh. Sementara tulisannya dibuat dengan huruf cetak melalui media litografi.

4. 'Skin Book', Buku unik untuk latihan membuat tato.

WOW - 5 buku unik ini benar-benar ada di dunia lho © 2016 brilio.net

Tattoo Art Magazine berkolaborasi dengan agensi periklanan Lew’Lara TBWA (Brasil) menciptakan 'Skin Book', sebuah buku yang halamannya terbuat dari kulit sintetis. Kehadiran benda ini menjadi produk revolusioner di dunia pertatoan.

Dengan 'Skin Book', para seniman tato dapat menuangkan aspirasi desain tato terbarunya. Mereka berlatih membuat gambar pada buku kulit tersebut, sebelum benar-benar bekerja di atas kulit manusia asli.

5. “The Onliest and The Deepest Secrets of The Medical Art” karya Elementa Chemiae.

WOW - 5 buku unik ini benar-benar ada di dunia lho © 2016 brilio.net

Sebuah buku tebal bersegel ini adalah barang unik, langka dan mahal di dunia. Selain sampul depan, deretan huruf yang membentuk sebaris tulisan pendek di satu halamannya, “Jaga diri untuk tetap tenang, jaga kaki agar tetap hangat, dan kamu akan membuat dokter terbaik sekalipun menjadi miskin.”

Buku ini dilelang, dan menembus harga USD 20.000 atau lebih dari   Rp 260 juta rupiah.