Brilio.net - Hidup sukses jadi impian banyak orang. Berbagai cara dilakukan untuk sukses. Pada era orang tua dahulu, biasanya seseorang baru dianggap sukses jika sudah bekerja di perusahaan besar. Nggak heran kalau dulu banyak yang lebih menginginkan berkarier sebagai pegawai kantor. Namun pada zaman digital ini, arti sukses sedikit berubah.

Sukses nggak hanya dikaitkan dengan bekerja sebagai pegawai di perusahaan besar. Kini, seseorang yang menjalankan profesi sesuai hobi atau passion juga bisa disebut sukses.

Contohnya seperti lima sosok anak muda inspiratif di bawah ini yang membuktikan kesuksesan bisa dimulai dari hobi. Penasaran? Yuk simak kisahnya yang dilansir Brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (6/11).

1. Giffi Yohanes.

MLDSPOTCONTENTHUNT2 istimewa

foto: Instagram/@garage.engine

Ketertarikan Giffi pada dunia otomotif sudah dimulai sejak kecil. Nggak heran jika kini ia menjadi pendiri Garage Engine, produk furnitur rumah dari mesin mobil bekas.

Namun, terbentuknya Garage Engine bermula saat ia mengalami sebuah kecelakaan dan harus mengganti mesin mobil. Bingung dengan mesin mobil bekasnya, Giffi dan kakaknya pun iseng membuat mesin tersebut jadi meja. Ternyata meja itu menarik perhatian orang.

Sejak saat itu, Giffi dan kakaknya mulai menekuni bidang tersebut. Lewat Garage Engine, Giffi berhasil mengubah mesin mobil bekas jadi produk bernilai. Uniknya, produk yang sudah menembus pasar global ini dirakit dengan tangan dan setiap produk memiliki desain khas.

2. Laurentius Edo Julianto.

MLDSPOTCONTENTHUNT2 istimewa

foto: Instagram/@laurentiusedo

Traveler satu ini berhasil membuktikan hobi traveling bisa membawa kesuksesan. Lewat video "Wandering Indonesia", Edo memperlihatkan destinasi ramah kantong di sekitar Jawa-Bali yang jarang terjamah.

Video yang berhasil terpilih sebagai pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 2 ini ingin menunjukkan keindahan sudut-sudut Indonesia yang belum terekspos. Contohnya Pacitan dan Banyuwangi yang memiliki spot wisata indah dan ramah kantong.

3. Uji Hahan.

MLDSPOTCONTENTHUNT2 istimewa

foto: Instagram/@ujihahan

Sosok Hahan menjadi inspirasi seniman video Rizky Julian Permana atau yang akrab dipanggil Ukie, asal Yogyakarta. Bukan tanpa sebab, Hahan merupakan seniman kontemporer yang masih mempertahankan unsur street art yang kini sudah jarang ditemukan.

Pria bernama asli Uji Handoko tersebut memiliki karakter unik dalam setiap karyanya. Penggiat seni yang juga hobi menggambar ini kerap mengritik suatu masalah melalui karya-karyanya berupa karakter.

Selain karya yang otentik, berkat pertemuannya dengan seniman Danius Kesminas, Hahan mendapat kesempatan berkarya hingga ke level Asia Pasifik. Di sana, ia membuat sebuah proyek yang punya makna filosofis tinggi.

4. Indonesia Art Toys.

MLDSPOTCONTENTHUNT2 istimewa
foto: Instagram/@teguherdyan dan @iat.id

Gemar mengoleksi mainan membuat Teguh Herdiyan akhirnya bergabung dengan komunitas Indonesia Art Toys. Komunitas yang didirikan Silvia Tampi ini menjadi wadah sculptor atau desainer mainan lokal untuk saling berbagi ilmu.

Komunitas ini punya misi menceritakan kisah lewat mainan. Cerita di balik pembuatan art toys menjadikannya sebuah karya seni bernilai tinggi.

Dimulai dari hobi, karya para sculptor Indonesia Art Toys nggak kalah dengan seniman luar negeri. Bahkan nggak sedikit yang sudah mendunia dan menjanjikan sebagai sumber penghasilan.

5. David Tarigan.

MLDSPOTCONTENTHUNT2 istimewa
foto: Instagram/@dicktamimi

Kecintaan David Tarigan pada musik Tanah Air, ia buktikan dengan mendirikan Indonesia Jumawa Irama Nusantara dengan tujuan pengarsipan musik-musik Indonesia. Langkah David bermula dari keresahan terhadap kurangnya pengetahuan orang Indonesia tentang musik zaman dulu.

David percaya jika musik zaman dulu telah menginspirasi para produser saat ini. Maka dari itu lahirlah Irama Nusantara, sebuah website untuk mengarsipkan musik rilisan perusahaan rekaman Indonesia di era 1910 sampai 1980-an ke dalam format digital.

Bahkan hingga kini,  Irama Nusantara berhasil mengumpulkan lebih dari 1.200 rilisan yang dapat diputar secara streaming, lengkap dengan sampul dan informasi album.

Bersama teman-temannya, David juga sempat membawakan lagu-lagu Tanah Air di luar negeri seperti Singapura, London, dan Brussel.

Kelima sosok anak muda di atas jadi bukti kesuksesan bisa berawal dari hobi dan passion. Mereka berhasil menginspirasi banyak orang dengan karyanya. Bahkan beberapa di antaranya sukses jadi pemenang MLDSPOT Content Hunt Season 2.

Setelah sukses dengan MLDSPOT Content Hunt Season 1 danr2, kali ini ajang yang bertujuan mengangkat local greatness ini kembali hadir. MLDSPOT Content Hunt Season 3 kembali mencari lo-lo semua yang menginspirasi. Ada empat kategori yang bisa lo ikuti, yaitu Inspiring People, Inspiring Places, Inspiring Community, dan Inspiring Product.

Digelar dari Oktober 2019 hingga Januari 2020, lo bisa submit konten yang menurut lo inspiring buat keseharian di Instagram dengan menggunakan tagar #MLDSPOTCONTENTHUNT #TASTETHELOCAL serta diikuti dengan salah 1 tagar kategori #INSPIRINGPEOPLE, #INSPIRINGPRODUCTS, #INSPIRINGPLACES, atau #INSPIRINGCOMMUNITIES. Jangan lupa tag @MLDSPOT.

Nantinya konten lo akan di-review oleh kurator yang sudah nggak asing lagi yakni Ade Putri Paramadita (@misshotrodqueen), Yung (@untoldco), Trinity (@Trinitytraveler), dan Boylagi (@Boylagi).

Jangan sia-siakan kesempatan ini karena hadiahnya jalan-jalan ke Derawan bareng para kurator dan bawa pulang uang tunai total Rp 100 juta! Klik di sini untuk info selengkapnya.