Brilio.net - Saat banyak dari kita yang tersihir dengan budaya barat, ternyata banyak orang asing yang peduli dengan bangsa ini. Sangat miris bukan? Ya, mereka melakukannya karena panggilan hati. Meskipun begitu, masih banyak dari kita yang pura-pura tidak peduli dengan masalah di negara ini. Tetapi siapakah bule yang melakukan aksi tersebut?

Berikut adalah lima warga asing yang aksinya bisa sindir level nasionalisme sebagaimana dihimpun oleh brilio.net dari  berbagai sumber, Selasa (15/3):

1. Daniel Ziv asal Kanada.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

aksi WNA  Istimewa

Pria yang satu ini menyoroti kehidupan anak jalanan Indonesia dalam bingkai film. Untuk urusan risetnya, Daniel turun ke lapangan langsung untuk menemukan cast dalam film dokumenternya. Upaya kerja keras Daniel akhirnya terbayar saat film yang diproduksinya menang dalam ajang Busan International Film Festival pada 2013.

Daniel mengungkap bahwa nama Indonesia keluar sebagai juara untuk pertama kalinya selama 18 tahun ajang tersebut diadakan lewat film dokumenternya.

2. Carlos Ferrandiz asal Spanyol.

aksi WNA  Istimewa

Lewat Proyek Harapan, akhirnya Carlos bisa memberikan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak di Sumbawa. Pria asal Spanyol ini mengabdikan dirinya sebagai guru Bahasa Inggris di daerah tersebut. Dia jatuh cinta dengan Indonesia awalnya lewat pesona pantainya. Akhirnya dia tinggal lama di Indonesia kemudian mengajar.

3. Elizabeth Karen asal Amerika Serikat.

aksi WNA  Istimewa

Siapa sangka wanita dari Negeri Paman Sam ini fasih dalam melantunkan lagu jawa. Ya, Karen akhirnya memilih berkarier sebagai sinden di Indonesia. Dia mengawali perjalannya dari Kota Malang setelah "jatuh cinta" dengan budaya jawa.

Kutipannya yang sangat pas untuk anak muda masa kini adalah "Tidak ada yang melarang jika orang suka musik rok atau dangdut. Tapi, jangan lupakan seni tradisional sendiri."

4. Annette Horschmann asal Jerman.

aksi WNA  Istimewa

Nama Annette begitu populer bagi masyarakat yang tinggal di Sumatera Utara. Annette menaruh perhatian dengan upaya kebersihan di Danau Toba.

Awalnya wanita petualang asal Jerman ini memang sangat kagum dengan danau legendaris di wilayah tersebut. Meskipun dia merasa miris dengan kondisinya. Akhirnya Annette melakukan inisiasi pembersihan sampah di wilayah danau tersebut.

5. Robin Lim asal Amerika Serikat.

aksi WNA  Istimewa

Lewat Bumi Sehat, Robin telah menyelamatkan banyak bayi di Indonesia. Pada 1994, Robin mulai melakukan gerakan kemanusiaan sebagai bidan di Ubud, Bali. Pengalaman pribadi soal kehamilannya itulah yang membuat keluarganya berhijrah ke Pulau Dewata.

11 tahun kemudian, dia juga membuka kliniknya di Aceh. Lewat gerakannya tersebut, Robin pernah diinterview oleh Oprah Winfrey. Selain bergerak dalam bidang kesehatan, Robin ternyata juga mengajarkan keterampilan komputer dan Bahasa Inggris di Bali.

(brl/swh)