Brilio.net - Masjid merupakan tempat peribadatan umat muslim. Bangunannya pun biasanya dominan dengan warna netral seperti putih, biru atau hijau. Ada juga yang diperindah dengan corak emas. Namun tidak demikian dengan beberapa masjid berikut ini.

Masjid berikut ini dikenal dengan nama masjid pink. Sesuai dengan namanya, dekorasi keseluruhan masjid ini dominan dengan warna merah muda. Warna bangunannya berbeda dari kebanyakan masjid di dunia.

Berkat keindahannya, masjid-masjid tersebut kini bukan hanya sekedar menjadi rumah ibadah bagi umat muslim saja, namun juga menjadi tujuan wisata religi yang mampu menjadi ikon daerah. Nilai arsitektur yang indah dan keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Seperti apa penampakan masjid tersebut? Dan gimana sejarahnya? Daripada makin penasaran, yuk langsung cek rangkuman brilio.net dari berbagai sumber berikut ini.


1. Masjid Pink, Putrajaya, Malaysia.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Menempati lahan seluas 1,37 hektar, masjid pink ini dibangun pada tahun 1997. Masjid Pink di Putrajaya, Malaysia ini terdiri dari 4 lantai dan bisa menampung lebih kurang 15.000 jamaah.

Selain warna bangunannya yang unik, masjid ini juga memiliki gaya arsitektur yang menarik. Pada bagian kubahnya memadukan lukisan dan kaligrafi dengan apik. Membuat siapapun yang melihatnya akan terpesona dengan keindahannya. Menara masjidnya sendiri rupanya terinspirasi dari desain masjid Sheikh Omar yang berada di Baghdad.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Selain sebagai tempat beribadah umat muslim, masjid pink ini juga terbuka untuk wisatawan umum. Area khusus untuk wisatawan berada di lantai bawah. Para turis diperbolehkan masuk sejauh beberapa meter untuk melihat keindahan interior masjid. Lebih dari itu tidak diperbolehkan karena sudah menjadi tempat khusus untuk beribadah.

3masjid pink © 2018 brilio.net



2. Masjid pink Nasir al-Mulk di Shiraz, Iran.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Terletak di Shiraz, distrik selatan Gowad-e-Araban, Iran, masjid Nasir al-Mulk terkenal dengan keindahannya. Dilansir brilio.net dari Huffingtonpost, Nasir al-Mulk merupakan salah satu masjid terindah di dunia. Bahkan meski usianya sudah lebih dari 150 tahun, masjid ini tetap memukau mata.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Keindahannya terletak pada jendela-jendela kaca yang dipenuhi mosaik yang dapat memantulkan spektrum warna saat tertimpa cahaya matahari pagi. Membuat suasana dalam masjid terlihat semakin semarak dan sedap dipandang mata.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Masjid ini dibangun dari tahun 1876 sampai 1888 atas perintah Mirza Hasan Ali yang juga dikenal dengan nama Nasir al-Mulk, pemimpin Dinasti Qajar. Arsitek yang merancangnya adalah Mohammad Hasan-e-Memar dan Mohammad Reza Kshi-Saz-e-Sirazi. Masjid ini disebut juga sebagai Pink Mosque atau Masjid Pink karena banyaknya ubin berwarna pink.


3. Masjid Dimaukom, Filipina.
Di kota Datu Saudi Ampatuan, Maguindanao, Filipina Selatan, terdapat Masjid Dimaukom. Masjid satu ini sangat menonjol karena warna bangunannya yang seluruhnya berwarna pink. Mulai dari pink muda hingga pink mencolok, layaknya istana Barbie.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Nuansa merah muda tidak hanya terlihat pada dinding depan masjid, tapi juga hingga ke dalam masjid berwarna pink. Selain itu masjid ini juga menyimpan makna melambangkan perdamaian dan cinta. Yang lebih menarik, pembangunan masjid ini dilakukan oleh sukarelawan pekerja Kristen. Masjid ini juga menjadi lambang persatuan antar agama di kota tersebut.

3masjid pink © 2018 brilio.net

Nama masjid Dimaukom sendiri diambil dari nama pendirinya yaitu Samsudin Dimaukom, yang merupakan Wali Kota Datu Saudi Ampatuan. Sedangkan, alasan dari pemilihan warna pink ini karena pink merupakan warna kesukaan Samsudin Dimaukom dan istrinya.