Brilio.net - Zaman sekarang dengan tekonologi berkembang pesat, termasuk aplikasi pendukung aneka rupa yang memudahkan kerja orang-orang kreatif seperti mengedit foto, membuat tak sedikit foto diedit sedemikian rupa. Namun ada juga lho tempat-tempat di dunia ini yang memang asli cantik dan mengagumkan tanpa fotonya diedit.

Berikut foto-foto tempat menakjubkan yang pernah disangka editan yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Minggu (30/4).

BACA JUGA: 15 Fashion item yang bikin cewek gendut tetap tampil kekinian

1. Deadvlei, Namibia.

DeadVlei adalah sebuah fenomena alam yang terjadi di Namib-Naukluft Park, Namibia. Di ambil dari kata Dead yang berarti mati dan Vlei yang dalam Bahasa Afrika berarti danau, fenomena ini menyuguhkan pemandangan yang sangat indah yaitu berupa tanaman akasia yang terperangkap di tengah danau yang mengering. Fenomena Dead Vlei terbentuk akibat meluapnya Sungai Tsauchab yang merendam lokasi ini Sekitar 900 tahun yang lalu, sungai akhirnya teralihkan jalurnya, dan meninggalkan Dead Vlei menjadi lokasi yang kering.

2. Rapeseed fields, Luoping, China.

Pada musim Pedesaan Luoping di Yunnan timur, China berubah menjadi lautan bunga. Saat itu bunga rapeseed (Canola) bermekaran, bukit-bukit dikelilingi oleh bunga-bunga kuning cerah menciptakan pemandangan yang spektakuler seperti lautan emas.

3. Danau Natron, Tanzania.

Danau ini terkenal di dunia sebagai danau terpanas atau sebagian ada yang menyebut danau neraka karena panasnya bisa mencapai 60 derajat celcius dengan kedalaman lebih kurang 3 meter. Pigmen photosynthesizing pada cyanobacteria menghasilkan warna merah pada air danau, ditambah kerak garam alkali pada permukaan danau ini juga sering berwarna merah muda atau pink. Alhasil danau ini tampak seperti lautan darah jika dilihat dari atas.

4. Pohon Beku di hutan Lapland, Finlandia.

Saat musim dingin, suhu di Finlandia bisa mencapai -40 derajat sampai -15 derajat celcius. Seluruh daratan di negara tersebut dipenuhi oleh lapisan salju, termasuk hutan Lapland. Pohon-pohon yang membeku membentuk pola yang unik, seperti ada sesuatu yang menembak dari dalam tanah.

5. Laguna di gurun pasir, Brasil.

Panas dan gersang menjadi ciri khas suatu padang pasir, tapi hal tersebut berbeda dengan gurun pasir di Maranhao, sebelah timur laut Brasil yang bernama Lencois Maranhenses. Gurun pasir ini terkenal dengan laguna cantik yang hanya muncul saat musim hujan dan banyak ikannya. Bayangkan saja, sebuah hamparan pasir putih membentang luas dengan banyak kolam alami berbagai ukuran, ada yang luas seperti danau, hingga kecil seperti kolam. Ajaibnya, laguna dan ikan-ikannya menghilang saat musim panas!

6. Gunung Rainier, Amerika Serikat.

Gunung Rainier termasuk tipe gunung stratovolcano, dengan ketinggian 4392 meter. Gunung ini terletak di Seattle. Perpaduan awan, gunung saat senja saat cuaca cerah bisa menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

7. The Wave di Arizona, Amerika Serikat.

The Wafe atau "gelombang" merupakan batuan merah bergelombang yang berada di Perbatasan Arizona - Utah. menurut peneliti tempat ini berasal dari bukit pasir berusia 190 juta tahun yang kemudian berubah menjadi batu. Pengikisan oleh angin yang berlangsung terus menerus inilah yang membentuk pahatan berupa garis-garis yang indah. Garis-garis berwarna indah tersebut adalah zat besi dan mangan yang mengendap di air tanah, dan kemudian mengalir ke permukaan batu paras. Zat kalsit ikut menambah tekstur dan warna batu itu.

8. Danau Pink, Senegal.

Danau Retba atau Lac Rose terletak di utara semenanjung Cap Vert Senegal ini bisa berubah warna dari warna ungu muda menjadi warna pink yang pekat. warna pinknya mengingatkan kita pada semangkuk smoothies stawberry. menurut seorang peneliti warna smoothies stawberry diproduksi oleh organisme yang sangat menyukai garam "Dunaliella salina". Mereka menghasilkan pigmen merah yang menyerap dan menggunakan energi sinar matahari untuk menciptakan energi lebih, mengubah warna air danau menjadi pink.

Belum pernah lihat air terjun bawah laut kan? KLIK NEXT biar nggak penasaran lagi.

2 dari 3 halaman


9. Goa menyala, Selandia Baru.

Sebenarnya glow worm cave kali ini tidak jauh berbeda dengan goa biasanya, mulai dari struktur dan bentuknya, namun ada hal yang unik di dalamnya, yaitu dinding-dinding lorong goa yang bersinar oleh cahaya biru menyala, karena adanya spesies Arachnocampa luminosa yang hanya ditemukan di seladia baru. Bentuknya seperti cacing kecil sebelum bermetamorfosis menjadi nyamuk, oleh karena larva yang selalu menggantungkan badannya di langit2 goa menjadikan seluruh lorong-lorong goa ini menyala biru terang

10. Air terjun bawah laut Mauritius.

Selama ini kita hanya melihat fenomena air terjun yang muncul dari aliran sungai yang jatuh dari ketinggian tebing, namun di Mauritius Anda akan menemukan air terjun bawah laut. Mauritius sendiri adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Hindia sekitar dua ribu kilo meter di lepas pantai tenggara benua Afrika. Sebenarnya fenomena tersebut bukanlah sebuah air yang terjun, melainkan hanyalah aliran pasir dan endapan lumpur yang menciptakan ilusi mata seolah-olah seperti air terjun bawah laut. Meski tidak benar-benar terjun dari atas ketinggian, tetapi pemandangan ini nampak sangat nyata.

11. Hamparan bunga tulip, Lisse, Belanda.

Taman bunga keukenhof, taman bunga terbesar di dunia ini terletak di kota Lisse. Setiap tahunnya, ada sekitar 7 juta bunga yang ditanam dan bermekaran di area taman seluas 32 hektare ini.

12. Gunung Roraima, Venezuela.

Gunung Roraima adalah salah satu tempat luar biasa di dunia. Bernuansa kuno dan misterius. Terhampar di ketinggian 2.739 meter dengan formasi tebing batu vertikal yang menjulang. Struktur tanah yang rapuh dan kurang nutrisi ini hanya mampu ditumbuhi semacam tanaman pelopor sebangsa lumut. Uniknya, yang terlihat menjulang justru bebatuan dan tanah yang diukir oleh angin dan hujan, bagaikan tonggak-tonggak pilar yang menyangga awan.
 
13. Goa berwarna biru di Chile.

Danau ini terbentuk oleh gelombang kalsium karbonat berusia 6.000 tahun dan dinding goanya adalah refleksi dari air danau yang berwarna biru dan bisa berubah intensitas dan warnanya, karena cahaya dan ketinggian permukaan air danau yang terus berubah.

14. Rumah kecil terletak di tengah Sungai Drina, Serbia.

Rumah kecil yang telah berdiri di tempat yang tidak biasa ini sudah ada selama hampir 40 tahun.

15. Rainbow landscape of Danxia, China.

Gunung pelangi seluas 300 kilometer persegi ini merupakan bagian dari Zhangye Danxia Landform Geological Park yang terletak di provinsi Gansu, China. Warna-warni menakjubkan perbukitan tersebut berasal dari batuan pasir merah dan mineral yang terbentuk sejak Periode Kapur, tepatnya 24 juta tahun lalu.

16. The Great Blue Hole, Belize, Amerika Tengah.

The Great Blue Hole adalah jurang terdalam dan terbiru yang pernah ada. Sebuah formasi batuan padat membentuk sebuah goa ribuan tahun silam, selama itu air perlahan mengisi goanya, hingga stalaktit dan stalakmit raksasa terbenam dalam sebuah lubang ratusan meter dalamnya. Dengan bentuk bulat sempurna The Great Blue Hole berdiameter sekitar 400 meter dengan kedalaman sekitar 145 meter.

Gunung ini bentukkan berkebalikan dari gunung pada umumnya, sisi lancip di bawah. KLIK NEXT

3 dari 3 halaman


17. Goa Hang Son Doong, Vietnam.

Goa Son Doong berada di wilayah Taman Nasional Phong Nha Ke Bang ini memiliki hutan rimbun dan aliran sungai yang deras di dalamnya. Goa Son Doong ini selain luas juga memiliki ketinggian yang luar biasa, sehinggi tinggi goa ini bisa memuat gedung 40 lantai.

18. Hitachi Seaside Park, Japan.

Di Prefektur Ibaraki, alam dengan keindahan tanpa batas dapat ditemukan di Hitachi Seaside Park. Taman publik seluas 19 hektare ini memiliki koleksi ribuan bunga yang akan selalu mekar sesuai musimnya sepanjang tahun  ini seperti surga yang selalu diimpikan oleh semua orang.

19. Pantai Whitehaven, Australia.

Pantai Whitehaven ini terletak di Pulau Whitsunday, panjang pantai ini kurang lebih 6 km dan terdiri dari pasir putih yang sangat halus yang murni silika 98%.

20. Salar de Uyuni di Bolivia.

Salar de Uyuni adalah dataran garam terbesar di dunia seluas 10.582 kilometer sekaligus cermin alam terbesar di dunia. Terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Pegunungan Andes, Bolivia dataran garam ini terbentuk oleh beberapa danau prasejarah, yang berubah bentuk sekitar 30.000 sampai 42.000 tahun yang lalu. Permukaannya yang datar sempurna dan jernih memantulkan refleksi langit dan awan di atasnya

21. Goa Es, Islandia.

Goa ini terletak di laguna beku gletser Svínafellsjökull di Skaftafell, Islandia. Es yang sudah berumur tua ini menuruni lereng Öræfajökull melalui gletser Svínafellsjökull, kini telah bermetamorfosis menjadi es gletser yang bertekanan tinggi sehingga berisi hampir tidak ada gelembung udara. Kurangnya udara berarti menyerap hampir semua cahaya yang tampak, melainkan hanya fraksi biru yang kemudian terlihat dengan mata telanjang.

22. Pohon bertumpuk di Slope Point, Selandia Baru.

Pohon bertumpuk atau pohon berangin di Brute Slope Point, Selandia Baru ini sebenarnya adalah kumpulan banyak pohon yang karena tingginya intensitas angin di sana, membuat dahannya melengkung dan saling menumpuk.

23. Yellowstone supervolcano, Amerika Serikat.

Yellowstone memiliki bentuk yang berbeda dengan gunung api biasanya. Yellowstone mempunyai bentuk segitiga terbalik, dengan sisi lancip berada di bawah (mengerucut ke bawah). Moncong dari Yellowstone membenam jauh di dasar bumi dan menjadikan gunung ini sangat berbahaya sekali.