Brilio.net - Apakah kamu suka fitness? Kalau iya, kamu tentu sudah nggak asing dengan berbagai alat yang sering digunakan seperti Leg Press Machine, Hack Squat Machine, Dipping Bars, dan masih banyak lagi alat-alat lainnya. Kini fitness sudah menjadi salah satu pilihan untuk menjaga kebugaran. Sebab, kamu tak perlu berpanas ria di luar ruangan sudah berkeringat.

Tapi tahukah kamu jika ternyata alat-alat fitness itu sudah mulai ada sejak akhir tahun 1800-an? Tentu wujud alatnya tidak sama seperti sekarang. Dikutip brilio.net dari Daily Mail, Rabu (9/8), alat fitnes yang ada saat ini merupakan pengembangan dari prototipe yang dirancang oleh Dokter Gustav Zander. Zander lahir di Stockholm, Swedia pada tahun 1835. Dokter bidang ortopedi ini mengakui pentingnya hubungan antara tenaga dan kesehatan. Zander meyakini otot perlu dibangun secara bertahap. Ia pun lantas berpikir untuk membuat alat yang meniru sistem dan metode gerakan manusia. Saat itu, otot menjadi tumpuan sistem gerak alat itu. Pada tahun 1868, gerak alat tersebut dibantu dengan mesin uap. Lalu tahun 1890 mulai ada yang menggunakan motor listrik.

Tercatat, The Zander Institute dengan 27 mesin menjadi tempat fitness pertama di dunia. Tempat itu dibangun sekitar akhir abad ke-19. Ia pun membawa kreasi alat-alatnya ini ke Amerika. Ia menargetkan banyak pengusaha tertarik dengan alatnya tersebut. Hingga akhirnya, awal abad ke-20, alat Zander sudah tersebar di tempat kesehatan di Amerika. Nah, seperti apa wujud alat fitness zaman dulu? Yuk lihat 21 fotonya berikut:

1. Ini alatnya...

2. Saat itu, wanita menggunakan rok penuh dan korset untuk menggunakan alatnya.

3. Sementara pria menggunakan jaket wol, celana, dan sepatu.

4. Ini alat untuk apa ya?

5. Apa nggak sakit tuh?

6. Jadul banget.

7. Harus banget ditali gitu ya?

8. Kira-kira ini untuk melatih otot apa?

9. Nggak malah menyiksa banget tuh?

10. Kalau yang ini pasti untuk melatih otot tangan ya?

Unik banget desainnya ya? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman

11. Tahu kan fungsinya?

12. Besar banget alatnya.

13. Wow...!

14. Kamu pasti nggak nyangka kan kalau awal abad ke-20 sudah ada kayak gini?

15. Hmmm...

16. Buat apa ini?

17. Mungkin ini untuk menekan perut.

18. Dokter Gustav Zander keren banget.

19. Bisa dibilang, berkat dia sekarang ada alat fitness yang canggih.

20. Top banget!

21. Keren.