×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
15 Negara ini tak punya kekuatan militer, nggak bisa perang dong ya?

0

BRILIO » Wow

15 Negara ini tak punya kekuatan militer, nggak bisa perang dong ya?

Kamu pasti penasaran, lalu yang jagain negara-negara ini siapa? Hayo..

16 / 06 / 2016

Brilio.net - Angkatan bersenjata telah menjadi bagian tak terpisahkan dari hampir setiap bangsa di dunia. Kekuatan suatu negara biasanya diukur oleh kekuatan militernya.

Tak heran kalau sampai ada negara yang rela menghabiskan banyak uang untuk memperkuat angkatan bersenjata mereka. Tapi tahukah kamu, di dunia ini ada negara-negara yang tak memiliki tentara sama sekali. Hah? Negara mana?

Berikut daftar negara-negara yang selama ini bisa bertahan tanpa angkatan bersenjata, seperti dilansir brilio.net dari Storypick, Kamis (16/6).

Terus siapa yang njagain negaranya ya? Nggak bisa perang dong?


1. Andorra.

foto: images.nationalgeographic.com

Di negeri ini, hukum dan ketertiban dan beberapa tugas parlemen dasar dilakukan oleh polisi sendiri. Lantas siapa yang melindungi negara ini dalam kasus perang atau ancaman eksternal? Negara mewah yang terkenal dengan sektor pariwisata ini akan menerima perlindungan dari berbatasan bangsa Spanyol dan Prancis di bawah perjanjian militer yang terpisah.

Bagaimana pun, kepangeranan kecil yang terletak di Eropa bagian barat daya ini memiliki tentara sukarela dalam jumlah kecil tapi murni bertugas untuk tujuan seremonial.


2. Kosta Rika.

foto: images.nationalgeographic.com

Kosta Rika jadi salah satu negara terbesar tanpa memiliki tentara sendiri sejak tahun 1948. Pada tahun 1948, negara ini dilanda perang saudara. Setelah perang itu, negara menghapus angkatan bersenjatanya. Keamanan internal negara terkecil kedua di Amerika Tengah ini kemudian dikelola oleh kepolisian.


3. Dominika.

foto: wikimedia.org

Sejak 1981, negara ini tak memiliki tentara. Ironisnya, hal ini disebabkan kudeta militer sehingga negara ini memutuskan untuk menghapuskan angkatan bersenjata selamanya. Sama seperti negara-negara lain dalam daftar ini, polisi bertanggung jawab atas keamanan internal. Namun, ada sesuatu yang disebut sistem keamanan regional, yang bertanggung jawab untuk pertahanan dari sebagian besar negara-negara di gugusan kepulauan Laut Karibia, Amerika Tengah.


4. Grenada.

foto: wikimedia.org

Invasi Amerika yang menyebabkan negara kepulauan ini tak memiliki kekuatan militer sejak 1983. Namun kepolisian tetap menjaga keamanan internal dan sistem keamanan regional bertanggung jawab untuk pertahanan.


5. Haiti.

foto: wikimedia.org

Negara di Karibia ini berdiri tanpa tentara sejak tahun 1995. Sebelum tahun 1995, kudeta militer cukup umum terjadi di Haiti. Lebih dari selusin kudeta dan konflik internal memaksa pemerintah untuk membubarkan Angkatan Darat. Namun para pemberontak telah menuntut adanya tentara.


6. Islandia.

foto: pixabay.com

Kamu akan terkejut mengetahui bahwa negara ini tidak memiliki tentara sejak tahun 1869. Negara ini adalah anggota NATO dan memiliki perjanjian pertahanan dengan Amerika Serikat.


7. Monako.

foto: graphicslib.viator.com

Negara kecil ini tak memiliki tentara sejak abad ke-17. Menariknya, tetapi Monako tetap memiliki dua unit militer kecil. Satu unit bertugas untuk melindungi Pangeran dan unit kedua untuk warga kecil. Sementara Prancis akan bertanggung jawab untuk pertahanan.


8. Panama.

foto: huffingtonpost.com

Meski negara ini tak memiliki angkatan bersenjata sejak tahun 1990, namun Panama memiliki Panamanian Public Forces yang bertanggung jawab untuk masalah keamanan dan perbatasan internal.


9. Saint Lucia.

foto: images.trvl-media.com

Sama seperti banyak negara Karibia lainnya, Saint Lucia juga tidak memiliki tentara sendiri. Pertahanan diawasi oleh Sistem Pertahanan dan Keamanan Regional yang bertanggung jawab untuk sebagian besar negara-negara Karibia. Negara ini memiliki kepolisian sendiri yang disebut Royal Saint Lucia Police untuk mempertahankan keamanan internal.


10. Kepulauan Solomon.

foto: lonelyplanetimages.imgix.net

Awalnya, negara ini memiliki kekuatan militer sendiri. Tapi setelah konflik etnis terjadi, negara-negara seperti Australia dan Selandia Baru ikut campur tangan dan negara ini belum punya kekuatan militer sendiri. Meski demikian, Kepulauan Solomon memiliki lembaga kepolisian.



Wah, kamu pasti nggak nyangka kan, kalau negara-negara ini sebegitu 'tegarnya' nggak pernah punya kekuatan militer? Cek 5 negara terakhir.. KLIK NEXT




Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    86%

  • Ngakak!

    14%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
more