Brilio.net - Datang bulan/haid/menstruasi merupakan siklus bulanan yang normal dialami para perempuan. Datang bulan menjadi salah satu bagian dari proses organ reproduksi wanita dalam mempersiapkan kehamilan.

Meskipun tergolong normal, mengalami datang bulan tentu bukan menjadi hal yang mudah bagi perempuan. Banyak di antara perempuan yang mengalami kram perut, nyeri, berjerawat, anemia, hingga membuat kondisi tubuh terasa kurang fit.

Apabila datang bulan terjadi tidak teratur, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengantisipasi adanya gangguan pada organ reproduksi. Namun, bagaimana jika kamu justru mengalami datang bulan dalam mimpi, terdengar aneh, bukan?

Nah, berikut brilio.net kutip dari berbagai sumber, Selasa (28/12), arti mimpi datang bulan menurut primbon dan Islam yang memiliki beragam makna.

1. Keluar darah haid

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Sebelum mengalami menstruasi, biasanya perempuan mengalami beberapa gejala seperti emosi meningkat, muncul jerawat, hingga pegal-pegal. Namun, ada pula perempuan yang tidak mengalami gejala sebelumnya.

Jika dalam mimpi kamu tidak mengalami gejala dan tiba-tiba keluar darah haid, hal ini bisa menjadi pertanda baik. Menurut Islam, mimpi keluar darah haid bisa menandakan bahwa kamu akan terbebas dari masalah yang selama ini membelenggumu.

2. Berlumuran darah haid

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Ketika datang bulan, ada fase dimana darah haid keluar dengan deras atau sangat banyak. Namun, jika kamu mimpi datang bulan, mengeluarkan darah hingga berlumuran, hal ini bisa jadi pertanda baik. Menurut primbon Jawa, semakin banyak darah yang keluar, maka akan semakin banyak pula rezeki yang kamu terima.

3. Darah haid tembus hingga pakaian

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dalam dunia nyata, darah haid yang tembus hingga pakaian adalah hal yang lumrah. Terlebih lagi jika darah sedang keluar banyak, posisi tidur atau dudukmu kurang pas, maka bisa saja darahnya tembus ke pakaian.

Berkebalikan dari mimpi sebelumnya yang berlumuran darah, mimpi darah haid tembus ke pakaian ternyata menjadi pertanda kurang baik. Mimpi ini bisa ditafsirkan bahwa kamu akan kehilangan sesuatu dalam waktu dekat. Kehilangan sesuatu ini bisa dari barang yang kecil hingga kehilangan orang yang kamu cintai.

4. Mengalami datang bulan ketika hamil

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Perempuan yang tengah hamil tentu saja tidak akan mengalami datang bulan. Namun, jika didalam mimpi kamu mengalami datang bulan ketika hamil, hal ini bisa menjadi pertanda khusus.

Dalam primbon Jawa, jika kamu mengalami mimpi ini, maka besar kemungkinannya jika ia akan mendapatkan momongan berjenis kelamin perempuan. Bahkan, anak tersebut akan tumbuh menjadi gadis yang cantik dan dilimpahi banyak rezeki.

5. Siklus datang bulan tidak teratur

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dalam dunia nyata, datang bulan tidak teratur bisa menjadi salah satu ciri dari terjadinya gangguan pada organ reproduksi. Namun, bagaimana jika hal ini terjadi dalam dunia mimpi?

Ternyata mimpi ini dapat dipahami bahwa kamu tengah berteman dengan orang munafik. Oleh karena itu, kamu harus lebih waspada dalam bergaul dengan orang-orang disekitarmu.

6. Mencuci pakaian bekas darah haid

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Mencuci pakaian yang terkena darah haid sangat wajar dilakukan, terlebih lagi jika darah yang dikeluarkan cukup banyak dan tembus hingga ke pakaian. Lalu, bagaimana jika kamu justru mencuci pakaian yang terkena darah haid dalam mimpi?

Dalam primbon Jawa, jika noda darah yang kamu cuci terlihat kotor dan sulit dibersihkan, hal ini bisa jadi pertanda buruk. Artinya, kamu bisa saja akan mengalami masalah yang sulit untuk diselesaikan. Sebaliknya, jika noda darah yang kamu cuci mudah dibersihkan, maka kamu akan menjumpai tahapan baru dalam kehidupan.

7. Pria mengalami datang bulan

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Datang bulan merupakan siklus yang terjadi pada perempuan, namun bagaimana jika kamu seorang pria dan bermimpi tengah mengalami datang bulan? Rasanya aneh, bukan? Ternyata mimpi ini justru akan memberikanmu rezeki.

Bagi pria yang telah berkeluarga, artinya kamu akan segera mendapatkan momongan. Sedangkan bagi yang belum berkeluarga atau masih single, mimpi ini menandakan bahwa kamu akan segera mendapatkan jodoh.

8. Melihat orang lain datang bulan

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Jika di dalam mimpi kamu melihat orang lain datang bulan, hal ini bisa menjadi pertanda kurang baik. Mimpi ini menandakan bahwa ada seseorang yang tidak setia dan dalam waktu dekat bisa mengecewakanmu. Orang tersebut bisa saja berasal dari keluarga, teman, atau kekasihmu.

9. Berwudhu ketika datang bulan

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Apabila kamu mengalami mimpi berwudhu ketika datang bulan, hal ini bisa menjadi pertanda bagus. Menurut Islam, mimpi ini dapat ditafsirkan sebagai pertanda bahwa dosa-dosamu akan diampuni oleh Tuhan Yang Maha Esa setelah kamu melakukan tobat.

10. Tidak bisa haid

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Dalam kondisi tertentu, ada perempuan yang kesulitan atau tidak mengalami haid. Jika kamu mengalaminya dalam dunia mimpi, hal ini masih memiliki kaitan dengan emosi yang kamu rasakan.

Mimpi ini menunjukkan bahwa alam sadarmu ingin menghapus semua pikiran buruk dan menenangkan pikiran. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah mencari hiburan agar kamu bisa lebih bahagia dan merasa tenang.

11. Mimpi datang bulan menurut ilmu psikologi

Arti mimpi datang bulan © 2021 brilio.net

foto: pexels.com

Menurut ilmu psikologi, mimpi mengalami datang bulan bisa menandai emosi yang tengah kamu rasakan. Bisa saja kamu sedang mengalami stres, khawatir, cemas, atau tegang.

Selain itu, ada pula tafsir lain dalam ilmu psikologi mengenai mimpi datang bulan. Mimpi tersebut bisa diartikan bahwa kamu sudah siap untuk melangkah ke kehidupan yang baru dan berhasil mengalahkan ketakutan-ketakutanmu di masa lampau.