×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Tradisi unik sambut tahun baru, ada tradisi pecah piring

View Image

0

BRILIO » Wow

10 Tradisi unik sambut tahun baru, ada tradisi pecah piring

foto: timesofindia.com

Keunikan ini merupakan suatu hal rutin yang dilakukan.

31 / 12 / 2018 13:03

Brilio.net - Memasuki tahun baru, merupakan momen membahagiakan bagi kebanyakan orang. Tahun baru dianggap sebagai tahun dengan penuh pengharapan baru. Pergantian tahun baru ini pula tak lepas dari sebuah perayaan meriah. Berbagai belahan di dunia pun memeriahkan tahun baru, termasuk Indonesia.

Uniknya, setiap negara punya cara tersendiri dalam menyambut pergantian tahun. Mulai dari kumpul-kumpul bersama dan bersantap makanan, mengenakan pakaian tertentu, sampai dengan hal-hal unik lainnya.

Tak dimungkiri keunikan dalam sebuah perayaan di tahun baru merupakan suatu yang rutin dilakukan. Tradisi unik ini hingga kini masih dilestarikan. Tak lain untuk berharap agar pada tahun yang baru itu mendapatkan keberuntungan. 

Penasaran kan dengan kebiasaan-kebiasaan unik dari berbagai belahan negara?  Berikut ulasannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (31/12).

1. Denmark.

Loading...

Tahun Baru Istimewa

foto: yallairaq.com

Jika sebagian kita mengirim kartu ucapan selamat tahun baru kepada kerabat dan keluarga yang dicintai, beda halnya dengan orang-orang di Denmark. Cara mereka menunjukkan rasa kasih sayang dan membuat sebuah pengharapan baru di tahun baru, yakni dengan memecahkan piring.

Orang-orang di Denmark sudah menyiapkan piring-piring tersebut. Tepat saat pergantian tahun, mereka akan memecahkan piring-piring itu di depan pintu-pintu rumah teman atau keluarga. Hal ini dianggap sebagai simbol keberuntungan. Semakin banyak piring yang dipecahkan maka, maka dipercaya semakin banyak pula keberuntungan yang akan diperoleh.

2. Spanyol.

Tahun Baru Istimewa

foto: citylifemadrid

Orang-orang di Spanyol punya cara unik saat menyambut tahun baru. Mereka akan mengonsumsi 12 buah anggur. Cara yang dilakukan sangat unik, di mana jika mereka bisa menaruh 12 anggur dalam mulut tepat ditengah malam pergantian tahun, maka orang tersebut akan beruntung sepanjang tahun tersebut. Mereka akan mengunyah 12 anggur itu sekaligus tepat di jam 12 malam.

3. Filipina.

Tahun Baru Istimewa

foto: neillangit.com

Jika di Spanyol orang makan 12 anggur, maka beda halnya di Filipina. Saat pergantian tahun, orang-orang di Filipina mengonsumsi 12 buah yang berbentuk bulat, contohnya seperti jeruk.

Orang-orang di Filipina percaya dengan mengkonsumsi buah yang berbentuk bulat akan membawa keberuntungan bagi mereka. Bagi mereka kebulatan adalah tanda kemakmuran dan kekayaan.

4. Swiss.

Tahun Baru Istimewa

foto: food.ndtv.com

Mungkin kamu sebal melihat seseorang membuang-buang makanan, apa lagi jika makanan itu selezat dan semanis es krim. Namun saat merayakan pergantian tahun, kamu akan melihat betapa banyaknya es krim yang terbuang di Swiss.

Untuk merayakan tahun baru mereka menjatuhkan es krim. Bagi mereka dengan melakukan hal itu akan membawa keberuntungan di tahun mendatang.

5. Rusia.

Tahun Baru Istimewa

foto: food.ndtv.com

Rusia juga memiliki tradisi unik menyambut tahun baru. Orang-orang di Rusia menuliskan harapan mereka di selembar kertas kecil, kemudian membakar dan menaruhnya di gelas. Kemudian diminum bersama minuman beralkohol. Semua itu dilakukan sebelum pukul 00.01 tengah malam.

6. Jepang.

Tahun Baru Istimewa

foto: rubyronin.com

Jika di Indonesia terompet dan petasan adalah suara yang bakal memekakkan teling saat menjelang tahun baru, di Jepang punya bunyi-bunyian lain yang didengar.

Saat pergantian tahun baru,orang di Jepang berkunjung ke Kuil. Kemudian ramai-ramai mereka mendengarkan lonceng kuil yang dibunyikan sebanyak 108 kali. Hal ini dipercaya dapat mendatangkan kedamaian dan kebahagian di tahun baru.

7. Amerika Selatan.

Tahun Baru Istimewa

foto: travelandleisure.com

Di Amerika Selatan, tradisi menyambut tahun baru sangat unik. Di beberap negara bagian Amerika Selatan, menggunakan celana dalam berwarna cerah. Hal ini melambangkan harapan di tahun baru.

Celana dalam merah berarti akan menemukan cinta, warna kuning menemukan kekayaan dan putih menemukan kedamaian.

8. Prancis.

Tahun Baru Istimewa

foto: travelswithmyspaniel.wordpress.com

Di Prancis, mereka merayakan tahun baru dengan cara yang sederhana. Mereka menyukai sebuah perayaan sederhana dengan makanan yang lezat. Untuk menyambut tahun baru, setiap tahun mereka mengonsumsi setumpuk pancake. Tradisi yang sudah berlangsung sejak lama ini dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Bahkan sebagian besar dari mereka percaya bahwa kebiasaan makan pancake saat tahun baru akan membuat mereka selalu makmur, tak kelaparan dan pastinya selalu memperoleh keberuntungan setiap tahun.

9. Puerto Rico.

Tahun Baru Istimewa

foto: food.ndtv.com

Jika di Denmark orang memecahkan piring, di Puerto Rico memiliki tradisi menyambut tahun baru dengan melempar ember air ke luar jendela. Tradisi ini dipercaya dapat menjauhkan mereka dari berbagai hal buruk.

10. Estonia.

Tahun Baru Istimewa

foto:  food.ndtv.com

Merayakan tahun baru dengan makan bersama mungkin hal biasa. Namun bagaimana jika makan dalam jumlah yang cukup banyak di malam tahun baru? Yap, Estonia memiliki tradisi tersebut. Mereka akan makan sebanyak tujuh kali saat pergantian tahun.

Hal ini merupakan sebuah pengharapan agar tahun mendatang mereka mendapatkan makanan yang berlimpah. Tradisi unik ini juga dipercaya memberikan keberuntungan dan semua doa akan terwujud sepanjang tahun.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more