Brilio.net - Menara Eiffel jadi ikon paling terkenal Kota Paris, Prancis. Tapi siapa sangka, setidaknya ada sepuluh replika Eiffel di berbagai negara. Ada yang punya topi koboi di atasnya, ada pula yang merangkap menara pemancar selular. Unik kan?

Tapi tahukah kamu? Salah satunya juga ada di Indonesia lho! Hmm, kira-kira di mana saja ya Eiffel lainnya?

Simak ulasannya di bawah ini, seperti dilansir brilio.net dari huffingtonpost, Rabu (13/4).


1. Texas, Amerika Serikat

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Di Texas ternyata ada suatu daerah bernama Paris. Itulah sebabnya pada tahun 1993 dibangunlah replika Menara Eiffel. Agar memiliki ciri khas kota Texas maka ditambahkan topi koboi di atasnya.


2. Parizh, Rusia

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Tahukah kamu, Rusia punya sebuah desa mungil bernama Parizh? Tepatnya di Nagaybaksky District, Chelyabinsk Oblast. Sesuai namanya, Parizh punya replika Menara Eiffel yang dibangun tahun 2005. Dengan skala 1:6 dibanding ukuran asli Eiffel, menara ini merangkap sebagai pemancar seluler.


3. Slobozia, Romania

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Replika menara Eiffel di kota kecil ini dibuat untuk melengkapi taman hiburan di sana.


4. Hangzhou, China

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Kota Hangzhou di China adalah tempatnya berbagai replika landmark. Mulai dari Mount Rushmore, The White House, sampai Menara Eiffel. Replika Menara Eiffel di Hangzhou ini dibuat tahun 2007, dan tanah perkebunan masih mengelilinginya.


5. Las Vegas, Amerika Serikat

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Ini adalah replika Menara Eiffel yang terbesar, dengan skala 1:2 alias setengah ukuran Eiffel yang asli. Replika Eiffel yang satu ini cukup terkenal seantero Amerika Serikat dan menjadi bagian dari Paris Las Vegas Casino di Vegas Strip.


Bisa tebak Eiffel di Indonesia ada di kota mana? KLIK NEXT dan temukan jawabannya..


6. Filiatra, Yunani

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Replika Menara Eiffel berskala 1:18 ini berada di gerbang masuk Desa Filiatra, Yunani. Arsitek yang merancang menara ini juga membangun kastil negeri dongeng tepat di luar Filiatra dalam waktu yang sama.


7. Durango, Meksiko

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Replika Menara Eiffel yang satu ini merupakan hasil donasi komunitas warga Prancis di Durango, Meksiko. Sayangnya, vandalisme menjadi masalah utama di menara ini. Meski bagaimana pun replika Eiffel di Durango masih disinari lampu saat malam dan punya ayunan raksasa di bawahnya.


8. Shenzhen, China

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Di Kota Shenzhen, replika Menara Eiffel merupakan bagian dari taman hiburan bernama 'Window of the World'. Sekitar 130 ikon dan landmark berbagai negara dibangun di taman bermain ini, dengan Menara Eiffel sebagai bangunan tertingginya.


9. Brussels, Belgia

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Menara Eiffel di Belgia ini memang terbilang cukup kecil, perbandingan skalanya adalah 1:25. Replica ini terletak di taman yang merupakan bagian dari Taman Eropa-mini.


10. Tasikmalaya, Indonesia

replika eiffel  © 2016 brilio.net

Berbeda dengan replika menara Eiffel lainnya. Replika yang dibangun di Tasikmalaya ini seluruh bahan bangunannya terbuat dari bambu setinggi 35 meter. Keren dan unik kalau ini!