×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Pesawat dan helikopter canggih Indonesia dari masa ke masa

View Image

0

BRILIO » Wow

10 Pesawat dan helikopter canggih Indonesia dari masa ke masa

Yakin bikin bangga, lho.. Produksi Indonesia tak selalu kalah dengan luar negeri.

19 / 08 / 2017

Brilio.net - Banyak orang awam ketika ditanya soal jenis pesawat yang mereka tahu atau pernah dengar, paling-paling jawabannya tidak jauh dari Boeing dan Airbus. Tidak salah memang, karena dua merek tersebut adalah penyuplai pesawat terbesar di dunia. Bahkan banyak maskapai asal Indonesia yang mayoritas armadanya memakai kedua merek ini.

Boeing dan Airbus adalah perusahaan manufaktur pesawat asing. Boeing asal Amerika dan Airbus asal Eropa. Namun tahukah kamu? Ternyata, ada perusahaan manufaktur pesawat asal Indonesia juga lho.

Dikenal dengan nama Dirgantara Indonesia, perusahaan ini telah beroperasi sejak tahun 1976. Berlokasi di Bandung, perusahaan ini berpusat pada pengembangan desain pesawat, produksi struktur pesawat, pemasangan dan pelayanan pesawat komersial maupun untuk keperluan militer.

Apa saja pesawat dan helikopter karya Dirgantara Indonesia? Berikut brilio.net kumpulkan 10 foto pesawat dan helikopter asli buatan Indonesia, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (19/8):

1. N-219.

Loading...

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: youtube/the jakarta post digital

Pesawat yang mampu menampung 19 penumpang ini dibuat dengan tujuan sebagai moda transportasi ke daerah yang terisolasi, dan untuk menjaga kemanan wilayah.

2. N-250.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: wikipedia

Pesawat bermesin ganda ini mampu menampung hingga 50 penumpang. Pesawat ini diperkenalkan pada tahun 1986 namun tidak dilanjutkan lagi produksinya akibat krisis keuangan di akhir tahun 1998.

3. NC-212.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: jabarprov.go.id

Ide pesawat ini diambil dari Construcciones Aeronáuticas SA(CASA) pada awal berdirinya perusahaan Dirgantara Indonesia. Kini, Dirgantara menjadi satu-satunya yang memproduksi jenis pesawat ini. Saat ini NC-212 telah dikembangkan menjadi NC212i.

4. NC-235.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: wikiwand.com

Pesawat ini diproduksi dalam tiga jenis untuk penggunaan komersial, militer, dan misi. Untuk versi komersial, pesawat ini mampu menampung 36 penumpang dan dibuat light-medium.

Sedangkan versi militernya dibuat agar tahan lingkungan yang ekstrem. Sedangkan versi misi dibuat untuk fungsi kontrol wilayah, Search and Rescue, serta kontrol dan pencegahan polusi laut.

5. PZL - Gelatik.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: airliners.net

Pesawat yang diambil dari nama burung gelatik ini dulunya dibuat berdasarkan lisensi dari perusahan asal Polandia. Kini pesawat jenis ini lebih dikenal dengan kode PZL.

6. Si Kumbang.

SI KUMBANG © 2017 brilio.net

foto: weaponstechnology.blogspot.com

Pesawat dengan nama NU-200 Sikumbang ini merupakan pesawat tempur buatan indonesia pertama. Pembuatnya, Nurtanio, membuat pesawat ini hanya beberapa tahun selang kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 1954.

Uniknya sampai saat ini, pesawat ini masih utuh dirawat oleh anak buah Nurtanio.

7. NBO-105.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: garudamiliter.blogspot.com

Helikopter yang dibuat dengan lisensi dari MBB Jerman ini diciptakan untuk mampu beroperasi dalam segala cuaca. Saking terkenal akan kemampuannya, helikopter ini digunakan di hampir seluruh wilayah di Indonesia. Sayangnya pada Juli 2011, produksi NBO-105 dihentikan.  

8. NBK-117.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: aviastar.org

Helikopter hasil kerjasama MBB dan Kawasaki ini dibuat oleh Dirgantara. NBK-117 dibuat agar dapat digunakan untuk berbagai tujuan, dengan mesin ganda.

9. NBell - 412.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: airrecognition.com

Helikopter yang dibuat dengan lisensi dari Bell Helicopter, Amerika Serikat ini mampu menampung 15 penumpang. Selain itu, helikopter ini juga dibuat untuk keperluan komersial dan militer.

10. NAS - 330 Puma.

Foto Pesawat Asli Indonesia © 2017 brilio.net

foto: flugzueginfo.net

Helikopter jenis ini telah diproduksi 11 buah hingga saat ini. Helikopter ini dibuat dengan lisensi dari Aérospatiale asal Prancis.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    25%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more