Brilio.net - Demi menjaga agar pelaku kejahatan tidak kabur, beberapa penjara di negara maju memiliki sistem pengamanan yang ketat. Sebagai contoh penjara di Amerika Serikat yang memiliki sistem pengamanan penjara super ketat yakni ADX Florence.

Sistem pengamanan tersebut sangat canggih lho. Semua gerak-gerik tawanan penjara terpantau. Beberapa tahanan yang mencoba kabur harus berahir nahas. Yuk kita simak informasi 10 penjara ketat dan canggih dari listmaze.com, Kamis(26/10).

1. HM Prison Belmarsh.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara ini digadang-gadang paling berbahaya se-Inggris Raya. Tahanan penjara ini dikurung dalam tempat gelap dan selalu ditindas. Tekanan dan tindasan tersebut digunakan agar tahanan takut untuk kabur.

Loading...

2. Tadmor Military Prison.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara ini terletak di bagian timur Suriah. Awalnya penjara ini digunakan sebagai barak tentara Perancis. Hanya ada satu pintu di penjara ini, sehingga mustahil bagi tahanan untuk kabur karena penjagaannya ketat. Moto penjara ini pun sangat ngeri. "Tahanan tidak boleh kabur dari penjara, meskipun hanya mimpi."

3. United States Penitentiary.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara federal khusus pria di Amerika Serikat ini memiliki fasilitas canggih. Fasilitasnya yakni pembatasan komunikasi dari dunia luar. Penjara ini ditujukan untuk tahanan yang sangat berbahaya.

4. Camp Delta.

penjara ketat © listamaze.com

Camp yang berlokasi di Guantamoamo, Kuba ini digunakan untuk menahan teroris anggota Al-Qaeda dan Taliban. Camp ini memiliki sistem pengamanan yang sangat ketat sehingga mustahil bagi tahanan untuk keluar penjara. Tembok-tembok di penjara ini dapat mendeteksi siapa saja yang mencoba keluar penjara. Jika ketauan mencoba kabur, tahanan akan dipindahkan di bawah tanah.

5. Qincheng.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara Qincheng digadang sebagai penjara paling ketat di Cina. Tembok penjara setinggi lima meter dilengkapi daya listrik yang tinggi. Penjara ini dikawal 5.000 penjaga keamanan. Lokasinya pun cukup jauh dari jangkauan pihak eksternal, yakni berada pada ketinggian 3.000 meter dikelilingi hutan lebat.

6. Arthur Road.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara ini merupakan yang tertua dan terbesar di Mumbai, India. Tidak ada seorang pun yang pernah berhasil kabur dari penjara ini. Temboknya sangat kuat, bahkan misil pun tidak bisa menembusnya. Kapasitas penjara ini sebenarnya hanya untuk 800 tahanan. Namun kini penjara ini dihuni 2000 tahanan.

7. Fuchu.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara ini konon paling ketat dan besar di Jepang. Sebelum Perang Dunia II padam, penjara ini digunakan untuk menahan pimpinan komunis. Pengamanan penjara ini menggunakan teknologi tingkat tinggi. Sistem pengamanan tersebut bahkan dirahasiakn dari pemerintah Jepang sekalipun.

8. Alcatraz.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara Alcatraz dikelilingi dengan ombak besar. Jika ada tahanan yang hendak kabur, maka akan tenggelam di lautan. Hanya ada 5 tahanan yang mencoba kabur dari penjara ini, dan semuanya berakhir tewas mengenaskan.

9. La Sante.

penjara ketat © listamaze.com

Penjara ini memiliki sistem keamanan yang ketat. Beberapa tahanan yang mencoba kabur melalui pipa saluran air berakhir tragis, karena pipa air pun terkunci. Penjara ini dikenal susah ditembus dan digadang sebagai penjara kedua paling ketat di dunia.

10. ADX Florence.

penjara ketat © listamaze.com

Jika bertanya penjara paling ketat dan canggih, ADX Florence jawabannya. Tahanan pria paling berbahaya dari seluruh dunia menghuni penjara ini. Pengamanannya menggunakan teknologi yang sangat canggih. Penjara ini bahkan memiliki ruang tahanan yang kedap suara untuk menghidari komunikasi antar tahanan menggunakan kode morse. Tidak ada jedela pada penjara ini, tahanan hanya bisa melihat langit. Hal inilah yang menyebabkan tahanan susuh merencanakan denah kabur, karena tidak bisa mengira-ngira kondisi geografis diluar penjara.