Brilio.net - Mencapai kesuksesan bukanlah perkara mudah. Sejak kecil tentunya kita semua ingat bagaimana orangtua menginginkan kita belajar sungguh-sungguh dan tekun dalam mempelajari berbagai pelajaran di sekolah. Mereka selalu mengatakan bahwa sekolah sangat penting agar saat dewasa menjadi orang sukses.

Bagi orangtua, menghabiskan waktu berjam-jam di sekolah tidak jadi masalah, karena itu semua akan terbayar ketika kita sukses kelak. Tak heran jika pendidikan menjadi nomor satu untuk anak-anak, bahkan sistem belajar di sekolah telah menjadi hal yang wajib di seluruh belahan dunia.

Meski banyak yang mengatakan pendidikan adalah jalan seseorang untuk bisa sukses, namun ternyata ada orang-orang yang kini dikenal sukses dan tajir, dulu tidak menyelesaikan pendidikannya. Ada diantara mereka kena drop out (DO) alias diberhentikan dari tempat mereka sekolah.

Siapa saja mereka? Berikut lansiran brilio.net dari businessinsider.sg, Kamis (29/8).

1. Mark Zuckerberg

Loading...

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Siapa yang tak kenal nama satu ini? Yap, Mark Zuckerberg merupakan co-founder Facebook, sebuah perusahaan yang menghubungkan indentitas virtual di dunia. Websitenya pertama kali dilancarkan pada tahun 2004, dan mengakuisisi 1,44 miliar pengguna aktif bulanan.

Kesusesannya ini tentunya menjadikan dirinya orang yang cukup tajir. Forbes memperkirakan Mark Zuckerberg diketahui memiliki kekayaan bersih saat ini sebesar $ 66 miliar atau Rp 941 triliun.

2. Ralph Lauren

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Ralph Lauren merupakan sosok dermawan, perancang busana dan pendiri Ralph Lauren Corporation. Tak hanya itu saja, Lauren juga dikenal dunia dengan koleksi mobil langkanya, dan dinobatkan sebagai Chevalier de la Legion d'honneur oleh Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy pada 2010.

Lauren pernah merasakan bangku kuliah selama dua tahun di New York City Baruch College. Namun keluar untuk bergabung dengan tentara sebelum mendapatkan gelar. Namun siapa sangka kini dirinya menjadi orang sukses dan sangat kaya. Menurut Forbes, Lauren saat ini memiliki kekayaan bersih $ 5,8 miliar atau Rp 827 triliun.

3. Jan Koum

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Jan Koum merupakan pengusaha imigran, ia hanya masuk perguruan tinggi dan berhenti sebelum menyelesaikan pendidikannya. Ia lebih memilih untuk bekerja untuk Yahoo, selama 9 tahun lamanya. Sampai akhirnya ia menemukan aplikasi pesan yang sangat populer yakni WhatsApp.

Menurut Forbes, programmer komputer berusia 43 tahun itu memiliki kekayaan bersih $ 10 miliar atau Rp 142 triliun.

4. Sheldon Adelson

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Sheldon Adelson memilih berhenti dari pendidikannya di City College of New York. Kemudian ia fokus dalam menjalani usahanya. Ia kemudian menjadi begitu sukses ketika mendirikan perusahaan bernama COMDEX yang menyelenggarakan pameran dagang, di mena berfokus pada teknologi.

Berkat usaha dan keinginan kerasanya itu, kini ia menajadi orang yang cukup kaya. Menurut Forbes kekayaan pria berusia 86 tahun mencapai $ 33,1 miliar atau Rp 470 triliun.

5. Ted Turner

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: biography.com

Ted Turner harus berhenti melanjutkan pendidikannya karena dikeluarkan, penyebabnya karena ia mengizinkan sang kekasih tinggal di asramanya. Namun meski begitu ia tetap mendapat kesempatan untuk medapat gelar meski membutuhkan waktu yang cukup lama.

Menurut Forbes, pria berusia 80 tahun ini memiliki kekayaan bersih $ 2,2 miliar atau sekitar Rp 31 triliun.

6. Michael Dell

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Michael Dell keluar dari University of Texas di Austin pada tahun pertamanya kuliah pada usia 19 tahun. Dia adalah pencipta Dell Technologies. Menurut Forbes pria berusia 54 tahun memiliki kekayaan bersih saat ini sebesar $ 30,6 miliar atau Rp 436 triliun.

7. Larry Ellison

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Larry Ellison dikenal sebagai miliarder software dan pendiri Oracle. Ketika dia tumbuh dewasa, orang tua angkatnya mendorongnya untuk menjadi dokter.

Ia kuliah di University of Illinois di Urbana-Champaign dan University of Chicago, namun berjuang dengan kursus kedokterannya dan keluar. Menurut Forbes pria 75 tahun itu memiliki kekayaan bersih $ 63 miliar atau Rp 898 triliun.

8. Bill Gates.

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Bill Gates terkenal karena menjadi co-founder Microsoft, sebuah perusahaan software komputer terbesar di dunia. Dia telah menjadi daftar orang terkaya versi Forbes sejak 1987.

Gates dikenal sebagai seorang dermawan, tokoh bisnis, programmer komputer, dan investor. Sayangnya, titel perguruan tinggi tidak akan ditemukan dalam daftar riwayat hidupnya, karena Gates drop out dari Harvard dan langsung bekerja.

Namun meski begitu, menurut Forbes, pria 63 tahun ini memiliki kekayaan bersih senilai $ 102 miliar atau Rp 1,4 kuadriliun.

9. Travis Kalanick

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: businessinsider.sg

Travis Kalanick merupakan pendiri Uber dan mantan CEO, Travis Kalanick mempelajari teknik komputer di UCLA sebelum berhenti bekerja pada mesin pencari Scour yang sekarang tidak berfungsi lagi. Setelah Scour mengalami kebangkrutan, Kalanick juga mendirikan perusahaan perangkat lunak jaringan bernama Red Swoosh.

Pada akhirnya Kalanick menjual Red Swoosh ke Akamai dengan harga $ 23 juta atau Rp 328 miliar pada tahun 2007. Dia menggunakan sebagian dari uang itu untuk menghabiskan satu tahun keliling dunia sebelum mendirikan Uber.

Menurut Forbes kini kekayaan pria 43 tahun itu mencapai $ 3,7 miliar atau Rp 52 triliun.

10. David Geffen

Miliarder ini buktikan bisa sukses istimewa

foto: cnn.com

Salah satu pendiri DreamWorks Animation, David Geffen, pernah berbohong tentang lulus dari UCLA untuk mempertahankan pekerjaan lamanya. Namun akhirnya ia mengakui di depan umum bahwa ia benar-benar keluar dari University of Texas di Austin, menurut Forbes.

Dia bekerja sebagai agen bakat di William Morris sebelum mendirikan DreamWorks. Pria berusia 76 tahun itu sekarang adalah orang terkaya di Hollywood, dan Forbes memperkirakan bahwa kekayaan bersihnya sekitar $ 8,4 miliar atau Rp 119 triliun.