Brilio.net - Pada awal abad ke-20, keberhasilan mafia diukur dari berapa banyak penjualan minuman keras selama pelarangan. Sejak itu mafia selalu dikaitkan dengan perjudian dan perdagangan narkoba.

Di tahun 70an mereka meraup untung besar dengan bisnis heroin, tahun 80an kokain dan sekarang ganja.

Cerita tentang mafia sering juga dijadikan film, musik dan lain-lain. Baru-baru ini Netflix menayangkan serial berjudul Narcos. Musim pertama serial ini adalah mengikuti transaksi gembong narkoba terbesar di dunia, Pablo Escobar.

Meskipun sulit menghitung jumlah kekayaan para mafia ini, berikut adalah 10 mafia terkaya dan paling berbahaya sepanjang masa yang dilansir brilio.net dari newsone.com, Rabu (21/9):

1. Frank Lucas - USD 52 juta (Rp 676 miliar).

Loading...

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: nj.com

Frank Lucas melakukan perdagangan heroin pada tahun 1960-1970-an, ia menggunakan koneksi Asia Timur selama Perang Vietnam. Lucas juga pernah mengklaim telah menjual satu juta dolar heroin per hari. Kisahnya ini pernah dijadikan film pada tahun 2007 berjudul American Gangster yang dibintangi Denzel Washington.

2. Joseph Kennedy Sr - USD 300 juta (Rp 3.9 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: thedailybeast.com

Joseph Kennedy adalah seorang patriarki dari salah satu keluarga Amerika paling berkuasa dan bergengsi. Salah satu putranya merupakan presiden Amerika, John F Kennedy. Pada puncak karirnya, Kennedy adalah salah satu orang terkaya di Amerika. Ia sudah berbisnis minuman keras sebelum pelarangan diterapkan. Kabar lain menyebutkan ia melakukan kecurangan dalam pemilu dengan membayar pemilih dan membayar teman-teman mafianya untuk mengancam politisi.

3. Meyer Lansky - USD 600 juta (Rp 7.8 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: organizedcrimeencyclopedia.wikia.com

Lansky adalah seorang imigran Yahudi dari Polandia, ia meraup untung besar dari perjudian. Lansky bergabung dengan Charles 'Lucky' Luciano dan Ben 'Bugsy' Siegel untuk menjalankan kejahatan terorganisir yang disebut Murder Inc. Ia kemudian didakwa atas tuduhan penggelapan pajak dan melarikan diri ke Israel, namun kembali lagi ke AS untuk menghadapi tuduhan. Pada tahun 1974 ia dibebaskan dan meninggal di usia 83 tahun di Miami.

4. Al Capone - USD 1,3 miliar (Rp 17 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: history.com

Al Capone adalah mafia paling terkenal sepanjang masa dan juga terkaya. Selama pelarangan diterapkan, Capone mengendalikan bisnis alkohol ilegal, prostitusi dan perjudian di Chicago dan menghasilkan USD 100 juta dalam setahun. Kekayaan yang dimiliki Capone memungkinkan ia untuk menyuap pejabat polisi, hakim dan bahkan Walikota Chicago.

5. Griselda Blanco - USD 2 miliar (Rp 26 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: elpais.com.co

Griselda Blanco, yang juga dikenal sebagai 'Black Widow' atau ' Ratu Kokain dari Miami' adalah seorang ratu obat bius untuk kartel Colombian Medellin. Sebelum rezim Escobar, ia mengendalikan perdagangan kokain dengan tindak kekerasan dan menghasilkan USD 80 juta per bulan.

6. Anthony 'Fat Tony' Salerno - USD 2,5 miliar (Rp 32,8 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: history.com

Pada tahun 1960, mafia Italia Fat Tony meraup keuntungan dengan menjalankan bisnis narkoba di timur Harlem setelah mafia Italia lainnya meninggalkan area tersebut. Berkat penghasilannya lebih dari satu milyar dolar dan kekuasaannya, Fat Tony dinobatkan sebagai America's Top Gangster oleh Majalah Fortune pada tahun 1986.

7. Carlos Lehder - USD 2,7 miliar (Rp 35,4 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: luxxory.com

Lehder merupakan salah satu pendiri kartel Colombian Medellin. Kokain membuat Lehder menjadi sangat kaya, bahkan ia bisa membeli pulau di Bahamas dan menawarkan diri untuk melunasi hutang negara Kolombia sebanyak dua kali.

8. Joaquin 'El Chapo' Guzman Loera - USD 5 miliar (Rp 65,6 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: republicbuzz.com

El Chapo adalah pengedar narkoba paling terkenal di Meksiko. Ia mengendalikan sebagian besar kokain dan peredaran ganja di beberapa negara di seluruh dunia. El Chapo masuk dalam daftar 1.000 orang terkaya menurut Forbes. Ia juga masuk dalam daftar 60 orang paling berkuasa di dunia. El Chapo sudah dua kali kabur dari penjara dan kini menjadi buronan FBI.

9. Amado Carrillo Fuentes - USD 25 miliar (Rp 328 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: elimparcial.com

Fuentes adalah pemimpin kartel Mexican Juarez. Ia dikenal sebagai 'Lord of The Skies' karena menggunakan pesawat untuk mengimpor kokain dari Kolombia ke Meksiko. Pejabat setempat menyebutnya sebagai penjual narkoba paling berkuasa di eranya. Ia meninggal saat menjalani operasi plastik untuk mengubah penampilannya pada tahun 1997.

10. Pablo Escobar - USD 30 miliar (Rp 394 triliun).

Mafia kaya © 2016 brilio.net

foto: totalwar-ar.wikia.com

Escobar mungkin adalah raja narkoba paling terkenal di era modern. Ia menjalankan bisnis kartel Medellin dengan mengekspor milyaran dolar kokain ke AS. Kekayaannya itu membuat ia menjadi orang paling berkuasa dan mampu menyuap para pejabat. Tahun 1993, Escobar dibunuh oleh pasukan Kolombia dengan bantuan AS. Para penonton bisa melihat kembali kisah Pablo Escobar di serial Netflix berjudul Narcos.