Brilio.net - Salah satu tanaman hias yang memiliki banyak penggemar karena memiliki warna dan corak daun yang indah adalah aglonema. Jenis tanaman ini juga sering disebut 'Chinese evergreens'. Tanaman hias ini berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Asia.

Beberapa jenis aglonema juga cukup populer di Asia Tenggara dan salah satunya di Indonesia. Tanaman hias jenis aglonema ini memiliki warna dan corak daun yang cantik. Dedaunan aglonema dapat berupa campuran bintik-bintik merah, merah muda, perak, hijau, kuning atau krem yang mencolok dan dapat digunakan untuk menghidupkan dan mewarnai rumah.

Selain tampilannya, tanaman yang dijuluki sebagai si ratu daun ini juga dapat memberikan manfaat jika ditaruh di dalam ruangan. Pasalnya, tanaman ini dapat menyerap polutan sehingga membuat udara di sekitarnya menjadi bersih.

Aglonema juga lebih tahan dengan udara di Indonesia karena tanaman hias jenis aglonema tidak tahan pada udara dingin dan membutuhkan kondisi lingkungan yang hangat supaya bisa tumbuh dengan normal. Sedangkan lingkungan yang hangat mudah didapatkan di Indonesia.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Alasan tanaman aglonema banyak diminati adalah karena selain daunnya yang cantik, tanaman ini memang sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi ruangan. Selain itu, tanaman yang dapat tetap tumbuh di dalam ruangan ini paling diminati dan banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia, untuk dijadikan penghias ruangan.

Berikut 10 jenis aglonema, seperti brilio.net rangkum dari epicgardening.com pada Kamis (12/11).

1. Aglonema Widuri.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@kediriflora

Aglonema widuri atau bisa disebut Red Peacock ini memiliki warna indah dan cerah. Daunnya berwarna hijau lengkap dengan urat yang berwarna merah cerah. Perawatan jenis aglonema ini butuh lebih banyak cahaya agar daunnya terlihat cerah dan tidak pucat.

2. Aglonema Modestum.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Aglonema modestum memiliki ciri khas daun yang hijau dan memiliki lurik putih yang naik dan memanjang ke atas. Warna daun yang pucat membuatnya semakin estetik jika dipajang dalam sebuah pot yang diletakkan di ujung ruangan.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan tinggi hingga 60 cm. Selain itu, pemilik tak perlu repot merawat secara intens Aglaonema modestum sebab ia tak membutuhkan banyak asupan air. Selain itu, aglonema jenis ini banyak dicari oleh kolektor.

3. Aglonema Cutlass.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantariumbyjardin

Jenis aglonema cutlass memiliki sebutan lain yaitu tanaman pisau. Dikatakan tanaman pisau karena memiliki keunikan, yaitu bentuk daun melancip layaknya sebuah pisau dan memiliki perpaduan warna daun hijau yang didominasi warna putih.

4. Aglonema Nitidum.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: freepik.com

Aglonema Nitidum adalah jenis aglonema yang unik, karena tidak punya pola serta warna daun seperti jenis aglonema lainnya. Jenis aglonema ini memiliki warna daun hijau gelap dan cukup mampu tumbuh di ruangan yang minim akan cahaya. Warnanya yang hijau tua akan tetap menghijau meski tak mendapatkan asupan matahari yang cukup.

5. Aglonema Emerald Bay.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@winnaferial

Aglonema emerald bay memiliki warna daun yang hijau matang dan sedikit semburan warna abu-abu keperakan di tengah daunnya, sehingga memberikan kesan tua tapi tetap menyegarkan.

Jenis ini adalah aglonema yang paling toleran terhadap cahaya yang rendah dibandingkan dengan jenis aglonema lainnya. Maka tak heran jika tanaman ini sangat mudah hidup dan bertahan lama di berbagai macam tempat meskipun kurang terkena paparan sinar matahari.

6. Aglonema Silver Queen.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@studio_plants

Nama dari jenis aglonema ini berasal dari daun yang lebar dan dominasi warna perak yang jauh lebih banyak dibandingkan warna hijaunya. Jenis aglonema ini seakan menjadi standar bagi tanaman hias karena tampilannya yang sangat indah.

7. Aglonema Brilliant.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@mssandradarling

Sedangkan pada jenis ini, warna dan pola pada daunnya sangat indah layaknya tulang ikan. Pola warna pada jenis aglonema ini selang seling dan menarik mata serta membuat jenis aglonema ini berbeda dari tanaman hias lainnya.

8. Aglonema Harlequin.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@plantumma

Aglonema Harlequin akan merepresentasikan warnanya berdasarkan pada asupan cahaya matahari. Jika aglaonema harlequin diletakkan di luar dan mendapatkan asupan matahari yang berlebih, warnanya akan cenderung kuning kepucatan dengan warna merah muda menyala di bagian tengah daun. Dan jika menerima cahaya matahari yang minim, maka daunnya akan cenderung berwarna hijau dengan bercak merah muda di bagian tengah bahkan hampir keseluruhan daunnya.

9. Aglonema Silver King.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@hilda.florist

Selain Silver Queen, ada pula aglonema jenis silver king yang tak kalah cantik untuk dijadikan hiasan rumah. Bedanya antara Silver Queen dengan silver king terletak pada banyak sedikitnya bercak hijau pada daun berwarna keperakan.

Selain itu, aglaonema Silver King dapat menumbuhkan bunga yang memiliki serbuk sari yang melimpah. Oleh sebab itu, pemilik disarankan memangkas bunga sebelum benar-benar mekar jika tidak ingin kotor dengan tumpahan serbuk sari.

10. Aglonema Red Gold.

Jenis tanaman aglonema © 2020 brilio.net

foto: Instagram/@gracekusnadigoh

Selanjutnya ada jenis aglonema yang merupakan salah satu tanaman hias cukup unik, sebab memiliki warna daun yang sangat hijau dengan paduan emas disertai urat dengan warna merah muda. Tanaman hias ini ternyata juga cukup diminati serta populer karena warnanya yang indah dan bisa membuat ruangan menjadi terlihat lebih menarik serta tidak membosankan.

(brl/lea)