Brilio.net - Luasnya lautan di planet bumi, tentu apa yang ada di dalamnya menjadi misteri tersendiri. Mulai dari bangkai kapal, hewan laut dalam hingga cerita-cerita horor bermunculan dari dasar laut. Namun demikian, bangkai kapal karamlah yang kerap ditemui para penjelajah.

Sebut saja Titanic, salah satu kapal paling terkenal yang karam karena menabrak gunung es. Bahkan, karamnya kapal ini sampai dibuat film dan masih menjadi favorit banyak orang karena dibumbui kisah cinta yang menarik. Kapal-kapal karam ini ternyata ada pula yang menyimpan harta karun bernilai tinggi, tak heran banyak orang yang memburunya.

Dari sekian banyak penemuan harta karun di kapal karam, tentu penasaran dong mana yang paling berharga. Biar nggak penasaran, yuk cari tahu. Berikut 10 harta karun kapal karang paling berharga di dunia yang brilio.net lansir dari laman ListAmaze, Kamis (9/11). Kira-kira apa ya yang di Indonesia?

1. Kapal karam Belitung, Rp 1,2 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Kapal karam Belitung juga dikenal sebagai kapal karam Tang atau kapal karam Batu Hitam ini terjadi sekitar tahun 830 Masehi. Bangkai kapal itu milik orang Arab yang berlayar dari Afrika ke China. Kapal berhasil menyelesaikan perjalanan dari Afrika ke China namun tenggelam dalam perjalanan kembali yang lokasinya dekat Pulau Belitung, Indonesia.

Pada tahun 1998, kapal karam itu ditemukan oleh nelayan di Selat Gelasa. Lokasi bangkai kapal ini dibeli dari nelayan dan perusahaan lokal Indonesia mengurus izin untuk melakukan penggalian situs tersebut. Bangkai kapal yang ternyata membawa kargo ini memiliki cawan emas dinasti Tang terbesar yang pernah ditemukan. Antara lain ada mangkuk emas, mangkuk hijau dari Slovenia, motif dari Asia Tengah dan Persia, kotak perak, piring emas, dan banyak artefak berharga serta mahal dari berbagai dinasti. Harta karun ini bernilai sekitar Rp 1,2 triliun..

2. Ship of Gold, Rp 1,3 triliun - Rp 2 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

SS Central America atau dikenal sebagai Ship of Gold ini tenggelam dengan korban jiwa lebih dari 420 orang. Insiden ini terjadi pada tahun 1857 karena angin topan. Kapal tersebut membawa 14.000 kg emas dan kejadian ini berkontribusi pada kepanikan di tahun 1857. Kapal yang penuh dengan muatan banyak emas ini terjebak dalam badai Kategori 2 saat berada di lepas pantai Carolina.

Butuh waktu hampir 100 tahun untuk menemukan kembali harta karun Ship of Gold yang tenggelam. Pada tahun 1988, kapal karam tersebut ditemukan dengan menggunakan teori pencarian Bayesian dan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) oleh Columbus-America Discovery Group of Ohio. Emas dengan jumlah besar ditemukan dari kapal karam yang nilainya sekitar Rp 1,3 triliun - Rp 2 triliun. Berat emas ingot 36 kg dijual seharga Rp 486 miliar. Setelah pertempuran hukum, 92% emas diberikan kepada tim penemuan pada tahun 1996.

3. Harta karun Antikythera, Rp 1,6 triliun - Rp 2,1 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Kecelakaan kapal Antikythera terjadi lebih dari 2.000 tahun yang lalu pada kuartal kedua abad ke-1 SM. Kapal tersebut tenggelam di dekat pulau Antikythera di tepi Laut Aegea, barat laut Kreta. Kapal karam pertama kali ditemukan lebih dari 100 tahun yang lalu oleh penyelam spons pada tahun 1900. Dari tahun 2012 sampai 2014, di kapal karam tersebut ditemukan lebih banyak harta karun.

Menariknya, di kapal karam itu juga ditemukan komputer pertama di dunia yang digunakan untuk melacak pergerakan matahari, planet dan bulan. Beberapa harta yang ditemukan adalah kursi perunggu, perhiasan emas, toples yang diukir dengan simbol dari abad ke-1 SM, artefak kaca berkualitas tinggi, patung-patung yang terbuat dari marmer dan perunggu, patung pejuang raksasa, koin emas dan banyak lagi. Harta berharga itu bernilai sekitar Rp 1,6 triliun - Rp 2,1 triliun.

4. Harta karun S.S. Republic, Rp 1,6 triliun - Rp 2,4 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

S.S. Republic adalah sebuah kapal uap yang hilang dalam badai pada tahun 1865 di lepas pantai Georgia dalam perjalanan ke New Orleans. Kapal uap itu awalnya bernama Tennessee. Pada tahun 2003, penjelajah kapal karam menemukan harta karun dari S.S. Republic di lepas pantai Savannah, Georgia. Kapal tersebut membawa koin emas dan perak dalam jumlah besar, artefak dan barang berharga lainnya. Sepertiga dari koin perak dan emas itu ditemukan oleh penjelajah kapal karam yang bernilai sekitar Rp 1 triliun.

Nilai total harta karun itu diperkirakan mencapai Rp 1,6 triliun - Rp 2,4 triliun. Harta karun yang ditemukan mengandung lebih dari 51.000 koin emas dan perak, artefak, botol, set teh merah, patung, cangkir dan piring, stoples dan tong. Pencarian dan pemulihan itu digambarkan dalam sebuah dokumenter TV National Geographic Society Civil War Gold.

5. Harta karun Titanic, Rp 2,5 triliun - Rp 2,7 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Kapal karam Titanic adalah kapal karam paling terkenal sepanjang masa. RMS Titanic adalah kapal penumpang Inggris yang membawa lebih dari 1.500 penumpang dan anggota awak kapal. Kapal ini tenggelam di Samudera Atlantik Utara pada tanggal 15 April 1912 setelah bertabrakan dengan gunung es. Kapal itu membawa artefak mahal, emas, berlian, perak, dan barang berharga lainnya senilai lebih dari Rp 4 triliun dari orang-orang berprofil tinggi dan kaya raya.

Sejak ditemukannya kapal pada tahun 1985 banyak artefak, koin emas dan perak, porselen, toples dan barang berharga lainnya telah dipajang di berbagai lokasi di seluruh dunia. Banyak artefak dari kapal karam Titanic dilelang pada bulan September 2015 dan beberapa barang lainnya senilai Rp 2,5 triliun dilelang pada tahun 2012.

6. Kapal karam Diamond.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Penemuan kapal karam Diamond adalah salah satu harta karun karam terbesar yang ditemukan dalam sejarah. Kapal tersebut berasal dari kapal dagang Portugis abad ke-16 yang dipastikan setelah sedikit penyelidikan bahwa kapal tersebut dinamai Bom Jesus. Kapal itu berlayar dari Lisbon pada tahun 1533 saat kapal karam itu terjadi. Dipercaya bahwa kapal tersebut ambruk akibat badai besar di dekat pantai Afrika Barat. Kapal itu membawa sejumlah besar logam berharga, ingot tembaga dan senjata dari zaman itu.

Ahli geologi yang bekerja untuk De Beers menemukan salah satu harta karun terbesar dari laut seharga jutaan dolar. Mereka menemukan banyak ingot, sejumlah besar koin emas, lebih dari 50 gading gajah, perak, tembaga, pedang dan senjata lainnya dari periode Raja João III. Nilai total harta karun itu masih belum diketahui dan dinilai.

7. Harta karun SS Gairsoppa, Rp 2,8 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Kapal SS Gairsoppa adalah kapal dagang uap Inggris yang dibangun pada tahun 1919 dan dioperasikan selama Perang Dunia II. Pada tahun 1941 kapal tersebut diledakkan oleh kapal U-boat Jerman dan membuat kapal tersebut tenggelam dengan 85 penumpang. Kapal itu telah menghabiskan seluruh bahan bakarnya yang sedang dalam perjalanan ke Galway, Irlandia saat terjadi insiden karam. Kapal Inggris itu membawa 200 ton perak saat tenggelam.

Pada 2011, bangkai kapal tersebut ditemukan oleh Odyssey Marine setelah dicari hampir dua bulan di dekat pantai Irlandia. The Odyssey Marine menemukan 1.218 ingot perak dengan berat lebih dari 40 ton yang bernilai lebih dari Rp 2,8 triliun.

8. Whydah Gally, Rp 5,4 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Whydah Gally adalah kapal galvanik yang awalnya dibangun untuk penumpang, kargo dan sebagai kapal budak. Kapal itu ditangkap oleh perompak saat kembali melakukan perjalanan perdagangan segitiga. Kapal galvanik ini ditangkap oleh Kapten Samuel Samuel 'Black Sam' Bellamy dan disebut sebagai unggulan. Bajak laut terkenal diketahui telah menangkap lebih banyak kapal dalam perjalanan mereka dan akhirnya karam karena badai yang besar.

Kapal tersebut hilang selama hampir 260 tahun sampai tahun 1984 ketika bangkanya ditemukan oleh Barry Clifford. Harta berharga yang ditemukan pada bangkai kapal itu lebih dari Rp 5,4 triliun. Harta karun itu mencakup lebih dari 200.000 artefak, koin perak dan emas, kanon dan bel kapal juga diambil.

9. Atocha Motherlode, Rp 6 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Kapal Spanyol Nuestra Señora de Atocha ini dikenal sebagai  Atocha Motherlode. Kapal Spanyol yang membawa banyak ingot, tembaga, permata, perak, emas dan logam mulia lainnya ini tenggelam pada tahun 1622 dari Florida Keys. Peristiwa ini membuat semua penumpang tewas di kapal kecuali tiga pelaut dan dua budak. Ketika berita tentang kapal tersebut sampai ke Havana, pihak berwenang Spanyol mengirim lima kapal untuk menyelamatkan kapal karam tersebut namun sayangnya lebih banyak angin topan dan laut sejauh 55 kaki membuat kegagalan tersebut gagal.

Pada tahun 1985, Mel Fisher (pemburu harta karun terkenal) menemukan Atocha dan ibu emas, perak, tembaga dan zamrud akhirnya ditemukan setelah menghabiskan lebih dari 16 tahun. Perkiraan nilai harta karun yang dipulihkan adalah Rp 6 triliun, yang hanya setengah dari harta karun yang turun dengan Atocha.

10. Black Swan Project, Rp 6,7 triliun.

harta karun kapal karam berharga di dunia  © 2017 berbagai sumber

Black Swan Project adalah nama kode yang diberikan oleh Odyssey Marine Exploration untuk operasi penyelamatan. Operasi tersebut malah menemukan emas senilai lebih dari Rp 6,7 triliun, yang awalnya dikabarkan berasal dari kapal karam Merchant Royal. Harta karun itu menghasilkan lebih dari 600.000 koin perak dengan berat lebih dari 17 ton, ratusan koin emas, artefak dari berbagai periode, dan permata berharga lainnya.

Kabar tentang penemuan harta karun ini terungkap pada tanggal 18 Mei 2007 ketika perusahaan tersebut menerbangkan beberapa ton perak dari Gibraltar ke lokasi yang tidak diketahui di Florida.