Brilio.net - National Geographic telah mengumumkan pemenang kontes foto National Geographic Travel of the Year 2017. Hasilnya ada 10 foto mengagumkan yang berhasil mengalahkan lebih dari 15 ribu foto yang diikutsertakan.

Kontes ini adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh National Geographic. Ada tiga kategori yang dibuka: Nature, yakni foto yang bertema alam; People, foto yang berkaitan dengan manusia; Cities, foto kehidupan perkotaan.

Para juri memilih satu foto terbaik (grand prize) dari 15 ribu foto, dan tiga foto terbaik untuk masing-masing kategori. Foto dinilai berdasarkan tiga poin, kreativitas (35%), kualitas fotografi (35%), dan komposisi (30%). Dengan kompetisi yang ketat ini, seperti apa sih 10 foto pemenang itu? Berikut brilio.net kumpulkan hasil foto para pemenang kontes, Selasa (8/8).

1. Erupsi gunung api dibarengi kilat. Gila keren banget.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Foto oleh fotografer Sergio Tapiro Velasco ini diambil pada saat erupsi gunung api Colima di Meksiko. Terlepas dari hasil akhir yang begitu mengagumkan, mengambil foto ini perlu nyali besar. Bayangkan kamu mengambil foto gunung yang sedang erupsi dari jarak dekat. Yang ada gemetaran duluan pengen lari. Keren banget kan?

2. Pemandangan langka di Jepang.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Foto ini diambil di lahan basah yang saat ini sudah sangat sedikit tempatnya. Menurut Hiromi Kano, sang fotografer, momen seperti ini sangat langka. Tempat ini menjadi "surga terakhir" buat burung dan angsa di tengah pembangunan.

3. Ini komposisinya bagus banget.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Kapan lagi bisa melihat buaya sebanyak ini di lingkungan liar? Fotografer Tarun Sinha berhasil memadukan liarnya alam Kosta Rika dengan komposisi unik perbatasan antara sungai dan daratan dan puluhan buaya.

4. Erupsi Gunung Bromo. Reaksi alam yang indah.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Reynold Dewantara berhasil mengambil foto erupsi gunung Bromo Januari tahun 2016 lalu. Walaupun tidak masuk ke dalam 3 besar, namun foto ini berhasil masuk jajaran Honorable Mentions. Bisa perfect gitu ya, momen dan pencahayaannya.

5. Sebuah tarian sufi.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Seorang pria melakukan tarian Sema, tarian sufi, di sebuah gedung bersejarah Turki. Foto karya F Dilek Uyar ini berhasil menunjukkan mistisnya upacara keagamaan di Turki.

6. Ciee, saling tatap-tatapan.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Fotografer Julius Y mengaku mengambil foto ini karena rasa lucunya ketika dia menyadari bahwa kerumunan orang tengah mengamati sebuah lukisan di mana karakter didalam lukisan juga terlihat seolah sedang penasaran mengamati kerumunan. Saling tatap-tatapan nih ceritanya.

7. Berapa lama fotografer berada di bawah laut?

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Foto karya Rodney Bursiel ini berhasil mengambil sudut baru dari gambar seorang peselancar. Kalau biasanya gambarnya diambil dari permukaan air laut tapi kali ini dari dalam. Pertanyaanya, berapa lama Rodney telah berada di dalam air laut untuk foto ini? Spektakuler juga idenya.

8. Sebuah presepsi baru.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Norbert Fritz memotret sebuah perpustakaan di Jerman dengan desain kontemporer. Komposisi cahaya alami, tangga, dan dekorasi menurutnya, "memberikan atmosfir baru untuk memperluas cakrawala." Tempatnya bisa jadi ide pembangunan perpustakaan di Indonesia nih.

9. Ketika tidak ada lagi lahan untuk anak-anak bermain.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Foto ini menunjukkan situasi perkotaan di Whampoa Garden, Hong Kong. Foto karya Andy Yeung ini menggambarkan area yang pernah menjadi tempat terpadat di dunia ini yang kini semakin padat dengan bangunan moderen. Lihat deh, gedung tinggi disetiap blok. Tidak ada rumah tradisional lagi.

10. Lapangan sepak bola ini dipasangkan pemanas lho.

Foto Kontes © 2017 brilio.net

Lapangan sepak bola di sebuah pulau kecil di musim dingin? Misha De-Stroyev berhasil mengambil gambar lapangan sepak bola di Norwegia. Di tengah musim salju ini, lapangan ini dipasangkan pemanas lho, makanya lapangannya tetap hijau dan tidak tertutup tumpukan salju. Wow, perlu listrik berapa ya?