×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menurut Hukum, Apakah Para YouTubers ini Bisa Dipenjara?

View Image

0

BRILIO » Trending

Menurut Hukum, Apakah Para YouTubers ini Bisa Dipenjara?

Youtuber dipenjara

Sedang hangat isu YouTubers yang terancam dipenjara, simak penjelasannya dari Vincent Ricardo!

(brl/red)

08 / 05 / 2018

Writen by : Famous.id

Youtuber dipenjara

FAMOUS.ID - Belakangan ini terjadi sebuah drama di YouTube Indonesia. Drama ini dimulai dari perselisihan antara Daylen dan Warpath, dua pemain pro dari game Mobile Legends yang tersebar di media sosial. Tidak hanya kedua pihak yang terlibat perseteruan, tetapi juga beberapa kreator pun ikut membahas mengenai hal ini di channelnya masing-masing. Salah satu kejadian yang sedang hangat adalah adanya seorang YouTuber yang terancam masuk penjara akibat tuduhan pencemaran nama baik di media elektronik. Melihat fenomena ini, kreator Vincent Ricardo membahas mengenai pertanyaan dari setiap orang, yaitu "Apakah para YouTubers ini bisa dipenjara?". Simak penjelasannya di bawah ini!

Vincent Ricardo Vincent Ricardo Youtube Channel

Salah satu kreator yang membahas hal ini adalah seorang kreator gaming, Tierison. Akibat ucapan dalam video Tierison dianggap mencemarkan nama baik oleh Daylen, hal ini kemudian mengundang perseteruan lebih lanjut hingga muncul ancaman untuk dilaporkan ke kantor polisi.

Vincent Ricardo Vincent Ricardo Youtube Channel

Dalam video ini, Vincent yang merupakan mahasiswa hukum Universitas Indonesia tidak membahas tentang para kreator yang saling berseteru, melainkan ia akan mencoba membahas seputar Undang Undang ITE yang mengatur tentang hukum pencemaran nama baik di dunia maya.

Vincent Ricardo Vincent Ricardo Youtube Channel

Menurut Vincent, UU ITE merupakan pasal yang cukup bermasalah. Hukum yang dicantumkan dalam pasal tersebut tidak jelas yang seringkali disebut sebagai pasal karet. Salah satu hal yang bermasalah adalah adanya pernyataan yang menampilkan frase "dan / atau" yang sebenarnya melanggar logika sehingga seringkali keliru untuk ditafsirkan.

Vincent Ricardo Vincent Ricardo Youtube Channel

Jika merujuk pada hukum yang berlaku, sebenarnya Tierison dapat melaporkan balik Daylen yang juga melakukan ancaman kekerasan dalam salah satu videonya. Vincent sendiri pun mengaku sering mendapatkan banyak ujaran kebencian di kolom komentar channelnya. Namun, ia tidak akan melaporkan seseorang dengan menggunakan UU ITE yang dinilai bermasalah.

Tonton penjelasan lengkap dari Vincent Ricardo di halaman ini! (nfl)

Loading...





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Numbers Academy Trending Now Numbers Academy
Loading...

MORE
Wave more