×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dongeng Yuk! Melestarikan Dongeng dan Cerita Rakyat Lewat Platform Digital

View Image

0

BRILIO » Trending

Dongeng Yuk! Melestarikan Dongeng dan Cerita Rakyat Lewat Platform Digital

DongengYuk

Sekarang kamu bisa mendengarkan dongeng lewat YouTube!

(brl/red)

29 / 01 / 2018

Writen by : Famous.id

Dongeng Yuk! Melestarikan Dongeng dan Cerita Rakyat Lewat Platform Digital DongengYuk

FAMOUS.ID - Indonesia merupakan negeri yang memiliki banyak peninggalan cerita rakyat, legenda, dan dongeng yang datang dari berbagai daerah Indonesia. Namun, di era modern ini budaya dongeng dan cerita rakyat seakan kurang diperhatikan. Hal inilah yang menjadi landasan YouTube bersama Ayo Dongeng Indonesia menginisiasi acara #DongengYuk untuk melestarikan dongeng dan cerita rakyat dari 34 provinsi Indonesia untuk diperkenalkan kembali pada generasi muda.

YouTube YouTube

Digelar pada 27 Januari 2018, acara #DongengYuk merupakan hasil kerjasama YouTube dengan Ayo Dongeng Indonesia mengkurasi dan mendigitalisasi kisah-kisah asli Indonesia melalui platform YouTube. Melalui digitalisasi, acara yang dibuka untuk umum ini diharapkan dapat melestarikan dan dapat mendekatkan para generasi muda pada budaya dan kearifan lokal asli Indonesia.

Selain diikuti oleh para pendongeng dari Ayo Dongeng Indonesia, acara #DongengYuk juga dihadiri oleh para tokoh dan YouTubers yang membacakan sebagian dari cerita rakyat dan dongeng dari 34 provinsi, diantaranya turut hadir Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia yang membacakan kisah asal Sulawesi Selatan "La Dana dan seekor kerbau", Kok Bisa, YouTuber dengan kisah Suri Ikun, asal Nusa Tenggara Timur, Hujan Tanda Tanya, YouTuber yang membacakan kisah Asal Usul Naga dan Buaya asal Kalimantan Tengah, Cindy Gulla, Rio Ardhillah, Vhiendy Savella, Motomobi, dan masih banyak lagi.

YouTube YouTube

“Kegiatan mendongeng atau membacakan cerita rakyat kepada anak sebelum tidur merupakan kebiasaan yang sudah dilakukan dari generasi ke generasi. Saya senang dapat berpartisipasi dalam #DongengYuk, karena ini merupakan salah satu kontribusi dalam melestarikan kebudayaan bangsa lewat cerita-cerita khas asli Indonesia melalui platform digital,” ujar Najwa Shihab, Duta Baca Indonesia yang juga menjadi salah satu pendongeng di acara #DongengYuk

Seluruh 34 cerita dalam acara #DongengYuk bisa kamu nikmati melalui channel YouTube Google Indonesia. Kamu juga bisa menemeukan cerita-cerita lainnya melalui tagar #DongengYuk di YouTube. (nfl)

Baca Juga:

Loading...






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Trending Now Youtuber
Loading...

MORE
Wave more