×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Dirgahayu Jakarta! Simak 5 Fakta Menarik Jakarta Kota Metropolitan

View Image

0

BRILIO » Trending

Dirgahayu Jakarta! Simak 5 Fakta Menarik Jakarta Kota Metropolitan

Dirgahayu Jakarta! Simak 5 Fakta Menarik Jakarta Kota Metropolitan

Selain jadi kota metropolitan, Jakarta adalah kota dengan penduduk terpadat se-Indonesia lho!

(brl/red)

22 / 06 / 2017

Writen by : Famous.id

Dirgahayu Jakarta! Simak 5 Fakta Menarik Jakarta Kota Metropolitan Dirgahayu Jakarta! Simak 5 Fakta Menarik Jakarta Kota Metropolitan

FAMOUS.ID- Jakarta identik sebagai wilayah padat, macet, dan sering membuat warganya mengalami stres. Namun walaupun begitu, Jakarta selalu memiliki pesona untuk mengundang para pendatang baru, ada banyak hal menarik tentang Jakarta. Nah berikut ini ada beberapa fakta unik tentang kota Jakarta.

ondel-ondel © wikimedia commos

1. Jakarta Mengalami 10 Kali Ganti Nama

Sebelum dikenal dengan nama Jakarta, namanya sudah sempat berganti hingga 10 kali. Pertama kali disebut sebagai Sunda Kelapa, lalu menjadi Sta Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemente Batavia. Pada masa pendudukan Jepang, Jakarta berganti nama menjadi Betshu Shi. Lalu, berubah menjadi Jakarta Toko. Setelah merdeka secara berturut-turut, Jakarta berganti nama menjadi Jakarta, Kota Praja Jakarta, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, dan sampai akhirnya memakai nama Jakarta yang dipakai sekarang.

2. Stasiun Kereta Api Terbesar se-ASEAN

Stasiun Jakarta Kota sempat menjadi stasiun terbesar se-ASEAN dengan 580 kereta api yang bolak-balik setiap harinya. Ini juga merupakan fakta unik karena Stasiun Jakarta Kota yang dibangun sejak zaman kolonia Belanda, merupakan stasiun terbesar se-Asean. Tahukan Anda ada 580 kereta api datang dan pergi setiap harinya.

3. Kota Twitter Teraktif di Dunia

Ternyata kota Jakarta mempunyai warga paling aktif menggunakan social media Twitter. Dari data Twitter.com, Indonesia merupakan negara Asia yang memiliki pengguna Twitter aktif sebanyak 5.6 juta pengguna dan sebagian besar adalah warga Jakarta. Jadi nggak mengherankan juga kalau warga Jakarta menyumbang trending topic di Twitter.

4.  Kota dengan Mall Terbanyak

Bagi pencinta shopping, Jakarta adalah kota menyenangkan. Gimana nggak, ada 173 mal yang yang tersebar di seluruh kawasan Jakarta. Dengan jumlah ini Jakarta dikenal sebagai salah kota yang memiliki mal terbanyak di dunia. Beberapa mal besar seolah mewakili mewakili Jakarta sebagai salah kota yang nggak mau kalah dengan kota terkenal lainnya. Sebut saja Plaza Senayan, Senayan Citi, Pacific Place, Grand Indonesia, dan sederet lainnya membuat Jakarta menjadi tempa belanja menyenangkan. Warga Jakarta juga punya ajang belanja tahunan Jakarta Fair Kemayoran. Ternyata ajang ini pertama kali digagas oleh Syamsudin Mangan, Ketua Kamar Dagang tahun 1968. Lalu dilaksanakan oleh Gubernur Jakarta masa itu, yakni Ali Sadikin. Pada awal digelar, Jakarta Fair bertempat di Monas.

5. Kota Terpadat Penduduk di Indonesia

Jumlah penduduk Jakarta 9.992.842 jiwa dengan luas wilayah : 664.01 km2. Hal ini membuat Jakarta sebagai kota terpadat. Sebagai ibu kota Jakarta sejak dahulu selalu banyak mengundang orang daerah untuk mencoba peruntungan ke ibu kota.

Itulah 5 fakta menarik tentang kota metropolitan Jakarta, yang pada hari ini 22 Juni berulang tahun ke-490. Semoga tetap bisa menjadi kota yang aman, tentram dan nyaman bagi para penduduknya. Dirgahayu Jakarta!(non)







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Trending Now Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more