×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Wajib Tau! 3 Tips Menghindari Modus Penipuan Via Telepon

View Image

0

BRILIO » Personality

Wajib Tau! 3 Tips Menghindari Modus Penipuan Via Telepon

Wajib Tau! 3 Tips Menghindari Modus Penipuan Via Telepon

Modus penipuan dari panggilan telepon ini nggak pernah berubah hanya alasannya saja berbeda

(brl/red)

06 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

Wajib Tau! 3 Tips Menghindari Modus Penipuan Via Telepon

FAMOUS.ID - Modus penipuan via telepon sepertinya nggak mengenal musim. Mulai dari modus undian yang sudah lama terjadi sampai yang terakhir marak adalah meminta password untuk Go-Pay. Pastinya ini sangat mengkhawatirkan, apalagi buat kamu yang cenderung mudah percaya pada orang lain.

Modus penipuan dari panggilan telepon ini nggak pernah berubah hanya alasannya saja berbeda tapi hal ini sebenarnya sangat mudah untuk diketahui. Siapa pun bisa menjadi korban penipuan via telepon, selalu waspada ketika ada telepon dari nomor nggak dikenal. Untuk mencegah kamu menjadi korban berikutnya dari penipuan via telepon yuk simak beberapa tips berikut ini!

Jangan bicara terlalu lama

Cara kreator YouTube Indonesia nerima telepon by Steven Tan © 2016 famous.id

Kalau kamu menerima panggilan dari nomor tak dikenal, usahakan tidak berbicara terlalu lama. Hal ini bisa membuatmu menjadi korban selanjutnya. Penipuan via telepon kerap terjadi karena kamu membiarkan si penelopon berbicara sangat lama. Langsung saja menanyakan point atau inti dari pembicaraan. Cara ini menghindari rayuan dan bujukan dari si penipu, membiarkan penelopon berbicara bertele-tela artinya kamu rela dibujuk.

Langsung tutup telepon

MODUS PENIPUAN TERBARU GO-JEK - VLOGritte gritte agatha ©  gritte agatha

Ketika kamu sudah menangkap inti dari pembicaraan si penelopon, langsung saja putuskan sambungan telepon. Apalagi kalau kamu sudah sangat yakin kalau penelopon adalah penipu. Jangan biarkan penelpon mengoceh terlalu lama, jika ingin bersikap sopan kamu bisa mengatakan kalau kamu sedang sibuk. Tapi tak ada salahnya untuk langsung menutup panggilan telepon. Kedua cara ini sangat efektif untuk mencegah penelpon membujuk rayu kamu lebih jauh.

Takuti dengan mengatakan pembicaraan direkam

Video Komedi: Tipe-Tipe Orang Ketika Mengangkat Telepon Duo Harbatah Youtube Channel

Kalau kamu masih belum bisa memutus sambungan telepon dengan cepat. Langsung saja takuti dengan mengatakan kalau pembicaraan direkam. Biasanya penipu akan langsung menutup panggilan tanpa diminta. Menakuti dengan cara ini membuat si penipu gentar karena dengan otomatis identitas si penipu bisa dilacak. Para penipu via telepon profesional paling menghindari reaksi seperti ini dari calon korban.

Modus-modus penipuan seperti ini sudah banyak sekali memakan korban. Tanpa sadar korban memberikan informasi penting misalnya nomer PIN, mentransfer sejumlah uang, memberikan kode password, dan lainnya. Intinya jangan mudah percaya saat mendapat panggilan dari nomor yang tak dikenal.

Selalu waspada dan kalau kamu sudah ragu di awal tidak ada salahnya langsung mematikan telepon. Kamu juga bisa simak video dari Gritte Agatha yang membagikan pengalamannya saat menjadi korban modus penipuan lewat telepon. Gritte juga membagian beberapa tips supaya kamu nggak menjadi korban. Yuk simak video selengkapnya di halaman ini Famous People! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Gritte Agatha Video Tips Gritte Agatha Viral Now
Loading...

MORE
Wave more