×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi!

View Image

0

BRILIO » Personality

Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi!

Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi!

mau mudik lebaran? Simak dulu berberapa tips berikut ini!

(brl/red)

23 / 06 / 2017

Writen by : Famous.id

Tips Aman Mudik Dengan Kendaraan Pribadi!

FAMOUS.ID- Musim mudik telah tiba. Buat para anak rantau biasanya berkumpul bersama sanak-saudara menikmati kebersamaan hari Raya Idul Fitri menjadi momen yang dinanti-nantikan. Saat ini, mudik telah menjadi salah satu tradisi khas lebaran di Indonesia. Ada beragam pilihan cara mudik, mudik dengan transportasi umum atau pribadi. Biasanya, semakin dekat dengan hari raya maka harga tiket juga melambung tinggi dibandingkan dengan tiket di luar hari besar. Tidak heran jika sekarang orang-orang lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Lalu gimana supaya bisa mudik dengan kendaraan pribadi tahun ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan selamat di tujuan?

TIPS MUDIK DENGAN MOTOR cameo project © 2017 famous.id cameo project

1. Periksa Kondisi Kendaraan
Hal utama dan paling penting dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan kamu terlebih dulu. Lakukan cek mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan kamu menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan kamu dan keluarga jika mudik dengan kendaraan pribadi. Untuk mobil, usahakan untuk periksakan mesin, rem, oli, air bag dan roda. Untuk motor, mesin, rem dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik.

2. Hindari Mengangkut Penumpang Melebihi Kapasitas Kendaraan
Untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik, sebaiknya hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan Anda. Pada dasarnya, setiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing. Namun, jika terjadi kelebihan beban, hal ini berpotensi pada keselamatan semua penumpang. Misal untuk sepeda motor, kapasitas normalnya adalah untuk 2 orang, jika Anda memiliki seorang anak kecil yang berusia dibawah 7 tahun, maka berkendara bertiga masih diperbolehkan. Tapi, hal ini berbeda situasinya jika Anda memiliki dua orang anak, kapasitas akan melebihi beban muatan normalnya. Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7-8 orang, maka sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang. Hal ini tidak sehat dan berbahaya untuk keselamatan Anda dan keluarga.

3. Bawa Uang Tunai Yang Cukup
Membawa uang tunai tergolong penting di saat kamu mudik. Sebab, selama perjalanan menuju kampung halaman, nggak selalu ada mesin ATM dan nggak semua toko bisa dibayar dengan kartu debit atau kartu kredit sehingga membawa uang tunai yang cukup adalah sebuah keharusan. Nggak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan. Buatlah perhitungan secara terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan. Hitunglah mulai dari pengeluaran yang besar sampai yang terkecil sekalipun seperti biaya parkir dan biaya buang air di WC umum.

4.Istirahat Saat Kelelahan
Perjalanan yang jauh dan macet akan membuat badan lelah. Jangan paksakan diri untuk terus menyetir jika kalau sudah kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat, misalnya di pom bensin terdekat atau tenda-tenda peristirahatan terdekat. Kembalilah menyetir ketika tubuh sudah kembali fit.

Nah itulah beberapa tips mudik aman dengan membawa kendaraan pribadi. Tetap utamakan keselamaat saat berkendara ya, apalagi dimusim mudik seperti saat ini. Kamu juga bisa simak tips mudik dengan motor dari CameoProject divideo yang ada dihalaman ini Famous People!(non)







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Parodi Cameo Project
Loading...

MORE
Wave more