×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lakukan Ini Jika Terjadi Bullying di Sekitarmu!

View Image

0

BRILIO » Personality

Lakukan Ini Jika Terjadi Bullying di Sekitarmu!

Lakukan Ini Jika Terjadi Bullying di Sekitarmu!

Stop bullying dengan melakukan hal-hal berikut ini!

(brl/red)

19 / 07 / 2017

Writen by : Famous.id

Lakukan Ini Jika Terjadi Bullying di Sekitarmu!

FAMOUS.ID - Bullying atau intimidasi sering menimpa anak-anak dan remaja. Bahkan, baru-baru ini kasus bullying kembali muncul gara-gara sebuah video viral yang memuat aksi bullying yang dilakukan sejumlah mahasiswa pada anak berkebutuhan khusus yang juga berstatus mahasiswa dan juga bullying yang dilakukan siswa SMP. Tapi tahukah kamu? bahayanya bullying rupanya bisa berpengaruh pada kesehatan mental korban mulai dari depresi hingga bunuh diri. Tapi jika itu terjadi pada dirimu, hal-hal ini bisa kamu lakukan saat menjadi korban bully!

1 © wikimedia commons

Minta dukungan

Mintalah dukungan pada orang yang lebih dewasa dari kamu. Orang dewasa yang tepercaya dapat membantumu mengatasi masalah intimidasi yang sering kamu alami. Kamu juga bisa meminta bantuan dari kelompok sosial seperti teman-teman yang menghargaimu, organisasi kampus, atau komunitas yang aware terhadap masalah bullying.

Temukan cara menghadapi bullying

Bila kamu pernah mengalami intimidasi seperti itu berulang kali, kamu bukan hanya memerlukan konseling, tetapi kamu membutuhkan strategi untuk melawan bullying ini. Penulis buku studi Pediatrik, Valerie Earnshaw mengatakan, kamu harus memiliki rencana atau strategi melawan balik bagi para pembully tersebut. Tunjukan bahwa kamu mampu dan mereka tak dapat merundungmu lagi.

Berbicara dengan profesional

Perasaan terintimidasi bisa membawa pada gejala depresi dan memiliki pikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri. Masalah bullying memang bukan masalah enteng. Yang perlu kamu lakukan adalah meminta bantuan dari ahli kesehatan mental atau jasa konsultasi di kampus untuk mendapat informasi tentang efek bullying pada kesehatan mental.

Fokus pada hal positif yang ada di dirimu

Kadangkala ketika seseorang mengalami bullying atau perundungan, dia akan lari pada narkoba, alkohol, rokok, atau yang mengerikan adalah bunuh diri. Earnshaw melanjutkan, agar sebaiknya kamu melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu merasa lebih baik. Misalnya, mendaki gunung dengan teman baik, olahraga, atau menjadi volunteer. Setidaknya, kamu melakukan kegiatan yang membuatmu melupakan tragedi tidak menyenangkan dihidupmu.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat menjadi korban bullying, jangan takut untuk melawannya tapi bukan dengan kekerasan ya. Melaporkan tindakkan bullying yang kamu lihat juga akan membantu. Nggak percaya? Simak video selengkapnya di halaman ini. Yuk mulai dari sekarang stop bullying! (non)






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Trending Now Aulion Bayu Skak Nessie Judge Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more