×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bunuh Diri!

View Image

0

BRILIO » Personality

Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bunuh Diri!

Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bunuh Diri!

Bunuh diri nggak akan menyelesaikan masalah

(brl/red)

27 / 07 / 2017

Writen by : Famous.id

Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bunuh Diri! Lakukan Hal Ini Untuk Mencegah Bunuh Diri!

FAMOUS.ID - Niat bunuh diri biasanya karena memiliki masalah dalam hidupnya, yang dirinya seakan sudah nggak sanggup memikul beban hidup, sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Hal yang memicu seseorang bunuh diri seperti karena depresi sehingga sulit untuk berpikir jernih. Namun, hal itu bisa diatasi dengan rasa peka terhadap orang yang ingin melakukan hal buruk tersebut.

suicide © pixabay

1. Jadilah teman bicara yang baik

Ketika seseorang sedang berada pada masa sulit, maka disinilah kita untuk memberikan perhatian kepadanya, dengan menjadi teman bicara yang baik untuknya. Kamu dapat bertanya tenang kondisi perasaannya, kemudian dengarkan setiap perkataannya dengan baik dan sabar. Seseorang yang menghaapi masa sulit dan berputus asa, maka akan merasa lebih tenang dan bahagia saat memiliki teman bicara yang peduli.

2. Jauhkan barang-barang berbahaya

Untuk orang dekat, usahakan sebisa mungkin menjauhkan benda-benda tajam dari jangkauannya, yang bisa digunakannya untuk bunuh diri. Benda-benda yang perlu dijauhkan seperti pisau, silet, gunting, garpu dan semacamnya. Begitu juga, simpan jauh-jauh obat-obatan dan cairan yang mengandung racun.

3. Selalu memberikan semangat

Jangan pernah lelah untuk memberikan semangat, katakan hal-hal yang bagus dan memotivasi, berikan motivasi yang intinya bahwa dirinya dapat dengan mudah mengatasi masalah yang dihadapi. Kalau bisa sekalian memberikan solusi untuk masalah yang dihadapinya, maka ini sangat bagus untuk mencegah orang bunuh diri. Tanamkan pada benaknya hal-hal yang positif, sehingga dirinya dapat berubah menjadi seseorang yang dapat berpikir positif, yang dapat menyembuhkan masalah depresi. Hindari juga kata-kata yang memicu perdebatan, yang justru membuat mentalnya lebih tertekan.

4. Ajak dirinya bergerak

Masalah stres dan depresi yang dialami seseorang dapat diminimalisir dengan melakukan aktivitas yang memicu semangat, ajak dirinya berolahraga atau jalan-jalan ke taman bermain. Menurut penelitian ahli psikologi, melakukan kegiatan fisik mampu untuk meredakan stres, serta berolahraga (aktivitas fisik) dapat meningkatkan hormon yang membuat seseorang merasa senang. Hal ini sangat baik untuk memperbaiki mood (suasana hati), sehingga berguna untuk meminimalisir keinginannya untuk bunuh diri.

5. Jangan membiarkannya menyendiri terlalu lama
Kondisi orang yang sedang berjiwa labil, stres dan depresi, maka perlu butuh didampingi. Namun, mereka memang akan cenderung menjauhkan diri dari lingkungan sosial. Untuk itu, saatnya kita mengambil peran penting untuk mendekatkan diri kepadanya. Usahakan untuk selalu menemani dia dalam menjalani aktivitasnya, sembari mengucapkan kata-kata yang baik dan memotivasi.

Nah itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan jika mendengar, melihat atau mengetahui seseorang berusaha untuk mengakhiri hidupnya. Selalu berfikir dan melakukan hal-hal yang positif untuk jauh dari pemikiran bunuh diri karena bunuh diri bukanlah solusi. Kamu juga bisa simak pendapat dari Deddy Corbuzier tentang fenomena bunuh diri yang marak belakangan ini divideonya! (non)

Video Tips Keren Lainnya:







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more