×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Body Shaming? Hentikan Sekarang Juga!

View Image

0

BRILIO » Personality

Body Shaming? Hentikan Sekarang Juga!

Body Shaming? Hentikan Sekarang Juga!

Body shaming nggak jauh berbeda dari bullying, sama-sama berdampak buruk lho!

(brl/red)

22 / 07 / 2017

Writen by : Famous.id

Body Shaming? Hentikan Sekarang Juga!

FAMOUS.ID - Komentar tentang penampilan seseorang mungkin dianggap sebagai hal yang wajar, bahkan kita menganggapnya sebagai bentuk keakraban, sekadar basa-basi atau bercanda. Padahal segala bentuk pernyataan negatif mengenai bentuk tubuh dan berat badan seseorang, yang sekarang populer dengan istilah body shaming ternyata termasuk salah satu bentuk bullying. Meskipun nggak berniat jahat, bisa jadi orang yang kita komentari menjadi nggak percaya diri atau bahkan stress karena terbebani dengan julukan atau pendapat orang tentang dirinya. Seorang rang body shamer memang nggak menghargai perbedaan beauty standard yang berbeda untuk setiap orang. Sebelum melakukan body shaminh lebih baik ingat-ingat dulu hal berikut ini!

body shaming © pixabay

 

Body Shaming adalah Kegiatan Nggak Berguna

Komentar tentang bentuk tubuh seseorang, bahkan penampilan fisik kita sendiri adalah hal yang benar-benar nggak bermanfaat. Jangan fokus pada hal-hal yang seharusnya nggak perlu dirisaukan. Melontarkan komentar negatif pada seseorang nggak akan sebanding dengan dampak buruk yang juga akan kita rasakan. Begitu pula dengan terlalu risau dengan kondisi tubuhmu, malah akan membuatmu terdistraksi dari pencapaian-pencapaian lain yang jauh lebih penting.

Penyebab Orang Lain Tidak Bahagia

Apapun bentuk komentar negatif tentang penampilan seseorang baik secara verbal, langsung di depan orang tersebut atau melalui chat dan fitur komentar di media sosial, bisa membuat orang lain nggak bahagia. Karena komentar-komentar tersebut, dia akan merasa ada kekurangan dalam dirinya. Orang yang sering mendapat komentar negatif tentang kondisi fisiknya juga cenderung kehilangan kepercayaan diri dan sulit bersyukur dengan kondisi tubuhnya. Kita tentu nggak mau jadi penyebab hal-hal tersebut, bukan?

Efek Body Shaming yang Fatal

Komentar negatif yang dianggap sepele dilakukan orang-orang di sekitarnya akan mempengarui body image sehingga menganggap kalau nggsk ada yang baik dari dirinya. Menganggap dirinya terlalu gemuk, atau terlalu kurus meskipun sebenarnya sudah punya badan yang idel dan sehat juga akan memicu eating disorder atau kelainan pola makan seperti anoreksia nervosa dan bulimia akibat ketakutan berlebihan dengan penambahan berat badan. Nggak hanya berhenti pada gejala stress atau depresi. Jika seseorang menganggap body shaming pada dirinya berlebihan, mereka bisa melakukan hal buruk seperti bunuh diri lho!

Nah itulah beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum melakukan body shaming. Dari pada sibuk mengomentari penampilan orang lain mendingan nonton video dari Gita Savitri Devi tetang Body Positivity yang akan mengubah pola pikirmu tentang kecantikan penampilan! (non)


DAPATKAN EXCLUSIVE BOX DARI GOOD TO GO






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Inspiratif Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more