×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkuliah di Luar Negeri

View Image

0

BRILIO » Personality

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Berkuliah di Luar Negeri

Puspa Hoose tips kuliah di london

Punya rencana kuliah di luar negeri? Baca ini dulu!

(brl/red)

03 / 02 / 2017

Writen by : Famous.id

Puspa Hoose tips kuliah di london

FAMOUS.ID - Berkuliah di luar negeri menjadi sebuah impian yang dimiliki hampir semua orang. Negara-negara Eropa seperti Prancis, Jerman, dan Inggris menjadi tujuan favorit dari para siswa yang baru saja menyelesaikan sekolahnya. Kuliah di negara lain tentu bukan hal yang mudah, banyak hal dan tantangan baru yang harus dihadapi ketika tinggal di negara lain.

Seorang mahasiswa harus beradaptasi dan memiliki persiapan yang matang terlebih dahulu sebelum memulai kuliah di luar negeri. Untuk kamu yang punya rencana untuk berkuliah di Eropa khususnya Inggris, kreator Puspa Hoose punya 5 tips yang akan berguna nih buat kamu!

1. Perkirakan lokasi kampus dan tempat tinggal

kampus wikimedia.org

Hal yang harus pertama dipersiapkan sebelum pindah ke tempat baru adalah mengetahui lokasi universitas tempat kamu berkuliah. Dengan mengetahui daerah kampus baru kamu, menentukan tempat tinggal akan menjadi lebih mudah. Karena aktivitas sehari-hari kamu nanti akan selalu berhubungan dengan urusan kuliah, carilah tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dengan kampus. Selain untuk mempemudah pergerakan kamu, hal ini juga akan membantu kamu dalam menghemat pengeluaran sehari-hari.

2. Sharing tempat tinggal dengan orang lain

house sharing http://mountpleasantgranary.net/blog/images/full-house.jpg

Mencari tempat tinggal sementara di luar negeri tidak semudah mencari tempat kost atau rumah kontrak di Indonesia. Puspa Hoose membagi pengalamannya dalam mencari tempat tinggal di London, Inggris. Ketika pertama kali berkuliah, Puspa sangat kebingungan dengan kultur house sharing yang ada di London. House sharing atau berbagai rumah dengan orang lain menjadi sebuah hal yang wajar terjadi di London. Hal ini disebabkan karena biaya sewa tempat tinggal yang sangat tinggi sehingga dengan membagi rumah dengan orang lain atau mahasiswa lainnya, biaya pengeluaran akan lebih ringan. Dalam house sharing ini, perlahan kamu juga akan memiliki teman-teman baru karena mau tidak mau kamu harus mengenal orang-orang yang tinggal bersama dalam satu rumah tersebut. Tips yang tidak kalah penting ketika menyewa rumah adalah membaca baik-baik kontrak yang diberikan oleh si penyewa rumah. Jangan sampai kamu tidak teliti membaca dan akhirnya terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Transportasi

transportasi wikimedia.org

Untuk kamu yang sebelumnya terbiasa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, kamu harus mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan sistem transportasi di luar negeri. Memiliki sebuah kendaraan pribadi di luar negerui merupakan hal yang cukup sulit. Banyak sekali proses yang harus dilakukan mulai dari harga kendaraan yang mahal, tes surat izin mengemudi yang sulit, hingga biaya administrasi yang tidak murah. Oleh karena itu, di luar negeri kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta. Selain itu, berjalan kaki juga menjadi hal yang harus kamu nikmati sehari-harinya. Untuk mencapai stasiun atau tempat pemberhentian bus, tentunya kamu harus membiasakan diri untuk berjalan kaki. Awalnya memang akan terasa berat, tapi lama kelamaan kamu pasti akan terbiasa dan secara tidak langsung juga akan memiliki tubuh yang lebih sehat dari sebelumnya.

4. Membuka rekening bank

bank flickr.com

Membuka rekening bank di negara tempat kamu berkuliah menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan. Dengan melakukan hal ini, berbagai transaksi antar negara akan menjadi lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan bank asal Indonesia. Menggunakan bank lokal juga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti potongan biaya administrasi atau kartu atm tertelan. Ketika berkuliah di London, Puspa Hoose membagi pengalamannya dalam membuat rekening bank London. Hal yang pertama harus dilakukan adalah meminta surat rekomendasi dari universitas untuk diberikan ke bank tempat membuat rekening. Biasanya pihak bank akan membutuhkan surat ini untuk membuat rekening bagi para mahasiswa dari luar London. Mendapatkan rekening bank juga kita harus memiliki kesabaran untuk menunggu. berbeda dengan bank di Indonesia yang akan selesai dalam satu hari, untuk mendapatkan rekening, pin, dan kartu atm di bank London memakan waktu hingga 1 minggu.

5. Hindari membawa pakaian terlalu banyak

koper flickr.com

Menjelang waktu keberangkatan, kebanyakan orang menganggap pakaian adalah hal penting yang perlu dibawa ke tempat tinggal baru. Akibatnya, koper dan tas dipenuhi dengan berbagai pakaian yang ternyata tidak banyak dipakai di tempat tujuan. Untuk kamu yang akan pergi berkuliah di Eropa, sebaiknya hindari membawa pakaian terlalu banyak. Iklim dan udara di negara Eropa didominasi oleh suhu yang lebih dingin dibandingkan dengan suhu Indonesia. Hampir semua pakaian yang dibawa dari Indonesia merupakan pakaian jenis musim panas yang akhirnya tidak terpakai ketika sampai di negara tujuan. Ketika berangkat, sebaiknya membawa pakaian seadanya saja karena kita bisa membeli pakaian baru di tempat tujuan nanti.

Nah itu dia 5 tips berkuliah di luar negeri dari Puspa Hoose! Semoga bisa jadi bekal untuk kamu yang punya rencana berkuliah di luar negeri ya Famous People! (nfl)

Video Tips Keren Lainnya:

Loading...






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Tips Puspa Hoose
Loading...

MORE
Wave more