Brilio.net - Inovasi unik dilakukan sebuah kafe di Jepang. Kafe bernama Henn Na yang berada di Shibuya Ward Tokyo itu tidak mempekerjakan seorang barista untuk melayani pembeli, melainkan menggunakan robot. Kafe dengan barista robot ini mulai beroperasi pada awal Februari ini.

Agen perjalanan H.I.S. Co mengatakan, robot barista di kafe Shibuya ini merupakan buatan Amerika Serikat yang dilengkapi dengan layar untuk menunjukkan ekspresi wajah. Robot ini juga bisa mengeluarkan suara untuk menyapa pelanggan. "Halo. Apakah Anda ingin kopi nikmat?" tanya mesin itu dalam bahasa Jepang seperti dilansir dari japantimes.co.jp, Kamis (1/2).

robot barista Istimewa

foto:  japantimes.co.jp

Untuk memesan minuman, pelanggan terlebih dahulu harus membeli tiket di mesin penjual otomatis. Robot kemudian memindai kode QR pada tiket untuk memproses pesanan.

Barista robot meraih secangkir kertas dan memindahkannya ke mesin kopi sebelum menekan tombol start. Robot kemudian menempatkan minuman yang sudah selesai di meja resepsionis.

robot barista Istimewa

foto:  japantimes.co.jp

Untuk membuat secangkir kopi seharga 320 yen Jepang atau sekitar Rp 39.000 butuh waktu 3-4 menit Robot juga bisa membuang biji kopi dan filter bersih.

Inovasi ini menambah panjang daftar pelayanan yang menggunakan robot di Jepang. Sebelumnya, sebuah hotel di Sasebo, Prefektur Nagasaki, Hotel Henn Na mengoperasikan robot dinosaurus sebagai front office untuk menyambut para tamu. Penggunaan robot ini menjadi solusi kekurangan tenaga kerja di Jepang, di mana sekarang ini banyak warganya berusia tua.