×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ternyata Bermain Games Itu Bermanfaat Lho! Ini Penjelasan Ilmiahnya

View Image

0

BRILIO » Entertainment

Ternyata Bermain Games Itu Bermanfaat Lho! Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ternyata Bermain Games Itu Bermanfaat Lho! Ini Penjelasan Ilmiahnya

Siapa disini yang hobi main games?

(brl/red)

08 / 09 / 2017

Writen by : Famous.id

Ternyata Bermain Games Itu Bermanfaat Lho! Ini Penjelasan Ilmiahnya

FAMOUS.ID- Hobi main game? Tapi sering dimarahi orang tua? Kamu perlu meyakinkan orangtuamu atau berpikir ulang jika nanti punya anak, sudut pandang soal video game. Karena video game itu bukan penyebab "kekacauan" yang selama ini ditakuti oleh orang-orang. Nggak hanya menyenangkan, ternyata peneliti juga membuktikan bahwa bermain video game memiliki banyak manfaat. Segala hal yang positif. Nggak percaya? Berikut ini ada 4 fakta ilmiah tentang manfaat bermain games!

MAKAN NIH KADO SEJUTAK - Cat Mario IV Stage 4 reza okovian © reza okovian

Meningkatkan penglihatan

Hal ini mungkin sangat bertentangan dengan apa yang dikatakan oleh orang tua kita. Namun faktanya, bermain game dapat melatih otak kamu untuk melihat lebih baik. Orang-orang yang rutin bermain game justru malah bisa melihat tulisan atau detil-detil yang lebih kecil ketimbang orang-orang yang tidak pernah bermain game. Plus, mereka yang biasa bermain game juga lebih baik dalam melihat tingkat ketajaman warna, seperti Black atau Gray level.

Memperbaiki konsentrasi

Hal ini juga mungkin bertentangan dengan asumsi kalangan awam yang mengatakan bahwa bermain game akan menyulitkan otak kita untuk berkonsentrasi. Ternyata, penelitian membuktikan bahwa bermain game dapat meningkatkan konsentrasi pikiran kamu. Mereka-mereka yang rutin bermain game dapat lebih mudah fokus dan mengerjakan suatu hal dengan lebih cepat karena sudah terbisa memusatkan perhatian pada hal atau objek-objek tertentu.

Membantu penderita diseleksia 

Video game yang memang awalnya ditujukan untuk anak kecil akhirnya benar-benar bisa membantu anak kecil. Pada tahun 2013, penelitian yang dipublikasi di Cell menginvestigasi efek dari berbagin game action, dapat membantu anak berusia 7-13 tahun dengan disleksia dapat membaca lebih cepat, tanpa kehilangan akurasi. Hasilnya sama dan bahkan lebih baik dari terapi membaca tradisional, yang memakan lebih banyak waktu dan kurang menyenangkan. Para peneliti berpikir bahwa kecepatan reaksi yang harus diberikan dalam game action dapat membantu anak-anak untuk meningkatkan daya fokusnya, walaupun belum diuji.

Meningkatkan kapasitas memori

Dalam penelitian tahun 2015 di The Journal of Neuroscience, para peneliti dari University of California, merekrut 69 partisipan dan meminta sepertiga dari mereka memainkan Super Mario 3D selama 2 minggu, sepertiganya lagi memainkan Angry Birds dan sisanya gak memainkan apapun. Para peneliti menyatakan bahwa stimulasi 3D sangat berdampak pada seseorang. Mereka yang memainkan Mario terbukti lebih baik dalam menyelesaikan penugasan memori, sedangkan yang lainnya menunjukkan nggak ada perkembangan atau kemajuan sebelum bermain. Kesimpulan para peneliti adalah para pemain secara spesifik memilih video game dengan grafis 3D komples untuk performa yang lebih baik.

Itulah 4 fakta ilmiah tentang maanfaat bermain games. Buat kamu yang masih awam dengan game, boleh banget dicoba lho. Semua manfaat di atas hanya bisa didapatkan jika kamu bermain sewajarnya. Ingat, segala yang berlebihan itu nggak bagus, buat kesehatan, sosial, dan segalanya. Masih penasaran? Yuk simak ulasan selengkapnya tentang manfaat bermain games dari Deddy Corbuzier divideo yang ada dihalaman ini Famous People!(non)






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Viral Now
Loading...

MORE
Wave more