×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Hoax Terbesar yang Menghebohkan Dunia!

View Image

0

BRILIO » Entertainment

5 Hoax Terbesar yang Menghebohkan Dunia!

5 Hoax Terbersar yang Menghebohkan Dunia!

Kemajuan teknologi yang ada saat ini memang memungkinkan untuk dengan mudah menebar berita hoax

(brl/red)

18 / 06 / 2017

Writen by : Famous.id

5 Hoax Terbersar yang Menghebohkan Dunia!

FAMOUS.ID - Hoax adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah kabar bohong. Dari sekedar joke sampai ingin populer, seseorang membuat sebuah kabar bohong dan disebar ke publik. Banyak hoax yang langsung terbantahkan, namun ada juga yang bertahan dan menyebar ke seluruh dunia dan diyakini sebagai berita valid.
Hoax pertama yang tercatat dalam sejarah adalah dipublikasikannya penanggalan palsu yang meramalkan kematian seorang astrolog pada tahun 1709.

Dengan tujuan membuat malu sang astrolog, berita bohong yang dibuat oleh Jonathan Swift tersebut tersebar dan membuat Astrolog John Partridge berhenti membuat ramalan bintang selama 6 tahun. Dari sekian banyak berita hoax yang tersebar, ada 5 hoax yang berhasil membuat terkecoh jutaan orang karena mengira kabar itu benar!

1. Penampakan Peri

5 HOAX TERBESAR YANG SEMPAT BIKIN GEMPAR DUNIA ! DAFTAR 5 © DAFTAR 5

Deretan foto yang diambil antara tahun 1917 dan 1921 di Cottingley, Inggris, memperlihatkan dua orang gadis berusia 10 dan 16 tahun tampak bermain-main dengan sekumpulan peri. Dunia kala itu geger, foto-foto ini dianggap sebagai bukti nyata keberadaan peri dan kurcaci. Bahkan, pengarang tokoh Sherlock Holmes, Sir Arthur Conan Doyle, percaya kalau foto itu asli dan membantu menyebarkannya ke publik. Setelah bertahan selama 60 tahun, Frances dan Elsie, dua anak yang berfoto bersama peri, akhirnya membuat pengakuan kalau foto peri tersebut palsu.

2. Manusia Piltdown

5 HOAX TERBESAR YANG SEMPAT BIKIN GEMPAR DUNIA ! DAFTAR 5 ©  DAFTAR 5

Teori Evolusi Charles Darwin menyebutkan manusia dulunya berasal dari hewan. Namun tak ada satu pun bukti fosil yang menunjukkan adanya mahluk dengan bentuk antara atau peralihan dari hewan ke bentuk manusia. Karenanya, teori Darwin hanya sebatas teori tanpa bukti. Di tahun 1912, seorang arkeolog amatir, Charles Dawson mengklaim telah menemukan sisa mahluk purba yang diyakini sebagai rantai evolusi antara primata dan manusia yang hilang. Dunia terhentak, bukti kalau manusia bernenek moyang hewan akhirnya ditemukan. Para pengusung teori Darwin pun berada diatas angin. Penipuan Dawson akhirnya terungkap 40 tahun kemudian ketika ilmuwan memastikan bahwa Manusia Piltdown tak lebih dari gabungan dari Tengkorak manusia abad pertengahan dengan rahang orangutan. Teori Darwin pun kembali menjadi teori tanpa bukti.

3. Monster Loch Ness

5 HOAX TERBESAR YANG SEMPAT BIKIN GEMPAR DUNIA ! DAFTAR 5 ©DAFTAR 5

Monster Loch Ness disebut sebagai hoax paling populer di dunia. Pada tahun 1934, Koran Daily Mail menerbitkan foto pertama dari hewan mistis yang diambil ahli bedah London, Dr. Wilson. Publikasi tersebut mengejutkan seluruh dunia, namun akhirnya pada 1994 foto bukti adanya monster dipastikan palsu. Namun hingga kini, keyakinan akan kejujuran Dr. Wilson dan mitos indah tentang monster tersebut tetap dipercaya banyak orang.

4. Microsoft Membeli Gereja Katolik Vatikan

5 HOAX TERBESAR YANG SEMPAT BIKIN GEMPAR DUNIA ! DAFTAR 5 © 2017 famous.id

Pada 1994, sebuah kabar menyebar di dunia maya. Menyebut bahwa raksasa internet Microsoft telah membeli Gereja Katolik.MICROSOFT Corp. dan Vatikan mengumumkan bahwa raksasa perangkat lunak dari Redmon akan mengakuisisi Gereja Katolik Roma sebagai dalam pertukaran saham MICROSOFT untuk jumlah yang tidak ditentukan. Jika kesepakatan dihasilkan, maka ini adalah kali pertamanya perusahaan komputer-sofware mengakuisisi sebuah agama besar dunia," demikian kabar yang beredar.

5. Horor Amityville

5 HOAX TERBESAR YANG SEMPAT BIKIN GEMPAR DUNIA ! DAFTAR 5 © 2017 famous.id

Sebuah tempat tinggal menjadi TKP pembunuhan massal. Pemilik rumah, Ronald DeFeo, Jr menembak mati 6 anggota keluarganya. Bangunan itu lalu jadi rumah kosong. Lalu, 13 bulan kemudian, George Lutz dan keluarganya pindah ke rumah yang beralamat di 112 Ocean Avenue, Amityville itu pada tahun 1976. Mereka hanya bertahan 28 hari, konon karena diteror serangkaian peristiwa aneh: pintu depan yang tiba-tiba terbanting sendiri, tempat tidur anak-anak bergerak naik dan turun secara misterius. Lalu, sebuah buku yang mengklaim berdasarkan kisah nyata beredar. Tentang rumah hantu itu. Judulnya, 'The Amityville Horror - A True Story'. Pada tahun 1979, pengacara lokal muncul mengaku sebagai pihak yang mengarang cerita-cerita itu, dengan bayaran beberapa botol anggur. Sejak keluarga Lutz membiarkan rumah tersebut pada 1976, para pemilik selanjutnya melaporkan bahwa tidak ada masalah dengan mereka, tidak ada kesulitan selama mereka tinggal di sana.

Nah itulah beberapa hoax yang sempat menggemparkan dunia. Kemajuan teknologi yang ada saat ini memang memungkinkan untuk dengan mudah menebar hoax. Maka dari itu telitilah sebelum kamu membagikan informasi khususnya di internet. Kamu juga bisa simak ulasan tentang hoax yang menggegerkan dunia di video yang ada dihalaman ini Famous People! (non)

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Unik Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more