×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Fakta Menarik Tentang Mummy yang Mungkin Belum Kamu Tahu

View Image

0

BRILIO » Entertainment

5 Fakta Menarik Tentang Mummy yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Fakta mumi

Ternyata mumi bisa ditemukan nggak cuma di Mesir lho!

(brl/red)

30 / 05 / 2017

Writen by : Famous.id

Fakta mumi

FAMOUS.ID - Kamu pasti sudah tidak asing dengan film The Mummy, yang sekuel terbarunya akan segera rilis di tahun ini. Film tentang mayat hidup yang dibalut dengan perban ini sudah sangat populer dan dikenal oleh masyarakat dunia. Tetapi, apa kamu tahu apa itu mumi sebenarnya? Baca 5 fakta menarik tentang mumi di bawah ini ya!

1. Mumi di Mesir adalah mayat raja yang diawetkan

Watchmojo.com WatchMojo.com Youtube Channel

Budaya Mesir kuno mempercayai ketika seorang raja meninggal, roh dari sang raja akan pergi menjelajah ke dunia lain. Untuk menjaga agar rohnya bebas, jasad dari sang raja ini harus dijaga agar tidak hancur. Hal inilah yang memunculkan proses mumifikasi di Mesir.

2. Piramida dibuat untuk melindungi mumi para raja

Watchmojo.com WatchMojo.com Youtube Channel

Piramida merupakan salah satu keajaiban dunia yang paling dikenal di dunia. Pada awalnya, piramida dibuat untuk melindungi jasad para raja yang diawetkan. Dengan kata lain, piramida merupakan sebuah makam untuk para raja.

3. Tidak hanya jasad manusia yang dijadikan mumi

Watchmojo.com WatchMojo.com Youtube Channel

Di Mesir, tidak hanya jasad para raja yang diawetkan menjadi mumi. Proses membuat mumi juga banyak dilakukan pada hewan, terutama kucing. Menurut sejarahnya, kucing dianggap sebagai hewan yang suci dan dipercaya dapat membawa nasib baik. Tidak sedikit mumi para raja Mesir yang dikubur bersama kucing peliharaannya.

4. Kain pembalut mumi ternyata terbuat dari kertas bekas

Watchmojo.com WatchMojo.com Youtube Channel

Banyak anggapan mumi dibuat dengan balutan bahan-bahan mahal dan berharga. Tetapi, setelah dilakukan berbagai penelitian mengenai mumi, ternyata kain pembalut mumi diambil dari bahan semacam kertas kuno yang banyak digunakan. Para ilmuwan mencoba untuk meneliti bahan yang digunakan pada mumi, hingga akhirnya ditemukan bahwa kertas yang digunakan sebagai pembalut mumi merupakan kertas dengan tulisan kuno.

5. Mumi ditemukan tidak hanya di Mesir

Watchmojo.com WatchMojo.com Youtube Channel

Selama ini kita beranggapan bahwa mumi hanya dapat ditemukan di peradaban Mesir kuno. Tetapi ternyata mumi ditemukan di berbagai daerah di seluruh dunia. Menurut kabar, mumi tertua pernah ditemukan di kawasan Amerika Selatan yang dipercaya dibuat pada 5.000 tahun sebelum masehi. Selain itu, ditemukan juga mumi di daerah Tiongkok yang berusia lebih dari 4.000 tahun.

Kamu bisa tonton fakta tentang mumi lainnya di video pada halaman ini ya Famous People! (nfl)

Baca juga:

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Unik Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more