×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
VIDEO: Benar Atau Salah Indonesia Pernah Dijajah Selama 350 Tahun?

View Image

0

BRILIO » Discover

VIDEO: Benar Atau Salah Indonesia Pernah Dijajah Selama 350 Tahun?

Kok Bisa

Temukan jawabannya dalam video ini

(brl/red)

25 / 01 / 2018

Writen by : Famous.id

VIDEO: Benar Atau Salah Indonesia Pernah Dijajah Selama 350 Tahun? Kok Bisa

FAMOUS.ID - Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno, pernah menyampaikan dalam pidatonya jika bangsa ini pernah dijajah selama 350 tahun oleh bangsa asing. Hal tersebut juga didukung oleh beberapa buku pelajaran sejarah yang membenarkan perihal lamanya penjajahan yang sudah dilakukan.

Tapi pernahkah bertanya dengan sejarah tersebut apakah memang benar selama itu Indonesia pernah dijajah? Padahal nama Indonesia sendiri baru resmi digunakan sesudah proklamasi tahun 1945. Lantas dari manakah angka 350 tahun tersebut bisa didapatkan dan dihitung?

Sebuah penelitian dari sejarah hukum dan kolonial menyatakan jika Indonesia sebetulnya tidak pernah dijajah selama itu. Hal ini dibuktikan oleh seorang ahli hukum keturunan Belanda dan Jawa yang memberitahukan jika datangnya penjajah ke Nusantara pada tahun 1596 sebetulnya hanya berdagang rempah-rempah saja.

Bukan menguasai ataupun memerintah bangsa ini sejak awal kedatangan mereka. Namun pada tahun 1602 baru lah penjajah mendirikan suatu organisasi yang bertujuan untuk bisa menguasai dengan mengerahkan pasukan bersenjata agar misi mereka berhasil.

Jika dihitung lagi dengan benar ketika awal mula penjajahan dimulai dari tahun 1602 sampai 1945, totalnya pun tidak sampai 350 tahun hanya 343 tahun saja. Bahkan pada masa tersebut nama Indonesia saat itu pun masih bernama Hindia Timur atau Hindia Belanda.

Ketika Presiden Soekarno menyampaikan hal tersebut dalam pidatonya makna yang sesungguhnya dari penjajahan 350 tahun bisa diartikan untuk membangkitkan semangat rakyat Indonesia agar mau bersatu demi memperjuangankan kemerdekaan dari masa penjajahan.

Jadi Indonesia pernah dijajah selama 350 tahun itu nyatanya tidak benar! Berikut informasi lebih lengkapnya lagi lewat audio visual dari Kok Bisa? channel yang bisa kamu lihat untuk mengetahui lebih lengkap lagi tentang sejarah masa penjajahan yang sebetulnya. (zie)







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Kok Bisa Trending Now
Loading...

MORE
Wave more