×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Terjadi 152 Tahun Lalu, Ini 5 Fakta Fenomena Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018!

View Image

0

BRILIO » Discover

Terjadi 152 Tahun Lalu, Ini 5 Fakta Fenomena Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018!

Gerhana bulan

Fenomena ini merupakan fenomena yang terjadi 150 tahun sekali!

(brl/red)

31 / 01 / 2018

Writen by : Famous.id

Gerhana bulan

FAMOUS.ID - Pada tanggal 31 Januari 2018, kita dapat menyaksikan fenomena alam spesial, yaitu gerhana bulan total yang dibarengi dengan fenomena supermoon, dan bluemoon. Fenomena ini termasuk dalam kejadian yang sangat spesial karena sangat jarang terjadi. Berikut ini 5 fakta tentang gerhana bulan total yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 ini!

1. Gabungan 3 fenomena alam

Kok Bisa Kok Bisa Youtube Channel

Gerhana bulan yang akan terjadi pada 31 Januari 2018 ini merupakan sebuah fenomena yang cukup langka, karena gerhana terjadi saat bulan berada dalam keadaan supermoon dan bluemoon. Fenomena supermoon terjadi ketika bulan purnama berada dalam jarak terdekat dengan bumi, sehingga ukuran bulan terlihat lebih besar dan lebih terang dari biasanya. Sedangkan bluemoon adalah bulan purnama yang terjadi 2 kali dalam satu bulan kalender.

2. Terakhir kali terjadi 152 tahun yang lalu

Kok Bisa Kok Bisa Youtube Channel

Fenomena ini merupakan fenomena yang sangat langka. Bahkan hal serupa terakhir kali terjadi pada tanggal 31 Maret 1866 atau 152 tahun yang lalu. Kalau kamu melewatkan fenomena ini, kamu harus menunggu 1,5 abad lagi untuk melihatnya kembali!

3. Bisa dilihat di sebagian besar bagian bumi

Kok Bisa Kok Bisa Youtube Channel

Berbeda dengan fenomena gerhana matahari yang hanya dapat dilihat di area terbatas, gerhana bulan dapat dinikmati oleh lebih banyak orang di bumi. Waktunya pun relatif lebih lama dibandingkan gerhana matahari.

4. Dapat dilihat di seluruh bagian Indonesia

Kok Bisa Kok Bisa Youtube Channel

Jika langit tidak mendung, kita bisa melihat fenomena langka ini dari seluruh wilayah Indonesia. Waktunya pun sesuai dengan waktu yang berlaku di tiap daerah. Gerhana total akan semakin terlihat ketika malam semakin gelap.

5. Aman dilihat mata telanjang

Kok Bisa Kok Bisa Youtube Channel

Fenomena ini pun aman untuk dilihat dengan mata telanjang. Tetapi, jika kamu ingin melihatnya lebih jelas lagi, kamu bisa coba menggunakan teropong bintang untuk menjadi saksi fenomena langka ini!

Simak penjelasan lengkapnya dari channel Kok Bisa di halaman ini. Siap-siap ya, jangan sampai kelewatan gerhana bulan total hari ini, karena peristiwa ini akan menjadi pengalaman sekali seumur hidup Famous People! (nfl)

Baca Juga:

Loading...






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Viral Now Video Pengetahuan
Loading...

MORE
Wave more