×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Penting Banget, Inilah 5 Tips Color Grading dalam Editing Video dari E

View Image

0

BRILIO » Discover

Penting Banget, Inilah 5 Tips Color Grading dalam Editing Video dari E

Ezra Mcgaiver Color Grading

Color grading merupakan salah satu teknik yang penting dalam editing video

(brl/red)

09 / 06 / 2018

Writen by : Famous.id

Ezra Mcgaiver Color Grading

FAMOUS.ID - Dari banyak fitur editing video, fungsi color grading atau pewarnaan menjadi fitur yang penting untuk diperhatikan. Dengan menggunakan teknik ini, sebuah video bisa memberikan sebuah pesan dan kesan berbeda dari sebelumnya. Untuk kamu yang ingin belajar dan memahami color grading, kreator asal Semarang Ezra McGaiver menjelaskan dasar-dasar teknik ini dalam video terbarunya. Berikut ini 5 hal yang perlu diperhatikan dalam teknik color grading!

1. Adjustment layer

Ezra McGaiver Ezra McGaiver Youtube Channel

Hal pertama yang harus kamu kenali untuk melakukan color grading adalah adjustment layer. Hal ini berfungsi untuk menambahkan layer untuk menampung efek yang dapat diaplikasikan ke beberapa bagian video. Hal ini dapat mempermudah kamu untuk memberikan efek pada banyak video tanpa harus melakukan hal yang sama berulang-ulang.

2. Jenis efek color grading

Ezra McGaiver Ezra McGaiver Youtube Channel

Dalam aplikasi editing Premiere Pro, terdapat 3 efek color grading yang sering digunakan. Ezra sendiri juga sering menggunakan 3 efek ini, yaitu lumetri color, color balance (HLS), dan three-way color corrector. Ketiga efek ini memiliki fungsi yang sama untuk pewarnaan gambar namun dengan teknik yang sedikit berbeda.

3. Gunakan Luts

Ezra McGaiver Ezra McGaiver Youtube Channel

Luts atau preset adalah sebuah template pengaturan dalam color grading. Dengan menggunakan preset yang sudah tersedia, kamu tidak perlu melakukan color grading dari awal dan hanya perlu menyesuaikan warna dari template yang sudah diaplikasikan. Banyak sekali para kreator yang membuat preset color grading yang bisa diunduh secara gratis di internet.

4. Pencahayaan yang cukup

Ezra McGaiver Ezra McGaiver Youtube Channel

Peraturan yang harus diperhatikan dalam teknik color grading adalah pastikan footage video yang akan diwarnai memiliki pencahayaan yang cukup. Apabila sebuah video memiliki cahaya yang kurang baik, maka pewarnaan akan memberikan efek yang buruk dan terlihat aneh. Sebaliknya, ketika pencahayaan cukup, kamu bisa mewarnai gambar yang sudah direkam sesuka hati.

5. Selera

Ezra McGaiver Ezra McGaiver Youtube Channel

Hal terakhir yang dibutuhkan dalam teknik color grading adalah selera. Tidak ada aturan jelas bagaimana color grading yang bagus dan menarik. Semua hal tersebut bergantung pada selera dari seseorang. Setiap orang tentu memiliki selera berbeda yang tidak dapat diungkapkan dengan gamblang. Maka dari itu, perbanyak berlatih, perbanyak referensi, dan berkreasi secara bebas dalam pewarnaan video kamu!

Sudah siap untuk mencoba color grading? Tonton langsung penjelasan lengkap dalam video Ezra McGaiver di halaman ini! (nfl)







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Ezra McGaiver Video Tutorial Video Pengetahuan Video Tips Ezra Pradipta
Loading...

MORE
Wave more