×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ngeri! Inilah 5 Lubang Raksasa Misterius Paling Menyeramkan

View Image

0

BRILIO » Discover

Ngeri! Inilah 5 Lubang Raksasa Misterius Paling Menyeramkan

Ngeri! Inilah 5 Lubang Raksasa Misterius Paling Menyeramkan

Beberapa diantaranya terbentuk secara alami dan ada pula buatan manusia

(brl/red)

04 / 12 / 2017

Writen by : Famous.id

Ngeri! Inilah 5 Lubang Raksasa Misterius Paling Menyeramkan

FAMOUS.ID - Banyak fenomena menarik yang ada diberbagai belahan bumi. Lubang raksasa salah satunya, lubang yang ada di permukaan bumi cukup membuat ngeri siapapun yang melihatnya. Tapi anehnya ada saja orang yang merasa penasaran dan malah masuk ke dalam lubang untuk melihat ada apa di dalamnya. Lubang-lubang raksasa berikut ini ada yang alami terbentuk oleh alam ada pula yang dibuat oleh tangan manusia. Seperti 5 lubang misterius di bumi berikut ini!

1. Kawah Gas Garwaze

AWAS KESEDOT! 5 LUBANG RAKSASA PALING MENYERAMKAN DI DUNIA ! daftar  5 © daftar  5

Kawah yang terletak di dekat kota kecil Darvaz di Uzbekistan ini dikenal juga sebagai pintu menuju neraka atau gerbang neraka. Disebut gerbang neraka karena lubang ini diselimuti oleh api yang terus menyala tanpa henti selama lebih dari 35 tahun. Lubang dengan diameter sekitar 70 meter dan kedalaman 20 meter ini pada awalnya merupakan tambang gas alam yang runtuh dan membentuk kawah besar. Runtuhan tersebut kemudian mengeluarkan gas metana yang dapat memicu kebakaran sehingga para ahli geologi membakar gas tersebut agar tersebut tidak menyebar ke pemukiman.

2. Lubang Dam Monticello

AWAS KESEDOT! 5 LUBANG RAKSASA PALING MENYERAMKAN DI DUNIA ! daftar  5 © daftar  5

Lubang yang satu ini terletak di bendungan Monticello dan dibuat secara sengaja oleh manusia sebagai saluran air agar air danau tidak meluber keluar. Secara teknis luang ini dinamakan Morning Glory Spillway namun warga sekitar lebih terbiasa dengan nama Glory Hole. Lubang ini dibangun bersamaan dengan bendungan Monticello pada tahun 1953 dan 1957. Cara kerja lubang di tengah bendungan ini adalah saat air di bendungan melebihi kapasitas maka lubang ini akan berfungsi sebagai saluran pembuangan air. Lubang berupa pipa beton bulat ini mampu menguras air sebanyak lebih dari 20.000 meter kubik air per detik. Lubang ini juga sekaligus menjadi lubang maut setelah ada pemuda nekad berenang di dalam bendungan dan tersedot masuk ke dalam lubang pada tahun 1997.

3. Giant Blue Hole – Belize

AWAS KESEDOT! 5 LUBANG RAKSASA PALING MENYERAMKAN DI DUNIA ! daftar  5 © daftar  5

Satu lubang di tengah laut yang lain dapat ditemui di Belize. Lubang ini berada tepat di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil yang berjarak 70 km dari daratan Belize City. Lubang ini terbentuk saat zaman es dimana lubang tersebut masih berada di daratan. Kemudian ketika zaman es berakhir permukaan laut mulai naik dan mengisi lubang tersebut. Giant Blue Hole berbentuk lingkaran dengan kedalaman 124 meter dan lebar 300 meter. Lubang ini merupakan bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System dan telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Kini lubang menganga di lepas pantai ini menjadi terkenal setelah penyelam terkenal Jacques Cousteau mengatakan jika ini adalah salah satu lokasi scuba diving paling keren di dunia.

4. Ice Cube Neutrino Observatory Hole – Antartika

AWAS KESEDOT! 5 LUBANG RAKSASA PALING MENYERAMKAN DI DUNIA ! daftar  5 © daftar  5

Ice Cube Neutrino Observatory Hole merupakan sebuah lubang buatan manusia yang ada di Antartika. Lubang-lubang ini jumlahnya sangat banyak di sana, ada sekitar 86 lubang. Lubang ini berbeda dengan lubang dalam daftar di mana proses pembentukannya tidak terjadi secara alami melainkan dibuat oleh manusia dengan cara mengebornya. Para peneliti menggunakan pipa air panas sebagai bor untuk membuat lubang di lapisan es Antartika tersebut. Kedalaman lubang ini berkisar antara 1.000 hingga 2.500 meter. Tujuan dari pembuatan lubang ini adalah untuk mengamati neutrino, sebuah partikel netral yang berasal dari luar tata surya. Untuk mengamati pertikel ini para peneliti menempatkan Teleskop South Pole di dalam lubang.

5. City Sinkhole – Guatemala

AWAS KESEDOT! 5 LUBANG RAKSASA PALING MENYERAMKAN DI DUNIA ! daftar  5 ©daftar  5

Lubang berikutnya terjadi secara tiba-tiba di sebuah kawasan perkotaan dan menjadi salah satu bencana kala itu. Bencana ini terjadi tahun 2010, saat itu sebuah lubang raksasa terbentuk secara tiba-tiLubang berukuran lebar 20 meter dan dalam 100 meter ini terbentuk di tengah perkotaan tepatnya di Guatemala City Zona 2. Tragedi itu menelan sebuah pabrik besar berlantai tiga masuk kedalam lubang. Di perkirakan lubang menganga itu terjadi akibat beberapa faktor seperti badai tropis Agatha, letusan gunung berapi Pacaya, dan kebocoran dari pipa saluran pembuangan.

ITulah 5 lubaang raksasa misterius paling menyeramkan di dunia. Walaupun beberapa orang mengatakan bahwa lubang-lubang tersebut adalah tempa yang menarik untuk dijelajahi namun sebagian besar orang pasti setuju kalau sebaiknya manusia menjauh dari lubang-lubang tersebut demi keselamatan. Yuk simak ulasan selengkapnya tentang lubang misterius divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id video misteri Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more