×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ngeri! Inilah 4 Wabah Penyakit Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

View Image

0

BRILIO » Discover

Ngeri! Inilah 4 Wabah Penyakit Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Ngeri! Inilah 4 Wabah Penyakit Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

Wabah ini menyebabkan jutaan jiwa melayang!

(brl/red)

13 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

Ngeri! Inilah 4 Wabah Penyakit Paling Mematikan Sepanjang Sejarah

FAMOUS.ID - Sepanjang sejarah dunia, berbagai penyakit telah bermunculan dan nggak sedikit yang telah menjadi penyebab banyaknya kematian hingga saat obatnya ditemui. Lebih dari jutaan jiwa melayang akibat serangan virus ini. Berikut ulasan selengkapnya 4 wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah!

1. Asiatic Kolera

5 WABAH PENYAKIT PALING MEMATIKAN SEPANJANG SEJARAH daftar 5 1 © daftar 5

Penyakit Asiatic Cholera yang sering disebut dengan nama penyakit kolera telah menewaskan 40 juta jiwa di India pada tahun 1817 dan 1860. Penyakit ini menyerang sepanjang Sungai Gangga dan merebak di Calcutta secara besar-besaran. Penyakit kolera yang menyerang saluran pencernaan disebabkan oleh bakteri vibrio cholerae yang masuk ke dalam tubuh melalui air minum yang terkontaminasi oleh sanitasi yang tidak benar ataupun dari konsumsi ikan yang tidak dimasak dengan baik. Ciri utama yang bisa dikenali yaitu feses yang encer seperti air cucian beras dan berbau amis. Orang yang terjangkit kolera biasanya memiliki gejala diare, perut keram, mual-mual hingga muntah dan akhirnya dehidrasi yang menyebabkan kematian.

2. Flu Spanyol

5 WABAH PENYAKIT PALING MEMATIKAN SEPANJANG SEJARAH daftar 5 ©daftar 5

Berikutnya adalah penyakit yang lebih mematikan dari perang dunia yang kemudian dikenal sebagai flu Spanyol dan menyebabkan sekitar 50 juta orang meninggal di seluruh dunia di antara Maret 1918 sampai Juni 1920. Penyakit yang menyebar di Amerika Serikat ini kemudian muncul di Afrika barat dan Perancis selalu meraba ke seluruh dunia. Flu Spanyol disebabkan oleh virus influenza tipe a subtype H1 N1 akan membuat orang yang menderita mengalami gejala seperti flu biasa ditambah menggigil dan kelelahan parah. Para dokter yang membedah bagian dada korban flu Spanyol dikagetkan dengan kondisi paru-paru korban. Jika biasanya paru-paru ringan dan lentur, flu Spanyol menyebabkan paru-paru menjadi berat seperti spon yang penuh air yang tersumbat cairan darah. Setelah dua atau tiga hari terjangkit flu Spanyol biasanya wajah korban akan berubah menjadi ungu pucat seperti mayat karena kehabisan nafas menjelang ajal.

3. Wabah Justinian

5 WABAH PENYAKIT PALING MEMATIKAN SEPANJANG SEJARAH daftar 5 ©  daftar 5

Wabah penyakit paling mematikan yang selanjutnya adalah wabah justinian yang muncul di era kekaisaran Bizantium sekitar tahun 541. Meski nggak terdata secara pasti namun para ahli kesehatan memperkirakan korban dari wabah penyakit Justinian mencapai 100 juta jiwa di seluruh dunia dengan rata-rata 5 orang meninggal dunia setiap harinya. Wabah yang kemudian dikenal dengan nama Plague of Justinian ini disebabkan oleh mikroba bakteri Yersinia Pestis yang disebarkan oleh hewan pengerat seperti tikus. Gejala yang biasa terjadi adalah demam berhari-hari yang setelahnya akan memunculkan lepuhan besar bernanah pada kulit tubuh orang yang terjangkit hingga kemudian disfungsi orang yang menyebabkan kematian. Sebagai informasi nama wabah Penyakit ini berasal dari Kaisar Roma Timur yang saat itu amat berkuasa yakni Justinianus.

4. Black Death

5 WABAH PENYAKIT PALING MEMATIKAN SEPANJANG SEJARAH daftar 5 © daftar 5

Black Death atau Black Plague yang bermula di Asia Selatan dan menyebar ke Eropa pada tahun 1348 sampai 1351. Diperkirakan korban jiwa dari seluruh dunia karena Penyakit ini mencapai sekitar 75 juta hingga 200 juta jiwa. wabah penyakit Black Death muncul melalui tiga varian penularan yang pertama dan paling umum adalah varian PES dengan pembengkakan sebesar telur ayam hingga sebesar buah apel di leher ketiak ataupun pangkal paha. Pada varian ini biasanya manusia mampu bertahan hidup satu minggu setelah terjangkit. varian penularan kedua yaitu pneumonia yang menyerang sistem pernapasan dari hembusan udara orang yang menderita Black Death dan hanya membuat si korban bertahan hidup satu atau dua hari saja. Varian ketiga yaitu Septicemia yang menyerang sistem peredaran darah di mana korban akan mengalami kerusakan pada kulit dan jaringan di bawahnya yang bisa menyebabkan kematian dalam waktu 4 hari sampai 1 minggu setelah infeksi.

Itulah empat wabah penyakit paling mematikan sepanjang sejarah dunia. Meskipun setelahnya penyakit tersebut sudah tidak menyebar atau pun masih ada tapi bisa ditangani. Sudah menjadi kewajiban kita semua menjaga kesehatan agar terhindar dari penyakit yang berbahaya. Yuk simak penjelasan lengkapnya tentang wabah memarikan divideo yang ada di halaman ini! (non)

Video Discover Keren Lainnya:

Loading...





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan
Loading...

MORE
Wave more