×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Miris, Inilah Perjuanan Anak di Dunia Untuk Pergi ke Sekolah!

View Image

0

BRILIO » Discover

Miris, Inilah Perjuanan Anak di Dunia Untuk Pergi ke Sekolah!

Miris, Inilah Perjuanan Anak di Dunia Untuk Pergi Ke Sekolah!

Indonesia sendiri aslinya tidak sendirian dalam hal ketidakmerataan pendidikan ini

(brl/red)

10 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

Miris, Inilah Perjuanan Anak di Dunia Untuk Pergi Ke Sekolah!

FAMOUS.ID - Di kota, fasilitas pendidikan begitu terjamin, nyaman, dan aksesnya mudah. Sedangkan di daerah-daerah, jangankan sekolah mewah yang punya lab ini-itu, menuju sekolah saja bagai perjuangan hidup dan mati. Kita tengok di daerah pedalaman, masih ada yang harus menyebrangi sungai deras atau melewati jembatan yang nyaris putus. Indonesia sendiri aslinya tidak sendirian dalam hal ketidakmerataan pendidikan ini. Ternyata ada beberapa negara yang mengalami hal serupa. Berikut adalah negara-negara yang para pelajarnya berjuang hebat hanya untuk pergi ke sekolah!

1. Perjuangan Anak Trong Hoa, Vietnam, Mencapai Sekolah

Inilah Perjuangan Anak di Dunia Berangkat Sekolah the shiny peanut © the shiny peanut

Trong Hoa adalah salah satu distrik di Vietnam yang bisa dibilang sama seperti daerah pelosok Indonesia. Masalahnya pun juga sama yakni infrastruktur yang masih belum diperhatikan oleh pemerintah. Hal ini pun menyebabkan susahnya akses yang berdampak buruk pula terhadap anak-anak yang ingin menuju sekolah mereka. Mereka tak punya pilihan lain selain menyebrangi sungai yang cukup deras dan dalam ini untuk menuju sekolah yang ada di seberang. Tantangannya, bukan hanya air yang dalam. Di musim penghujan seperti sekarang, debit air makin tinggi belum termasuk juga hewan-hewan yang ada di dalamnya, seperti ular. Makanya tak heran jika anak-anak Trong Hoa jago berenang. Bukan karena hobi, tapi ini yang memang harus mereka lakukan jika ingin bersekolah.

2. Anak di Yerusalem Bertaruh Nyawa

Inilah Perjuangan Anak di Dunia Berangkat Sekolah the shiny peanut ©  the shiny peanut

Di tempat ini konflik hampir setiap saat terjadi demonstrasi berupa lemparan batu, gas air mata, dan pukulan-pukulan. Sebagian anak-anak takut pergi ke sekolah, namun sebagian lain tetap semangat menuntut ilmu walaupun situasinya sangat buruk, bahkan bagi kita yang sudah dewasa ini. Gambar di atas adalah potret bagaimana perjuangan anak-anak Yerusalem bersekolah. Langkahnya sangat mantap meskipun kita tahu hati anak-anak ini luar biasa takutnya. Namun, hal ini mereka perjuangkan demi kehidupan yang lebih baik di kemudian hari. Sehingga mereka perjuangkan sesulit apa pun untuk pergi ke sekolah. Masih kepikiran bolos setelah lihat ini?

3. Mendaki Gunung Perjuangan Sehari-Hari Bocah Bijie, China

Inilah Perjuangan Anak di Dunia Berangkat Sekolah the shiny peanut ©  the shiny peanut

Hiking naik turun gunung memang aktivitas yang asyik banget untuk dilakukan. Tapi, maukah melakukan ini setiap hari? Memang pemandangannya bakal bagus, tapi kaki bisa-bisa copot dan tak rupa bentuknya. Kira-kira begitu emosi yang dirasakan oleh bocah-bocah asal Bijie, China. Percaya atau nggak, hampir setiap hari mereka harus naik turun gunung hanya untuk pergi ke sekolah. Tak hanya capek ketika berjalan, mereka juga dihadapkan dengan jurang-jurang terjal di sisi-sisi gunung. Sekali saja anak-anak ini oleng karena capek, mungkin itulah perjalanan terakhir mereka.

4. Perjuangan Bocah Manila Menyeberangi Sungai Deras

Inilah Perjuangan Anak di Dunia Berangkat Sekolah © the shiny peanut

Ada satu pemandangan unik dari anak-anak Provinsi Rizal, Manila, ketika mereka pergi ke sekolah. Ya, tak hanya membawa tas, mereka juga membawa sebuah ban berukuran besar. Bukan untuk bermain, tapi ini yang mereka butuhkan untuk bisa ke sekolah. Anak-anak ini harus menyeberangi sungai sangat deras untuk menuju sekolah mereka yang ada di seberang. Jangan tanya bagaimana rasanya, karena foto di atas sudah cukup menjelaskan perasaan mereka. Tak hanya harus melewati sungai deras mematikan itu, sebelum mencapai sungai setidaknya mereka harus berjalan selama satu jam.

5. Anak di Kolombia Naik Flying Fox

Inilah Perjuangan Anak di Dunia Berangkat Sekolah the shiny peanut © the shiny peanut

Jika kamu bergetar ketakutan ketika main flying fox, maka bayangkan jika berada di posisi gadis kecil ini. Bisa-bisa langsung pingsan saking ekstremnya. Seorang bocah dari pedalaman hutan Kolombia ini harus menaiki flying fox tersebut agar bisa menuju sekolahnya lebih cepat. Nggak terbayangkan bagaimana ngerinya ia ketika meluncur dengan kecepatan 80 kilometer per jam di atas kabel ini. Sebenarnya ada jalur alternatif lain yaitu lewat hutan. Sayangnya, itu akan memakan waktu lama, belum lagi risiko yang didapatkan juga besar. Meskipun meluncur dengan kabel tersebut juga sama mematikannya kalau selip dan terjatuh. Bahkan makin miris lagi ketika kita tahu bahwa masih banyak siswa yang punya akses mudah ke sekolah tapi masih suka bolos, pacaran, tawuran, mabuk, pakai obat-obatan terlarang dan sebagainya.

Itulah beberapa perjuangan anak di dunia untuk pergi ke sekolah. Anak-anak di atas dan termasuk saudara-saudara kita yang di perbatasan dan minim fasilitas, menangis karena tidak bisa bersekolah dengan layak. Sehingga karena alasan itulah, mereka gigih tetap pergi ke sekolah meskipun perjalanan itu bisa saja jadi yang terakhir. Buat kamu yang masih penasaran bisa simak ulasan selengkapnya tentang perjuangan anak di dunia untuk pergi ke sekolah di video yang ada di halaman ini! (non)

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Viral Now
Loading...

MORE
Wave more