×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Miris! Inilah 4 Fakta Memilukan Penambang di Papua

View Image

0

BRILIO » Discover

Miris! Inilah 4 Fakta Memilukan Penambang di Papua

Miris! Inilah 4 Fakta Memilukan Penambang di Papua

Inilah sisi lain kehidupan penambang di Papua

(brl/red)

23 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

Miris! Inilah 4 Fakta Memilukan Penambang di Papua Miris! Inilah 4 Fakta Memilukan Penambang di Papua

FAMOUS.ID - Papua dikenal dengn keindahan dan kekayaan alamnya. Tentu saja tambang emas di Papua memang menjadi incaran beberapa negara. Gimana nggak, jumlah emas di sana adalah yang paling banyak di dunia. Tapi sayang, sampai sekarang tambang emas itu dikeruk oleh negara lain. Di balik kekayaan yang belimpah yang dihasilkan, ternyata banyak warga lokal yang mungkin bisa dibilang jadi “korban”. Karena hasil yang dibagi oleh perusahaan tambang sangat sedikit,banyak warga lokalnya yang jadi pendulang emas ilegal. Berikut fakta tentang para penambang di Papua.

1 © wikimedia

Warga lokal butuh pekerjaan

Meskipun kekayaannya dikeruk oleh perusahaan besar, namun demikian hanya sedikit yang didapatkan oleh warga lokal. Bayangkan saja, dari keseluruhan pekerja di tambang, hanya 30 persen yang diberikan oleh jatah warga lokal. Alhasil banyak warga Papua yang harus merantau untuk bekerja, atau malah jadi penambang ilegal. Hingga baru akhir-akhir ini ada sebuah titik terang bagi mereka, ya, para penambang diberikan jarah 50 % jumlah pekerja dari keseluruhan yang ada di sana.

Hanya mendapat sisa-sisa kekayaan si gunung emas

Hampir 200 ribu ton limbah harus dialirkan di areal sungai Aikwa setiap harinya. Dari “Limbah” itulah sebagian mata pencaharian para warga sekitar diperoleh. Dengan mengais “Sisa-sisa” emas, warga sekitar berburu menggunakan ayakan dan alat seadanya hanya untuk mendulang uang. Tak jarang dari perburuan mereka pada limbah emas itu dalam satu hari sekitar 500 ribu dapat mereka kantongi, namun itu bila beruntung. Namun hal ini pastinya tidak bisa dibandingkan dengan para penambang yang menggunakan alat canggih dalam mengeruk keuntungan yang dalam satu harinya bisa sampai sekitar 10 juta.

Keadaan alam jadi korbannya

Limbah emas mungkin memang menjadi bukit uang bagi sebagian orang, namun sayangnya hal itu juga berupa pedang bermata dua. Ya, beberapa limbah yang mengandung raksa diketahui mencemari bentangan alam sekitar. Sungai Aikwa yang tiap harinya dialiri oleh emas makin hari makin dangkal dan menyempit. Dasar sungai mulai rusak dan berakibat makin menipisnya populasi ikan di sana. Hal itu pastinya menjadi sebuah masalah sendiri bagi para nelayan di sekitar sungai Aikwa. Belum lagi carut marut hutan yang mungkin juga terkena dampak dari limbah hasil tambang emas.

Perusahaan yang kaya dan rakyat menderita

Jika ditengok dari sumber dayanya, tambang emas di Timika bisa dibilang adalah salah SDA paling kaya di muka bumi ini. Bayangkan saja, tambang Gasberg merupakan sumber emas paling banyak di dunia ini dan juga mengandung cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia. Jadi bukan hal yang aneh kalau setiap bulan per tahun bisa mencapai lebih dari 900 Triliun. Namun sayang hanya sedikit yang didapatkan oleh warga lokal, alhasil mereka harus jadi penambang ilegal untuk mengais sisa-sisa dari keuntungan yang sebagian besar diambil oleh perusahaan besar.

Itulah beberapa fakta tentang penambangan yang terjadi di Papua. Sebenarnya nasib saudara kita para penambang ilegal di Timika juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Memang sangat disayangkan kalau sumber daya alam sebesar itu malah dimanfaatkan oleh pihak asing. Semoga dimasa mendatang Indonesia bisa lebih mensejahterakan penduduknya dari sambang sampai merauke ya, Famous People! (non)

Discover Video Lainnya:

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Trending Now
Loading...

MORE
Wave more