×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Merinding! Inilah 4 Sungai Terseram di Indonesia

View Image

0

BRILIO » Discover

Merinding! Inilah 4 Sungai Terseram di Indonesia

Merinding! Inilah 4 Sungai Terseram di Indonesia

Selain terkenal dengan keindahanya beberapa sungai di Indonesia ini terkenal seram!

(brl/red)

15 / 06 / 2017

Writen by : Famous.id

Merinding! Inilah 4 Sungai Terseram di Indonesia

FAMOUS.ID - Indonesia memiliki banyak sungai namun yang terpanjang adalah Sungai Kapuas dengan menempuh jarak 1.143 km melintasi daerah-daerah di Kalimantan. Sungai besar di Indonesia ini sangat membantu masyarakat sekitar, terutama untuk pembangkit listrik dan juga perairan. Sayangnya, dalam beberapa kesempatan, sungai ini justru kerap meminta tumbal nyawa manusia. Banyaknya korban yang meninggal di sungai akibat banjir, hanyut atau mungkin bunuh diri, membuat sungai jadi angker. Banyak warga menjuluki sungai-sungai ini sangat angker hingga wajib dijauhi. Kalau nggak, sungai akan meminta korban nyawa dengan sangat banyak. Inilah daftar sungai paling angker di Indonesia yang wajib diwaspadai!

1. Sungai Musi

4 SUNGAI TERSERAM DI INDONESIA!! #POJOKMISTERI crack an egg © crack an egg

Sungai Musi terletak di Palembang, Sumatra Selatan. Sungai ini membelah Palembang menjadi dua bagian dan dihubungkan oleh Jembatan Ampera. Sungai terpanjang dan terbesar di Sumatra ini ternyata dikenal suka meminta tumbal manusia. Biasanya setiap tahun selalu saja ada korban yang meninggal. Rata-rata korban meninggal akibat terpeleset atau hanyut ketika sedang asyik memancing. Warga sekitar mempercayai jika di dalam Sungai Musi terdapat hantu yang mirip sekali dengan siamang. Tubuhnya besar dan memiliki rambut yang banyak. Biasanya hantu yang disebut dengan Antu Banyu ini kerap membunuh manusia yang kebetulan jatuh ke sungai. Biasanya Antu Banyu akan memberikan lendir-lendir pada tangga hingga membuat si korban gampang tercebur. Korban Antu Banyu biasanya ditemukan 1-2 hari kemudian dengan mengambang di air. Biasanya bagian belakang kepala akan berlubang dan isi kepalanya habis. Warga sekitar sungai meyakini jika Antu Banyu memakan otak korbannya dan membuat ia langsung meninggal di dalam air.

2. Bengawan Solo

4 SUNGAI TERSERAM DI INDONESIA!! #POJOKMISTERI crack an egg  ©crack an egg

Bengawan Solo termasuk sungai purba yang ada di Indonesia, terutama di Pulau Jawa. Setidaknya sungai ini telah terbentuk sejak 4 juta tahun yang lalu. Sungai ini memiliki hulu dari dua pegunungan yang berbeda, pertama dari Ponorogo dan yang kedua dari Wonogiri. Bengawan Solo adalah sungai yang dikenal sangat dalam dan kerap meluap jika hujan turun dengan deras selama berhari-hari. Dalam setahun, sungai ini memakan lebih dari 30 orang menurut BNPB . Rata-rata korban adalah seseorang yang memancing di pinggiran sungai. Lalu saat banjir datang mereka segera terseret gelombang yang sangat besar.

3. Sungai Brantas

4 SUNGAI TERSERAM DI INDONESIA!! #POJOKMISTERI crack an egg ©  crack an egg

Sungai Brantas adalah sungai terpanjang kedua di Jawa setelah Bengawan Solo. Sungai ini bersumber di Batu, Jawa Timur lalu menyebar di beberapa wilayah seperti Malang, Blitar, Kediri, Mojokerto, hingga Tulungagung. Sungai ini memiliki aliran yang tenang di permukaan, namun sangat deras di dalam sungai. Hal inilah yang membuat banyak orang tenggelam karena menganggap sungai sangat tenang. Dalam sejarahnya Sungai Brantas selalu meminta tumbal manusia. Biasanya mereka adalah orang yang suka memancing atau menjaring ikan. Kecelakaan seperti terpeleset hingga tergulung banjir kerap membuat korbannya kalap tak bernyawa. Sungai ini dikenal sangat angker. Bahkan kawasan di sekitar sungainya saja selalu dijadikan tempat makhluk halus untuk tinggal.

4. Sungai Kapuas

4 SUNGAI TERSERAM DI INDONESIA!! #POJOKMISTERI crack an egg © crack an egg

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Kalimantan dan Indonesia. Sungai ini banyak sekali memberi keuntungan bagi warga-warga yang berada di sekitarnya. Banyak sekali festival-festival besar yang diadakan di sini. Hal ini membuktikan jika sungai ini sangat penting meski dalam beberapa kesempatan suka sekali meminta tumbal manusia. Rata-rata korban yang meninggal adalah anak-anak yang kerap bermain di sekitar sungai. Mereka biasanya memancing atau mandi tanpa tahu bahaya yang mengancamnya. Dalam setahun, sungai ini selalu meminta tumbal nyawa. Kejadian yang terus berulang ini membuat banyak orang di Kalimantan menyebut sungai ini sebagai sungai yang sangat angker. Bahkan pada hari-hari tertentu, sungai ini selalu diberi semacam sesajen agar tidak mengamuk dan membuat bencana yang lebih dahsyat. Kejadian terakhir yang memakan banyak korban di Sungai Kapuas terjadi pada Desember 2015 lalu. Sekitar 10 orang ditemukan meninggal saat speedboat yang ditumpangi terbalik lalu hanyut di dalam Sungai Kapuas.

Inilah 4 sungai terseram di Indonesia yang juga banyak memakan korban jiwa. Benar atau nggak tentang keangkeran sungai, kita sudah seharusnya hati-hati berada di dekat alirannya. Masih penasaran dengan sungai terseram di Indonesia? Kamu bisa simak ulasan dari Crack An Egg di video berikut ini! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Crack An Egg Crack An Egg Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more