×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengenal Mata Uang Unik Dari Berbagai Belahan Dunia!

View Image

0

BRILIO » Discover

Mengenal Mata Uang Unik Dari Berbagai Belahan Dunia!

Mengenal Mata Uang Unik Dari Berbagai Belahan Dunia!

bukan hanya terbuat dari kertas dan koin, ternyata batu juga bisa menjadi pengganti uang lho!

(brl/red)

03 / 07 / 2017

Writen by : Famous.id

Mengenal Mata Uang Unik Dari Berbagai Belahan Dunia!

FAMOUS.ID- Hingga saat ini, uang digunakan sebagai alat pembayaran di seluruh dunia. Bank-Bank sentral di masing-masing negara beramai-ramai mencetak uang yang sesuai dengan kebutuhan untuk menunjang kegiatan perekonomian di negaranya masing-masing. Namun ternyata, ada beberapa negara yang menyisakan sebuah kisah unik dibalik mata uang yang digunakan sebagai alat penukar atau pembayaran. Ada yang digunakan pada zaman dulu, bahkan ada juga yang masih digunakan hingga sekarang. Penasaran? Berikut ulasannya!

Uang Pecahan Terbesar, Hungaria

Mata Uang Terunik Di Dunia! crack an egg ©crack an egg

Salah satu negara di Benua Eropa ini pernah memegang rekor sebagai negara dengan pecahan mata uang terbesar di dunia, lho. Karena, Hungaria pernah mencetak uang kertas bernominal 100 juta triliun (100 kuintiliun) Pengo di tahun 1946. Pada saat itu, jika dikonversi, jumlahnya hanya sekitar US$20 sen. Uniknya, karena jumlah nol terlalu banyak, bank sentral batal mengedarkan uang tersebut.

Uang Kumpulan Voucher, Vietnam

1 ©pixabay

Di tahun 70-an, Vietnam sempat mengeluarkan uang yang hanya bisa digunakan untuk membeli pakaian atau perlengkapan lainnya. Bentuknya didesain seperti kumpulan voucher. Jika pengin menggunakannya, kita tinggal memotong uang tersebut sesuai dengan harga barang yang diinginkan.

Uang Batu, Kepulauan Solomon

2 © wikimedia commons

Di Pulau Yap, Kepulauan Solomon, kita akan menemukan uang terunik di dunia. Bentuknya lingkaran berdiameter 3,6 meter dan tebal 0,5 meter. Uang ini dibentuk dari batu Rai, sejenis batu kapur, dan dipakai sebagai alat transaksi pada zaman dulu. Selain itu, masyarakat di sekitar Pulau Yap juga menyucikan batu ini.

Uang Koin dengan Air Suci, Republik Palau

3 ©pixabay

Negara kepulauan di Samudera Pasifik ini pernah mencetak koin perak bergambar Bunda Maria. Diedarkan pada tahun 2007, koin ini bertulisan Ave Maria Laurdes. Uniknya, koin ini juga dilengkapi bonus botol kecil berisi mata air suci dari Grotto, Prancis. Lucu!

Itulah beberapa mata uang unik di dunia, mulai dari bentuk dan nominalnya yang nggak wajar menjadi keunikan tersendiri saat bertransaksi. Penasaran dengan mata uang unik di dunia lainnya? Yuk simak ulasan dari Crack an Egg divideo yang ada dihalaman ini!(non)

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Crack An Egg Crack An Egg Video Pengetahuan Must See
Loading...

MORE
Wave more