×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Mengejutkan! Inilah 5 Dokumen Hoax yang Berhasil Menipu Dunia

View Image

0

BRILIO » Discover

Mengejutkan! Inilah 5 Dokumen Hoax yang Berhasil Menipu Dunia

Mengejutkan! Inilah 5 Dokumen Hoax yang Berhasil Menipu Dunia

Sejak zaman dulu, hoax sudah ada dan merugikan umat manusia

(brl/red)

26 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

Mengejutkan! Inilah 5 Dokumen Hoax yang Berhasil Menipu Dunia Mengejutkan! Inilah 5 Dokumen Hoax yang Berhasil Menipu Dunia

FAMOUS.ID - Hoax atau berita palsu ternyata nggak hanya ada di zaman modern seperti saat ini. Ternyata sejak jaman dulu, hoax sudah ada dan merugikan umat manusia. Beberapa perang dan pembantaian yang dilakukan penguasa pun ada yang bermula dari hoax. Akibat dari kabar palsu ini, jutaan jiwa melayang sia-sia, yang tinggal hanya trauma. Seperti 5 dokumen hoax yang sangat besar pengaruhnya bagi dunia!

1. Protocol Zionis

CaptureBanyak yang Tertipu, Inilah 10 Dokumen Palsu Yang Berhasil Menipu Dunia ytcrash © ytcrash

Dokumen ini pertama kali diterbitkan di Rusia. Isinya tentang pokok pikiran anti-Semit yang dimiliki oleh bangsa Yahudi. Dengan pikiran ini, katanya, bangsa Yahudi berencana mengambil alih dunia. Meskipun telah terbukti sebagai sebuah buku yang hoax pada tahun 1921, namun 'protokol bangsa Yahudi' ini menjadi dasar bagi rezim berkuasa saat itu untuk membinasakan kaum Yahudi.

2. Memoir dari Mr. Hempher

CaptureBanyak yang Tertipu, Inilah 10 Dokumen Palsu Yang Berhasil Menipu Dunia ytcrash © ytcrash

Dokumen ini merupakan sebuah memoir dari seorang agen rahasia Inggris, Hempher. Isinya tentang upaya Inggris untuk menyusup ke dalam kekaisaran Turki, atau Ottoman Empire. Inggris diceritakan menginflitrasi secara halus dengan menjauhkan orang Islam dari agamanya. Nggak cuma itu, dokumen ini pun menyebut soal ajaran Wahabi yang disuarakan oleh keluarga Kerajaan Saudi, yang diduga menyebarkan paham terorisme. Catatan buku ini pun dikutip oleh Saddam Husein untuk menyerang Arab Saudi.

3. Tanaka Memorial

CaptureBanyak yang Tertipu, Inilah 10 Dokumen Palsu Yang Berhasil Menipu Dunia ytcrash ©  ytcrash

Tanaka Memorial ditulis oleh seorang perdana menteri pada masa Kaisar Hirohito, Baron Tanaka Giichi. Isinya tentang strategi Jepang dalam menguasai dunia. Namun diketahui, memoar ini palsu, hoax. Namun buku tersebut terlanjur dikutip dimana-mana dan dipercaya dimana-mana sehingga menimbulkan ketegangan di masanya.

4. Yellowcake Uranium

CaptureBanyak yang Tertipu, Inilah 10 Dokumen Palsu Yang Berhasil Menipu Dunia ytcrash © ytcrash

Intelijen militer Italia menemukan dokumen dan informasi yang berkaitan dengan impor Yellowcake Uranium dari Nigeria untuk Iraq. Negara Sadam Husein ini akan menggunakannya sebagai senjata pemusnah massal. Informasi ini diterima oleh CIA, dan dilanjuti oleh pemerintahan Bush untuk menjatuhkan kekuasaan Sadam dan meluluhlantakkan Iraq. Padahal informasi dari intelijen Italia itu bohong.

5. Donation of Constantine

CaptureBanyak yang Tertipu, Inilah 10 Dokumen Palsu Yang Berhasil Menipu Dunia ytcrash © ytcrash

Dokumen kekaisaran ini menyatakan otoritas Romawi dan bagian barat kekaisaran Romawi untuk tunduk dibawah Paus. Dasar pemerintahan yang selama ini dipakai di Italia selama berabad-abad akhirnya runtuh. Padahal dokumen ini kemudian diketahui palsu. Namun meski diketahui palsu dan bukanlah karya dari kekaisaran, Paus tetap menjalankannya tanpa ada perlawanan berarti.

Itulah beberapa dokumen hoax yang berhasil menipu dunia. Banyak cara dilakukan untuk seseorang demi mendapatkan kekuasaan. Terkadang juga perlu menggunakan taktik yang direncanakan dengan matang salah satunya adalah dengan menyebarkan dokumen hoax seperti kasus di atas. (non)

Kantong lagi kering tapi pengen nonton JICOMFEST???

Daripada mencibir itu dosa, mending sobri ikut games MENCABIR alias Mencari Bibir. yang beruntung akan mendapat tiket JICOMFEST gratis !

ikut kuis!






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Viral Now
Loading...

MORE
Wave more