×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Menakjubkan! Inilah 5 Kota Legenda yang Hilang dan Telah Ditemukan

View Image

0

BRILIO » Discover

Menakjubkan! Inilah 5 Kota Legenda yang Hilang dan Telah Ditemukan

Menakjubkan! Inilah 5 Kota Legenda yang Hilang dan Telah Ditemukan

Disebabkan karena berbagai hal, seperti bencana alam atau perang besar, beberapa wilayah peradaban pun harus hilang

(brl/red)

22 / 01 / 2018

Writen by : Famous.id

Menakjubkan! Inilah 5 Kota Legenda yang Hilang dan Telah Ditemukan

FAMOUS.ID - Dari penelusuran jejak-jejak sejarah manusia di bumi, diperkirakan bahwa dulunya manusia hidup dengan cara berpindah-pindah tempat. Peradaban manusia tentunya tidak lepas dari pasang-surut. Disebabkan karena berbagai hal, seperti bencana alam atau perang besar, beberapa wilayah peradaban pun harus hilang begitu saja dengan meninggalkan sedikit sekali jejak-jejak yang sebenarnya masih bisa ditelusuri.

Sebagian kalangan beranggapan bahwa daerah-daerah yang hilang itu bisa saja mitos belaka, namun sebagian orang lainnya masih percaya bahwa tempat-tempat itu mungkin saja benar-benar ada. Di bawah ini, kamu bisa baca beberapa ulasan tentang kota-kota legendaris yang pada awalnya masih nggak dipercaya keberadaannya oleh sebagian masyarakat. Namun, berkat perjuangan para arkeolog mencari bukti identitas manusia yang terangkum dalam sejarah, mereka pun berhasil menemukan kota-kota tersebut!

1. Helike

Mengherankan Bukan 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Keberadaanya last teacher © last teacher

Nama kota ini disebut-sebut dalam mitologi Yunani seperti halnya Atlantis. Menurut mitos itu, kota ini menjadi rata hanya dalam waktu satu malam karena amukan Poseidon sang Dewa Laut yang dikenal dalam cerita rakyat Yunani. Helike hancur pada tahun 373 SM. Sejak saat itu, kota ini hanya meninggalkan cerita yang dituturkan secara turun-temurun sampai pada akhirnya reruntuhan kota ini berhasil ditemukan pada tahun 1980. Menurut para arkeolog, kota ini hancur karena gempa besar yang memicu tsunami sehingga akhirnya kota ini tenggelam di bawah air. Kota ini terletak di bagian barat Yunani.

2. Xanadu

Mengherankan Bukan 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Keberadaanya last teacher ©last teacher

Kota ini merupakan tempat peristirahatan musim panas kekaisaran Mongolia di bawah pemerintahan Kubilai Khan. Dulunya, kota ini merupakan tempat yang sangat indah. Saat Marco Polo berkunjung ke kota ini pada tahun 1275, Kubilai Khan pun mengatakan kepadanya bahwa kota ini dihiasi oleh bangunan-bangunan yang bagaikan berkah bagi kekaisaran yang dipimpinnya. Sayangnya, kota ini hancur-lebur karena diserang oleh Dinasti Ming pada tahun 1369. Kota yang sudah menjadi reruntuhan ini terletak di Cina.

3. Sigiriya

Mengherankan Bukan 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Keberadaanya last teacher © last teacher

Pada abad ke-5, Raja Kashyapa dari Sri Lanka mencetuskan bahwa tempat terbaik untuk membangun kerajaannya adalah karang besar setinggi 200 meter yang terletak di Distrik Matale. Saat ini, Kota Sigriya sudah dijadikan sebagai tempat wisata yang mengharuskan para pengunjungnya untuk membayar uang masuk sekitar 400 ribu rupiah dalam mata uang Indonesia. Kastil yang dulunya terletak di sana kabarnya merupakan salah satu kastil terindah di seluruh dunia. Maka dari itu, wajar saja jika UNESCO menobatkan kota ini sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia.

4. Heracleion

Mengherankan Bukan 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Keberadaanya last teacherMengherankan Bukan © last teacher

Di kota legendaris ini, terdapat kuil yang merupakan tempat penobatan Cleopatra. Kota ini tenggelam di bawah air sekitar 1.000 tahun yang lalu. Dulunya, kota ini merupakan pusat perdagangan yang cukup penting di Mesir sebelum akhirnya kota ini lenyap dan sempat dianggap mitos seperti halnya Kota Atlantis. Namun, pada tahun 2001, sekelompok arkeolog tidak sengaja menemukan kota ini saat mereka tengah mencari kapal perang Perancis yang karam. Penemuan itu berupa patung-patung raksasa Firaun, 64 kapal kuno, peti-peti mati, koin-koin emas, serta temuan-temuan lainnya yang membuktikan keberadaan kota tersebut.

5. La Ciudad Blanca

Mengherankan Bukan 9 Kota Hilang Yang Berhasil Ditemukan Keberadaanya last teacher © last teacher

La Ciudad Blanca atau Kota Putih yang dikenal juga dengan nama Kota Hilang Sang Dewa Monyet terletak di bagian timur Honduras. Pada tahun 1939, seorang penjelajah bernama Theodore Morde mengaku bahwa dia telah menemukan kota legendaris ini dan membawa sejumlah artefak ke Amerika Serikat sebagai bukti. Morde diceritakan oleh para pribumi tentang patung dewa monyet berukuran raksasa yang terkubur di sana. Namun, masyarakat setempat enggan memberitahukan lokasi tepatnya karena mereka takut artefak legendaris itu akan dijarah dan dibawa pergi dari tempat aslinya. Akhirnya, pada tahun 2012, ditemukanlah sebuah komplek luas yang merupakan bagian dari kota hilang tersebut.

Itulah lima kota hilang yang telah ditemukan kembali berkat para arkeolog yang kesulitan menghentikan rasa haus mereka akan bukti-bukti peradaban manusia pada masa lampau. Sebenarnya, masih ada banyak lagi loh kota-kota legendaris yang telah ditemukan tapi belum diteliti secara lebih lanjut mengenai sejarah di dalamnya. Nah buat kamu yang masih penasaran bisa simak ulasan selegkapnya divideo yang ada di halaman ini, Famous People! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more