×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ketindihan Saat Tidur Hanya Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

View Image

0

BRILIO » Discover

Ketindihan Saat Tidur Hanya Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Ketindihan Saat Tidur Hanya Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Saat tidur seringkali manusia mengalami gangguan atau biasanya disebut dengan ketindihan

(brl/red)

06 / 02 / 2018

Writen by : Famous.id

Ketindihan Saat Tidur Hanya Mitos? Ini Penjelasan Ilmiahnya!

FAMOUS.ID - Tidur adalah salah satu cara untuk mengistirahatkan badan dan fisik. Saat tidur seringkali manusia mengalami gangguan atau biasanya disebut dengan ketindihan. Banyak orang percaya dengan adanya mitos ketindihan saat tidur atau dalam bahasa medisnya disebut dengan sleep paralysis.

Kejadian ketindihan ini berlangsung beberapa detik hingga menit dengan kondisi badan kaku saat tidur tetapi pikiran sudah setengah sadar sehingga seakan-akan kita sudah sadar tetapi tidak bisa bergerak untuk bangun dan seringkali disertai dengan bayangan makhluk halus yang seolah sedang menghantui kita, kadang bayangannya sampai ada yang seolah mencekik kita.

Saat kita seolah sedang dicekik oleh makhluk halus sehingga kita merasakan sesak napas. Yuk simak penjelasan ilmiah tentang mitos ketindihan saat tidur!

1. Tindihan sebenarnya hanyalah mitos

tidur © pixabay

Dalam dunia medis ini telah dilakukan penelitian yang menjelaskan terjadinya tindihan atau sleep paralysis. Sebenarnya mempunyai penjelasan ilmiah yaitu seseorang ketika tidur mengalami 4 fase, yaitu fase saat masih setengah sadar, fase mulai tertidur dalam, fase tidur lebih dalam dan terkahir adalah fase rapid eye movement (REM), dalam fase inilah terjadinya mimpi. Dalam kondisi normal orang tidur, fase tersebut terjadi secara berurutan tetapi jika fase tersebut terjadi secara tidak berurutan atau dari fase pertama langsung meloncat pada fase keempat, maka akan terjadi gangguan saat tidur atau yang disebut dengan sleep paralysis.

2. Sleep paralysis juga bisa terjadi saat kita sedang tidur dan terbangun di tengah-tengah fase tidur

Kocak! 10 Tipe Orang Tidur yang Bisa Bikin Ketawa Ngakak © 2017 famous.id

Saat otot-otot kita sedang disitirahatkan atau sedang lumpuh tidak bisa bergerak, tetapi pikiran kita terbangun sehingga terasa seperti bangun atau sadar tetapi anggota badan kita tidak bisa digerakkan seperti tertahan atau ditekan oleh seseorang.

3. Sleep paralysis ada penyebabnya

Sulit Tidur Saat Menstruasi? Lakukan Tips Jitu Berikut Ini! © 2017 famous.id

Hal itu terjadi ketika seseorang mengalami salah satu diantara beberapa penyebab yang menjadikan seseorang mengalami sleep paralysis yaitu diantaranya, kelelahan, kurang tidur, stress karena masalah atau banyak pekerjaan, tidur yang tidak teratur, tidur terlalu malam dari waktu tidur biasanya, serta ada beberapa sebab lain yang setiap orang kadang berbeda.

4. Sleep paralysis memang bisa jadi menakutkan

Sleep Paralysis 2 © 2016 famous.id

Kalau sampai terasa seperti tercekik dan tubuh nggak bisa digerakkan dan kadang juga seperti melihat bayangan makhluk halus, tetapi sleep paralysis nggak membahayakan karena ini hanya gangguan kecil saat tidur dan kebanyakan orang mengalaminya. Banyak orang khawatir atau takut saat sudah mengamali dan takut terulang lagi karena sleep paralysis bisa terjadi sampai beberapa kali dalam satu periode tidur, tetapi menurut beberapa ahli kesehatan bahwa sleep paralysis sebenarnya tidak berbahaya hanya saja kita harus berusaha untuk tidur dengan posisi yang baik agar tidak mengalami gangguan saat tidur.

Itulah penjelasan tentang sleep paralysis atau yang lebih dikenal dengan ketindihian. Banyak orang khususnya di Indonesia menganggap kejadian ini berhubungan dengan hal mistis padahal dibalik kejadian itu ada penjelasan ilmuiahnya lho seperti yang disebutkan di atas. Buat kamu yang masih penasaran dengan sleep paralysis bisa simak penjelasan selengkapnya dari dokter cantik Clarin Hayes divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)







Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Clarin Hayes Video Pengetahuan Clarin Hayes Viral Now
Loading...

MORE
Wave more