×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 Mitos Tentang Otak Manusia yang Terlanjur Dipercaya!

View Image

0

BRILIO » Discover

Inilah 5 Mitos Tentang Otak Manusia yang Terlanjur Dipercaya!

Inilah 5 Mitos Tentang Otak Manusia yang Terlanjur Dipercaya!

Apa kamu salah satu yang mempercayainya?

(brl/red)

20 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

Inilah 5 Mitos Tentang Otak Manusia yang Terlanjur Dipercaya!

FAMOUS.ID - Otak adalah organ tubuh terpenting bagi manusia yang berfungsi buat menyerap semua informasi yang kita terima sehari-hari. Tapi sayangnya, justru kita nggak tahu cukup informasi tentang otak. Sekalinya tahu pun, informasi itu cuma mitos yang nggak terbukti kebenarannya. Termasuk 5 mitos tentang otak yang selama ini kita tahu dan ternyata cuma hoax!

1. Hanya menggunakan sebagian otak

Benarkah Manusia Hanya Menggunakan 10% Otaknya Saja? © 2016 famous.id

Tahun 1907, psikolog terkenal William James mengatakan kalau kita cuma menggunakan sedikit bagian dari sumber mental dan fisik kita. Sayangnya ucapan ini disalahartikan oleh jurnalis, yang memberitakan kalau rata-rata orang cuma menggunakan 10 persen dari kapasitas mental. Padahal hasil scan otak menunjukkan kalau kita menggunakan semua bagian dari otak dalam segala aktivitas, meski nggak semua bagian aktif secara bersamaan. Karena itu kerusakan pada daerah manapun di otak bisa menghasilkan efek signifikan pada mental dan perilaku seseorang.

2. Musik klasik bikin tambah pintar

manfaat musik BuzzFeedVideo Youtube Channel

Negara Bagian Georgia di AS mendistribusikan CD musik klasik ke keluarga yang baru punya anak di tahun 1998, lengkap dengan pesan yang berharap kalau bayi mereka bisa menikmatinya dan tumbuh lebih pintar. Anggapan kalau musik klasik bisa bikin tambah pintar ini lebih dikenal sebagai “Efek Mozart” dan dimulai dari penelitian tahun 1993 di University of California yang menunjukkan kalau 36 mahasiswa dapat nilai IQ lebih tinggi setelah mendengarkan musik Mozart. Tapi penelitian yang dilakukan setelahnya enggak ada yang bisa mengulang hasil yang sama, tuh.

3. Sel otak berhenti tumbuh setelah dewasa

5 MITOS TENTANG OTAK MANUSIA YANG TERLANJUR DI PERCAYA daftar 5 © daftar 5

Selama 130 tahun, peneliti gagal mengidentifikasi pertumbuhan sel otak baru pada orang dewasa. Sampai akhirnya di tahun 1998, tim peneliti Swedia menunjukkan kalau sel baru pada orang dewasa terbentuk di hippocampus, struktur yang terlibat dalam menyimpan memori. Tahun 2014, tim dari Karolinska Institute di Swedia mengukur jejak carbon-14 dalam DNA buat menghitung umur sel, dan mengonfirmasi kalau striatum?bagian yang terlibat dalam kontrol motorik dan kognitif?juga memproduksi neuron baru sepanjang hidup manusia. Jadi meski otak kita enggak berisi sel yang terus-menerus bereplika, mereka tetap beregenerasi.

4. Otak cowok dan cewek nggak sama

kok bisa? kok bisa?

Ada sedikit perbedaan anatomi antara otak cowok dan cewek. Hippocampus yang berhubungan dengan memori umumnya lebih besar ukurannya pada otak cewek, sementara amygdala yang berhubungan dengan emosi lebih besar ukurannya pada otak cowok. Tapi cara berpikir cewek yang beda sama cowok lebih berhubungan sama budaya dibanding biologis otak.

5. Manfaat teka-teki silang buat ingatan

Permainan

Ilmuwan neuron menemukan kalau mengisi teka-teki silang (TTS) nnggak meningkatkan kemampuan kita dalam mengingat. Penelitian pada 2011 oleh Albert Einstein College of Medicine menemukan kalau main TTS bisa menunda pengurangan memori buat orang berumur 75-85 tahun, tapi justru mempercepat hilangnya memori pada orang yang menunjukkan tanda-tanda demensia dengan alasan yang masih belum diketahui). Jadi kalaupun kita suka main TTS, anggap sebagai kegiatan for fun aja ya, jangan berharap ingatan kita bisa jadi lebih tajam.

Nah itulah beberapa mitos tentang otak manusia yang terlanjur dipercaya. Pasti kamu nggak asing kan dengan beberapa mitos diatas yang terbukti hoax belaka. Yuk simak ulasan selegkapnya tentang mitos otak manusia yang terlanjur divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)

Discover Video Lainnya:

Loading...






Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Viral Now
Loading...

MORE
Wave more