×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 5 Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Berbahaya

View Image

0

BRILIO » Discover

Inilah 5 Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Berbahaya

Inilah 5 Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Berbahaya

Mana yang paling mengerikan?

(brl/red)

15 / 10 / 2017

Writen by : Famous.id

Inilah 5 Hewan Dengan Pertahanan Diri Paling Berbahaya

FAMOUS.ID - Setiap binatang memiliki pemangsa besar atau kecil yang akan menggangu binatang tersebut. Dan pastinya memiliki cara bertahan hidup yang berbeda-beda. Itulah mengapa setiap binatang punya cara tertentu untuk bertahan hidup. Biasanya, beberapa cara yang digunakan para binatang ini cukup untuk melumpuhkan atau sekedar memberikan waktu untuk mengecoh lawan. Tapi berbeda dengan hewan-hewan berikut ini yang memiliki cara pertahanan diri yang paling berbahaya!

1. African Bombardier Beetle

5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI PALING SERAM DAN BERBAHAYA DI DUNIA ! daftar 5 © daftar 5

Kumbang ini melindungi dirinya dengan menembak predator mereka. African Bombardier Beetle menyimpan dua zat kimia yaitu hidrogen peroksida dan hidroquinon di dua ruangan terpisah dalam pertunya. Ketika merasa terancam, satu ruangan dalam perut mengosongkan isinya sehingga masuk ke rangan yang satunya sehingga dua zat kimia ini bercampur. Dengan reaksi di dalam pertu mereka, kumbang ini kemudian bisa mengarahkan semprotan kimia yang kuat tersebut di berbagai arah dengan tepat. Campuran dua bahan kimia ini membentuk benquinon dan air mendidih (dari oksidasi cepat hidrogen peroksida). Zat kimia yang bersifat korosif ini bisa menyisakan luka hingga 3 minggu di kulit manusia. Serangga ini juga mampu menembakkan senjatanya ini hingga beberapa kali dalam kecepatan tinggi mencapai 70 kali dengan kecepatan semprotan sampai 500 tembakan per detik. Suhu cairan yang ia semprotkan ini mencapai 100 derajat celcius yang tentu saja efektif untuk setiap penyerangnya baik yang berukuran lebih besar, atau lebih kecil.

2. Sea Squirt

5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI PALING SERAM DAN BERBAHAYA DI DUNIA ! daftar 5 © daftar 5

Beberapa binatang seperti possum, ular atau beberapa jenis ikan akan pura-pura mati saat diserang. Tapi sea squirt lebih ekstrim, karena mereka akan melakukan bunuh diri dengan cara yang mengerikan. Ketika merasa terancam, binatang ini akan memecah organ penyaring mereka dan mendorong keluar perut dan lambung mereka. Setelah proses mengeluarkan perut dan membiarkan organ dalamnya ini mengapung, binatang ini kemudian mengecilkan tubuhnya sehingga terlihat mati dan layu. Dengan begini, pemangsanya akan mengira ia mati kemudian meninggalkannya sendirian. Sea squirt kemudian tetap pura-pura mati hingga 5 hari sambil secara perlahan meregenerasi organ dalamnya. Dalam waktu 10 hari, organ penyaringnya sembuh dan semua organ kembali ada di tubuhnya. Sungguh binatang yang hardcore.

3. Komodo

5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI PALING SERAM DAN BERBAHAYA DI DUNIA ! daftar 5 © daftar 5

Sebagai binatang yang sangat besar dengan ukuran hingga 3 meter dan berat 68 kg, Komodo sering disebut sebagai dinosaurus era modern. Gigi-gigi mereka yang berjumlah 60 lebih mampu menghasilkan luka yang mengerikan, tapi tidak hanya itu saja, gigitan mereka mengandung bakteri yang mampu melumpuhkan lawannya. Ketika binatang ini memakan mangsanya, banyak sisa-sisa potongan daging yang tertinggal di gigi. Seiring berjalannya waktu, sisa makanan ini menumbuhkan bakteri di mulutnya. Bersama bakteri ini, maka gigitan komodo bisa menjadi berbahaya. Komodo dewasa bahkan sering tidak perlu repot mengejar mangsanya. Ketika ia menggigit mangsa komodo dewasa cukup menunggu sampai infeksi membunuh mangsanya. Ketika makan, komodo dewasa akan menggoyang-nggoyang isi perut mangsanya agar mereka tidak memakan kotoran si mangsa. Komodo muda kemudian memiliki cara unik agar tidak menjadi mangsa komodo dewasa yang selalu lapar dan marah. Mereka akan bergulung-gulung di kotoroan sampai mereka berbau sangat busuk dan komodo dewasa tidak akan mendekati mereka karena baunya.

4. Texas Horned Lizard

5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI PALING SERAM DAN BERBAHAYA DI DUNIA ! daftar 5 ©  daftar 5

Dengan tajamnya duri tanduk dan sikapnya yang tidak ramah, kita akan berpikir bahwa binatang lain akan menghindari Texas Horned Lizard ini. Tapi nyatanya, elang, ular, anjing, serigala, dan coyote rupanya termasuk keras kepala karena mereka tetap memburu Texas Horned Lizard ini.Untuk melindungi diri dari predator, kadal ini mengembangkan cara pertahanan diri yang sangat aneh. Ketika merasa terancam, ia akan menyemprotkan darah langsung dari matanya. Semprotan darah ini juga bercampur dengan cairan kimia dengan rasa dan aroma yang busuk. Tapi, meskipun mampu menyemprotkan hingga jarak 1 meter, tembakan darah ini bisa menghilangkan hingga sepertiga supai darah si kadal.

5. Sea Cucumber

5 HEWAN DENGAN PERTAHANAN DIRI PALING SERAM DAN BERBAHAYA DI DUNIA ! daftar 5 5 ©  daftar 5 5

Sea cucumbers atau teripang dikenal dengan mekanisme pertahanan mereka yaitu melemparkan isi perutnya ke predator sebelum mereka kabur. Hampir sama seperti sea squirt, mereka bisa menumbuhkan kembali isi perutnya dalam beberapa hari. Tapi jika cara ini tidak berhasil, mereka masih memiliki rencana cadangan yang sangat keren. Ketika tersudut, teripang bisa mencairkan tubuh mereka dengan cara memanipulasi kolagen dalam tubuh. Mereka bisa mengencangkan atau mengendurkan kaitan kolagen yang membentuk tubuh mereka ini sehingga mereka bisa menghilang seperti hantu dan ikut hanyut ke tempat yang lebih aman. Kemampuan ini sangat ekstrim sampai mereka juga bisa terlalu mencairkan diri sendiri dan mati.

Itulah kelima binatang dengan pertahanan diri yang paling berbahaya di dunia. Nggak ada yang mmenyangka kalau binatang-binatang ini memiliki kemampuan pertahanan diri yang sangat menyeramkan ya. Masih penasaran dengan ulasan hewan dengan pertahanan paling berbahaya? Yuk simak video selengkapnya di halaman ini Famous People! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Video Pengetahuan Must See Trending Now Video Hewan
Loading...

MORE
Wave more