×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 4 Dampak Buruk Penggunaan Lensa Kontak!

View Image

0

BRILIO » Discover

Inilah 4 Dampak Buruk Penggunaan Lensa Kontak!

Kevin Hendrawan - Hampir buta karena Softlens

Dari infeksi hingga kebutaan dampak dari penggunaan lensa kontak!

(brl/red)

01 / 04 / 2017

Writen by : Famous.id

Kevin Hendrawan - Hampir buta karena Softlens

FAMOUS.ID- Mata merupakan bagian yang penting bagi tubuh. Saat fungsi mata menurun, berbagai macam aktifitas yang kita lakukan akan terganggu. Dari mulai sakit kepala hingga tidak fokus bekerja bisa menjadi masalah yang serius. Bahaya lensa kontak untuk mata belum banyak diketahui oleh si pemakai lensa kontak itu sendiri. Ada yang menggunakan lensa kontak karena memang membutuhkannya atau sebagai pengganti kacamata, ada juga yang memakai lensa kontak hanya untuk bergaya.

Namun sangat disayangkan jika menggunakan lensa kontak hanya untuk bergaya semata mengingat bahayanya jika si penggunanya tidak benar-benar menjaga kebersihannya. Saat ini ada jenis-jenis penyakit mata beberapa diantaranya adalah minus, plus dan juga silinder. Sebelum memakai kontak lensa sebagai pengganti kacamata ada baiknya kamu pertimbangkan baik dan buruknya dari lensa kontak itu. Berikut ini Famous.ID sudah merangkum 4 bahaya penggunaan lensa kontak untuk mata yang harus diwaspadai.

1. Infeksi

softlens softlens

Penggunaan kontak lensa kebanyakan digunakan untuk mengurangi gejala mata minus bagi orang yang nggak ingin menggunakan kaca mata. Sayangnya penggunaan kotak lensa yang salah dan ngga paham cara merawatnya justru dapat membuat penggunanya mengalami berbagai macam masalah mata. Salah satu dampak dari penggunaan kontak lensa yang kurang higenis adalah infeksi mata yang menimbulkan bekas luka di kornea mata. Karena infeksi yang terjadi itu kebanyakan menyerang retina. Infeksi itu juga menyebabkan rasa gatal sebab kuman telah masuk ke dalam kornea mata sehingga akan sangat bahaya mengucek mata menggunakan tangan kamu. Kuman dan bakteri akan semakin berkembangbiak di dalam mata.

2. Mata Kurang Peka

kelly store - how to using softlens © youtube kelly store

Masalah lainnya yang akan muncul adalah mata menjadi kurang peka untuk melihat. pengguna kontak lensa menjadi kurang peka atau kurang fokus dalam menatap sebuah objek dekat maupun jauh. Engga cuma itu saja, permukaan mata pun juga kurang peka sebab sering tersentuh dengan lensa kontak tersebut. Hal ini bisa terjadi pada orang yang menggunakan lensa mata terlalu lama sehingga menimbulkan infeksi dan iritasi.

3. Kebutaan

blind eye © pixabay

ini adalah salah satu dampak terparah dari penggunaan kontak lensa yaitu kebutaan. Ada suatu kasus di mana cairan plastik lensa kontak meleleh karena panas dari asap pembakaran sehingga cairan plastik lensa kontak tersebut merekat kencang di mata dan sulit untuk dilepaskan dan mengakibatkan kebutaan permanen. Tidak hanya itu saja cairan pastik panas itu mampu masuk ke mata dan merusak jaringan yang ada di mata dan kebutaan pun tidak bisa dihindari. Kasus itu bisa jadi pelajaran bagi para pengguna kontak lensa agar tidak boleh terlalu dekat dengan sumber panas.

4. Iritasi dan Mata Merah

Perhatikan 5 Hal Ini Jika Memakai  Softlens © 2016 famous.id

Untuk mengatasi mata minus tanpa kacamata salah satunya adalah dengan penggunaan lensa kontak. Hal itu dikarenakan banyak yang tidak nyaman dan merasa risih atau pun kurang percaya diri jika harus menggunakan kacamata yang mengganggu penampilan. Iritasi diakibatkan oleh adanya benda asing yang menempel di bola mata. tanda mata iritasi adalah mata merah dan terasa kering. Kalian juga bisa simak video dari Kevin Hendrawan di atas tentang dampak dari penggunaan kontak lensa yang dialaminya.

Sudah tau bahaya dari penggunaan lensa kontak apakah kalian masih tertarik untuk menggunakannya atau beralih ke kacamata? Pilihannya ada di tanganmu, Famous people! (NON)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Kevin Hendrawan Must See Video Pengetahuan
Loading...

MORE
Wave more