×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Inilah 4 Alasan Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju!

View Image

0

BRILIO » Discover

Inilah 4 Alasan Kenapa Pendidikan Indonesia Belum Maju!

Penyebab Pendidikan di Indonesia Terpuruk - Ayo Beropini #1 kamu harus tahu

Selain karena siswanya yang malas belajar, poin dibawah ini menjadi penyebab belum majunya pendidikan Indonesia!

(brl/red)

03 / 05 / 2017

Writen by : Famous.id

Penyebab Pendidikan di Indonesia Terpuruk - Ayo Beropini #1 kamu harus tahu

FAMOUS.ID - Pendidikan di Indonesia masih menjadi permasalahan yang sulit untuk dipecahkan pemerintah hingga saat ini. Selain kurikulum yang sulit, sistem negara ini belum berhasil sepenuhnya menghasilkan generasi yang mampu membangun negara Indonesia lbih maju. Contoh sistem pendidikan yang baik ada di Finlandia. Negara ini diakui memiliki sistem pendidikan paling baik di dunia dan mencetak generasi bangsa unggulan yang diakui dunia. Dibawah ini ada beberapa penyebab yang menghambat majunya pendididikan di Indonesia. Yuk, disimak!

Akreditasi

belajar © wikimedia common

Akreditasi pendidikan di Indonesia masih diatur oleh pemerintah, berbeda dengan Finlandia yang mengajak masyarakat untuk terjun langsung memberi akreditasi. Jadi, warga menilai langsung apakah anak mereka semakin cerdas dan baik di sekolah atau malah sebaliknya. Akreditasi ini lebih efektif karena melibatkan penduduk langsung.

Kurikulum

Sejarah Buku © 2016 famous.id

Lagi-lagi pemerintah Indonesia masih mengatur kurikulum pendidikan Indonesia, jika dibandingkan dengan Finlandia, kurikulum dikemas sesuai keunggulan masing-masing daerah. Di Indonesia hal itu berbeda. Kurikulum serentak dari pemerintah yang harus ditaati. Meskipun sulit untuk menerapkan di masing-masing daerah yang berbeda.

Ujian

Belajar pexels.com

Jika di Indonesia masih menerapkan sistem Ujian Akhir Nasional atau UAN, yang menjadi momok menakutkan bagi pelajar di Finlandia yang terkenal dengan sistem pendidikan terbaik dunia, nggak ada yang namanya ujian nasional. Ujian dibuat sesuai hasil proses pembelajaran masing-masing anak. Sementara di Indonesia hal itu hampir mustahil.

Standar Nilai

nilai © pixabay

Standar bukan menjadi acuan pendidikan Indonesia. Tapi, di Finlandia nggak ada yang namanya standar kecukupan nilai. Karena tiap anak berbeda kemampuan menyerap pelajaran. Kalau di Indonesia yang justru dikembangkan adalah standar etika dan moral. Etika dan moral menjadi pondasi dasar bangsa kuat, cerdas, serta santun. Nggak heran kenapa masih banyak anak sekolah yang tawuran disini.

Itulah 4 poin penting yang mungkin bisa menjawab rasa penasaran kamu kenapa pendidikan di Indonesia belum bisa maju jika di bandingkan dengan negara Finlandia yang sistem pendidikannya diakui terbaik sedunia. Semoga pemerintah bisa memperbaikinya, ya! Selain dari hal-hal diatas masih banyak penyebab pendidikan Indonesia terpuruk. Penasaran? Simak ulasannya divideo yang ada di halaman ini Famous People! (non)





Pilih Reaksi Kamu

Tags

famous.id Must See Video Pengetahuan
Loading...

MORE
Wave more